EIKON TECHNOLOGY BLOG

9

Mar


Pernahkah Anda bayangkan berapa banyak data dan informasi yang dihasilkan setiap harinya dalam perusahaan Anda? Lalu bagaimana perusahaan mengolah sekian banyak data tersebut agar tetap aman dan terlindungi dari resiko-resiko yang tidak diinginkan? Jawabannya adalah mem-backup data-data tersebut sehingga perusahaan tetap memiliki data berharga bahkan dalam kondisi terburuk seperti bencana alam. Bila dulu kita beranggapan bahwa backup data pada lokal komputer adalah hal yang paling aman, kini saatnya Anda berpikir ulang. 

Data backup secara manual pada komputer lokal atau server nyatanya bukan lagi opsi utama perusahaan-perusahaan modern. Kenapa? Karena resiko yang ditimbulkan malah justru lebih besar dengan biaya pemeliharaan yang tinggi. Resiko terjangkiti virus atau malware yang dapat membahayakan data kini semakin marak terjadi pada hardware in-house. Untuk mengatasi hal ini, banyak perusahaan modern kini telah beralih menggunakan metode data backup online atau cloud backup solution.

Inovasi baru yang membantu Anda lebih fokus pada bisnis  

Pada solusi layanan cloud backup, perusahaan tidak lagi membutuhkan hardware fisik dalam menyimpan datanya, melainkan menggunakan server cloud milik vendor lain seperti Microsoft Azure dan Amazon Web Service. Raksasa teknologi tersebut menyediakan jutaan lebih server tangguh yang berada di seluruh dunia untuk memastikan data dan informasi kita tetap aman terlindungi dan terpercaya, sehingga perusahaan tak perlu lagi memikirkan perihal maintenance sistem, hardware dan software yang biasa dilakukan secara berkala karena vendor tersebutlah yang akan mengurus infrastrukturnya.

Perusahaan tinggal terima beres untuk data dan informasi berharga yang diperlukan kapanpun, dimanapun, menggunakan perangkat apapun dengan koneksi internet, sehingga fokus yang biasanya terbagi untuk mengurusi infrastruktur IT kini dapat digunakan untuk fokus pada proses bisnis. Sangat fleksibel, bukan?

Keamanan Data Yang Lebih Terjamin

Sebagai vendor yang Anda percaya dalam menampung data-data dan informasi berharga perusahaan, tentu mereka tidak sembarangan dalam mengolahnya. Vendor raksasa tersebut tentu telah dilengkapi dengan sertifikat keamanan berstandar internasional untuk memastikan keamanan dan perlindungan optimal pada data milik Anda. Inilah alasan terbesar kenapa banyak perusahaan modern lebih memilih cloud backup dibanding backup biasa.

Besarnya biaya pemeliharaan dan waktu yang terkuras hanya untuk memastikan sistem on-premise Anda berjalan optimal dalam mengolah data kini dapat jauh berkurang menggunakan layanan cloud backup.

Bermanfaat Dari Segi Ekonomi dan Operasional

Layanan cloud backup ini biasanya bersifat "pay as you use" atau besarnya biaya yang dikeluarkan berdasarkan kapasitas penggunaan. Sehingga Anda tak perlu membayarsejumlah yang sama setiap bulannya untuk fasilitas yang tidak digunakan, juga Anda bisa mengantisipasi jumlah pengeluaran sesuai yang digunakan. Hal inilah yang menjadikan layanan cloud backup lebih ekonomis dan efisien dibanding on-premise biasa.

sistem cloud untuk menunjang infrastruktur bisnis

Akses Informasi Yang Lebih Fleksibel

Salah satu manfaat utama dari teknologi cloud adalah kemampuan untuk mengakses informasi secara cepat dan mudah kapanpun, dimanapun ketika diperlukan menggunakan berbagai macam perangkat seperti laptop, smartphone dan tablet, dan PC. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, baik yang berskala kecil maupun perusahaan berskala multinasional hingga internasional.

Kenyamanan dan Kemudahan Recovery Data

Tak sengaja menghapus data penting? Tak masalah. Anda bisa mendapatkannya kembali menggunakan fitur data recovery yang tersedia dari layanan cloud backup. Anda dapat mengatur backup data perjam, harian, mingguan, hingga waktu-waktu tertentu yang diperlukan.

Lalu bagaimana bila sewaktu-waktu perusahaan memerlukan support dari vendor? Nah, untuk hal yang satu ini pastikan Anda memilih layanan provider cloud backup yang resmi dan menyediakan support 24/7 dengan respon yang cepat. Microsoft Azure merupakan layanan infrastruktur berbasis cloud yang bisa Anda lirik untuk solusi cloud backup yang tangguh dan terpercaya. Memiliki support resmi di Indonesia, plus, Anda akan mendapatkan double technical support bila Anda berlangganan Microsoft Azure melalui partner resmi Microsoft Indonesia seperti EIKON Technology. 

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut  mengenai apa dan bagaimana cloud backup dapat bermanfaat bagi bisnis, ikut saja webinar gratis persembahan Microsoft Indonesia dan EIKON Technology yang akan membahas mengenai solusi cloud untuk infrastruktur Anda secara ekslusif. Daftar webinarnya disini:

 New Call-to-action


 

 

 

 

 

 

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts