EIKON TECHNOLOGY BLOG

31

Aug


Sebagaimana yang Anda tahu, Microsoft Azure adalah platform aplikasi berbasis cloud computing dan infrastruktur IT yang disediakan oleh Microsoft untuk mengembangkan, menyebarkan, mengelola, dan hosting aplikasi off-site. Microsoft Azure merupakan salah satu platform terbaik besutan Microsoft. Dengan Microsoft Azure, Anda bisa mendapatkan kebebasan untuk membangun dan men-deploy di manapun Anda berada, dengan menggunakan tools, aplikasi, dan perangkat pilihan Anda.Microsoft Azure terdiri dari tiga komponen pembangun yang bisa menjalankan cloud storage tersebut. Pertama ada Compute, yang memiliki tugas untuk mengatur seluruh proses komputasi yang terjadi termasuk foreground atau background. Kemudian ada Storage, sebuah komponen yang bertugas untuk menyimpan seluruh data yang ada. Ada dua jenis penyimpanan yang terdapat dalam Microsoft Azure, ada Azure Storage untuk menyimpan data yang berbentuk tabel, cloud, dan blob serta SQL Azure untuk menyimpan berkas yang memiliki eksistensi SQL Server. Komponen ketiga dalam Microsoft Azure adalah Fabric. Fabric adalah bagian penting yang bertugas sebagai pengatur atau otak dari sistem penyimpanan ini, banyak proses yang diatur termasuk penjadwalan, alokasi resource, dan manajemen.

Memilih Microsoft Azure sebagai layanan cloud computing Anda bukan merupakan pilihan yang salah. Berikut kami jabarkan 5 alasan logis mengapa Microsoft Azure cocok untuk aplikasi cloud Anda:

INI ALASAN MENGAPA ANDA HARUS MEMILIH MICROSOFT AZURE:

  1. Tidak perlu khawatir soal proteksi dan privasi, Microsoft Azure menerapkan sistem keamanan terpercaya

Microsoft-Azure-menerapkan-sistem-keamanan-terpercaya.jpg

Penting bagi Anda untuk mendapatkan proteksi dan privasi data, meletakkan seluruh data pada cloud computing membuat Anda takut pada ancaman berbahaya akan hilangnya data. Microsoft Azure memiliki standar cyber security yang baik dengan sertifikasi ISO 27018. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan data Anda.

Data center yang dimiliki oleh Microsoft telah melalui berbagai uji coba, dan telah terbukti dalam memberikan keamanan data yang terpercaya.  Microsoft Azure berjalan menggunakan data center Microsoft yang disebut Worldwide Network of Microsoft Managed Datacenters, yang tersebar di 22 wilayah. Ketatnya kontrol keamanan dan  SLA (Service Lever Agreement) 99.95%, atau setara dengan downtime maksimum 22 menit dalam sebulan, memastikan kemampuan Microsoft Azure dalam memberikan layanan infrastruktur IT berbasis cloud yang optimal untuk perusahaan Anda.

  • Microsoft Azure adalah layanan cloud yang terbuka, fleksibel, dan transparan

Microsoft Azure mendukung hampir semua sistem operasi, perangkat, bahasa pemrograman, tools, framework dan jenis database apapun yang Anda gunakan. Fleksibilitas ini yang Anda butuhkan karena sangat mudah dalam proses infrastruktur IT pada perusahaan Anda. Selain itu, Microsoft Azure memberikan transparansi pelayanan yang profesional, ada transparency center yang berfungsi untuk review source code dan menjamin tidak ada yang salah dari sistem keamanan layanan cloud computing.

  • Dengan Microsoft Azure, Anda dapat meningkatkan skalabilitas dengan compliance yang pasti

Seiring berkembangnya perusahaan Anda, bisa jadi Anda tiba-tiba membutuhkan aplikasi berskala besar dan tidak menutup kemungkinan pula untuk berskala kecil kembali kemudian berskala besar kembali. Ketidakpastian ini yang sudah diwadahi Microsoft Azure dengan fitur “pay as you use”, “pay as you go”, atau “pay as you grow”.

Keunggulan yang ditawarkan Microsoft Azure menguntungkan Anda untuk menghindari modal awal yang besar dalam membangun infrastruktur IT. Dengan Microsoft Azure, Anda dapat dengan mudah membuat aplikasi dengan skala 10 sampai 10.000 bahkan sampai 10 juta user. Semua dilakukan tanpa memerlukan coding tambahan. Anda juga dapat menentukan spesifikasi prosesor yang akan digunakan oleh aplikasi sesuai kebutuhan Anda. Anda hanya akan membayar sejumlah pemakaian yang Anda butuhkan saja yang berarti Anda memiliki kemampuan untuk menskala perubahan dengan fleksibel dan lebih matang.

  • Adanya interoperabilitas pada Microsoft Azure sehingga dapat mengurangi biaya secara signifikan

Interoperabilitas atau kemampuan sistem berkomunikasi dengan sistem lain tanpa upaya tambahan sangat Anda butuhkan guna efisiensi pekerjaan. Jika public cloud tidak memiliki keamanan dan private cloud memakan biaya yang cukup mahal, solusi terbaiknya adalah memilih hybrid cloud. Beruntung karena dengan Microsoft Azure, Anda dapat mengembangkan aplikasi on-premise pada layanan cloud. Ini berarti Anda telah mengurangi atau meminimalisir pengeluaran terhadap infrastruktur on-premise secara signifikan. Terlebih untuk pengeluaran jangka panjang yang diperlukan seiring dengan kemajuan dan perkembangan perusahaan Anda.

Microsoft Azure mendukung open standard dan internet protocol seperti HTTP, XML, SOAP, dan REST. Adapula SKD untuk Java, PHP, Ruby, serta aplikasi lain yang ditulis menggunakan bahasa pemrogaraman tersebut. Microsoft Azure juga menyediakan layanan Cloud Disaster Recovery & Backup yang powerful untuk mengatasi kebutuhan backup data secara optimal.

  • Microsoft Azure adalah solusi yang menawarkan Anda untuk mengambil keputusan terbaik

Microsoft-Azure-solusi-terbaik.jpg

Dipercaya oleh lebih dari 66% dari Fortune 500 Companies, Microsoft Azure adalah solusi handal yang memfasilitasi 24/7 bantuan teknis, round-the-clock, dan monitoring kesehatan. Selain itu, Microsoft Azure memiliki fitur Analytics Services yang di dalamnya termasuk Machine Learning, Cortana Analytics, dan Stream Analytics. Fitur tersebut disebut pula Business Intelligence, yang bisa membuat Anda untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas, meningkatkan customer service, dan lain-lain.

Microsoft Azure selain dapat diandalkan, juga memungkinkan untuk migrasi data secara step-by-step, menampilkan opsi enkripsi, serta terintegrasi dengan Microsoft Stack. Dengan kemungkinan tanpa batas, Microsoft Azure jelas merupakan solusi untuk manajemen infrastruktur IT yang lebih sederhana.

Baca juga: Mengenal Microsoft Azure Sebagai Infrastruktur IT Berbasis Cloud 

Sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda untuk beralih ke Microsoft Azure. Anda tidak perlu merasa kesulitan sebab PT Eikon Technology, dengan tim yang handal dan telah berpengalaman dalam bidang IT, akan membantu Anda untuk migrasi data dan maintaining Microsoft Azure. Anda bisa menghubungi kami terkait Microsoft Azure dengan klik tautan berikut:

More About Microsoft Azure >

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts