EIKON TECHNOLOGY BLOG

20

Jun


Email merupakan sarana komunikasi elektronik yang sangat penting khususnya bagi perusahaan. Email digunakan sebagai sarana pertukaran informasi & dokumen baik dalam perusahaan atau antar perusahaan. Setiap harinya proses aktifitas mailing bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Bisa dibayangkan jika dalam 1 hari saja Email mengalami kerusakan atau down bisa dipastikan akan banyak sekali proses transaksi terganggu atau bisa jadi berujung pada transaksi gagal. 

Sebelumnya juga sudah mengulas tentang mengapa mail server kita sering down? Untuk menghindari terjadinya kerusakan atau email down mungkin patut  kiranya untuk  menyimak 5 permasalahan yang sering terjadi pada email perusahaan. 

Permasalahan Mail Server 

Permasalahan dasar yang sering dialami oleh pengguna mail adalah Server. Ada 2 jenis server yang biasa dipakai perusahaan yaitu Server Sendiri & Server Hosting Pihak ketiga. Perusahaan biasa membangun servernya sendiri untuk membuat server mailnya. Untuk kondisi ini, permasalahan yang sering terjadi ketika kita membuat server tersebut umumnya spesifikasi server yang tidak memenuhi standart kebutuhan sehingga sering kali tidak mampu menampung kepadatan aktifitas email, ada juga permasalahan non teknis seperti lampu mati, atau kerusakan pada hardware.

MailBOX penuh 

Salah satu alasan mengapa mail anda tidak terkirim adalah karena inbox mail receiver penuh. Biasanya karena terdapat proses aktivitas email yang padat. Di  beberapa perusahaan layanan email juga membatasi kuota mailboxnya. Ada beberapa cara agar mailbox anda tidak mengalami hal ini, pertama sempatkan rutin menghapus email yang sudah tidak digunakan atau tidak penting, tidak perlu berlangganan email yang tidak penting seperti email news atau yang lainnya.  

Serangan Hacker

Anda wajib berhati-hati jika mengalami permasalahan ini, Pasalnya Perusahaan pasti memiliki data penting pada email, entah data customer, partner, contact atau lainnya. Tetapi coba bayangkan jika data yang sangat penting itu di ambil secara paksa atau ilegal. Tidak hanya akun email anda yang diambil tetapi data anda juga akan diambil dan disalahgunakan.

Pengiriman Email Delay 

Pada proses pengiriman email kendala yang biasa terjadi salah satunya adalah pengiriman delay. Umumnya diakibatkan karena spesifikasi server yang tidak bisa lagi menampung aktifitas email sehingga server mengalami overload dan mengalami delay. Proses pencegahan segera upgrade server anda baik local atau hosting dari pihak ketiga.

Email masuk Spam

Email masuk spam? beberapa perusahaan juga masih tidak aware akan pentingnya email kita masuk inbox mail receiver. Bayangkan jika Email data penting anda tidak dibaca bukan karena tidak membuka email, melainkan email anda masuk mail spam. Jika demikian, anda beberapa penyebab terjadinya email masuk spam.

1. Blacklist IP Email
2. Filter Konten
3. Filter Email
4. dll

Lalu bagaimana cara mengatasi semua permasalahan diatas? Jawabannya adalah G Suite. G suite merupakan paket lengkap Intelegence App yang dapat membantu dalam mengembangkan bisnis anda. Salah satu layanannya adalah Email Service, sebelumnya mungkin dari beberapa anda sudah mengenal layanan Gmail, Ini merupakan layanan Gmail versi Premium. Anda akan mendapatkan kapasitas meyimpanan data yang lebih besar, security yang lebih maksimal, dan Anda juga akan mendapatkan Panel admin yang berfungsi sebagai monitoring user lainnya. Tapi apakah G suite hanya mendapatkan layanan Email? tidak, ada berbagai aplikasi lain sebagai kolaborasi teknologi pada bisnis anda. Tertarik untuk detail penawaran G Suite? Silahkan klik form dibawah ini,

More About G Suite >

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts