EIKON TECHNOLOGY BLOG

13

Mar


Bagaimana caranya menjaga data perusahaan? Ya, itulah pertanyaan yang sering dilontarkan banyak perusahaan terutama start up company. Tidak dipungkiri dengan semakin canggihnya teknologi yang diciptakan dan kemudahan dalam mempelajari suatu hal membuat orang awampun yang awalnya tidak mengerti tentang dunia programming bisa menjadi seorang hacker profesional..

Dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara menjaga keamanan data sebuah perusahaan agar terhindar dari ancaman virus ataupun hacker sehingga menghindarkan dari kerugian yang besar. Karena, pada faktanya yang kami kutip dari riset lembaga international data pada tahun 2013 yang melibatkan sebanyak 384 perusahaan di Indonesia. Setiap perusahaan tersebut hanya menganggarkan kurang dari 10% untuk keamanaan data/ informasi.

Berikut 7 cara menjaga  keamanan data perusahaan agar aman dari serangan cyber

1. Perpanjang password

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh para pengguna aplikasi adalah terlalu mudahnya password yang mereka gunakan seperti hanya tanggal lahir atau angka berurut dengan alasan agar mudah diingat. Padahal para hacker dapat dengan mudah mengetahuinya dan membobol password yang seperti itu. Oleh karena itu tips password yang baik adalah 8 - 12 karakter dengan campuran karakter seperti ada huruf capital (ABCDE) lalu angka (12345) lalu ada karakter unique (!@#$%) sehingga bila disusun bisa seperti P4sw012d$%

2. Terapkan Hak Akses

Tips yang kedua adalah memberikan hak akses atau batasan kepada setiap karyawan didalam aplikasi yang ada di perusahaan. Ini berfungsi agar tidak mudahnya para orang tidak bertanggung jawab masuk dengan mudah ke database kita. Seperti jika para staff operasional maka tidak diperbolehkan bisa melihat data keuangan atau lainnya.

3. Pelatihan Sistem Informasi

Banyak data perusahaan yang hilang dikarenakan kesalahan manusia itu sendiri. Mungkin hampir semua oorang bisa menggunakan komputer/laptop tetapi hanya sedikit yang mengetahui tentang virus/cyber attack oleh karena itu tidak ada salahnya setiap perusahaan melakukan pelatihan terhadap karyawannya agar mereka tidak sembarangan melakukan “Klik” pada pop up/ hal yang muncul di desktop mereka.

4. Tidak Membuka Email Tak Dikenal

Salah satu jalan para hacker membobol data perusahaan kita adalah dengan mengirimkan email yang memancing pemilik email untuk membuka email tersebut. Bisa dengan memberikan subjek menarik seperti hadiah. Setelah mereka membuka email maka hacker dengan mudah masuk kedalam sistem kita karena dalam email tersebut sudah terdapat kode program yang dapat membuka keamanan sistem kita.

5. Tidak Mengakses data pribadi di perangkat public

Tips yang kelima cara menjaga data perusahaan adalah dengan tidak mengaksesnya di perangkat public seperti di warnet atau milik teman kita. Karena Anda tidak mengetahui bagimana sistem operasi yang ada di warnet atau milik orang lain. Bisa jadi sudah ada software yang secara otomatis menyimpan history data kita. Untuk itu ada baiknya jika setiap perusahaan memfasilitasi karyawannya laptop agar mereka bisa mengakses pekerjaan diluar kantor jika memang dibutuhkan.

6. Gunakan Antivirus

Mungkin sudah hal umum jika komputer atau laptop dipasang anti virus. Tetapi yang menjadi permasalahan terkadang kita tidak mengetahui antivirus mana yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga dalam banyak kesempatan perusahaan tidak merasakan perbedaan antara dipasang antivirus dan tidak. Mari pilih anti virus yang memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda semua.

7. Cloud Computing

Tips yang terakhir ini adalah tips yang terbaik tetapi masih banyak perusahaan yang tidak menerapakannya. Ya, dengan cloud computing perusahaan anda akan mendapat banyak manfaat yaitu selain mendapat keamanan data juga dapat menghemat biaya operasional anda.

Tips melindungi data perusahaan

Baca Juga : Mengenal Layanan G Suite dari Google Indonesia

Dengan cloud computing anda bisa membuat file tanpa harus menyimpan di hardisk laptop anda yaitu dengan google docs , file data dengan google spreadsheet, file presentasi dengan google slide dan yang terpenting dapat menyimpan sebanyak apapun data perusahaan anda dengan Google Drive.

Eikon Technology sebagai google premier partner di Indonesia dapat membantu anda menjaga data perusahaan terhindar dari cyber attack dengan menggunakan layanan G suite berbasis Cloud. Sehingga anda tidak perlu lagi khawatir akan keamanan data perusahaan anda.

More Details? Contact Us Here

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts