EIKON TECHNOLOGY BLOG

18

May


Baru-baru ini jagad IT dikejutkan dengan varian malware baru yang sangat berbahaya. Malware ini dianggap paling merugikan karena mengenkripsi semua file dan siperetas meminta tebusan sebesar $300 dalam mata uang Bitcoin. Malware ini bernama Ransomware WannaCry. Ransomware merupakan sebuah malware yang masuk ke dalam sistem komputer kita kemudian semua file yang terinfeksi akan di enkripsi dan siperetas meminta tebusan untuk mngembalikan file yang telah dienkripsi.

Ada dua jenis varian Ransomware yaitu Locker & Crypto. Pada varian Locker siperetas hanya mengunci data saja dengan menambahkan password yang hanya diketahui oleh siperetas. Sedangkan untuk varian Crypto, tidak hanya  mengunci data akan tetapi data yang telah terinfeksi dienkripsi dengan aplikasi dan hanya siperetas yang mengetahuinya. 

Beberapa instansi atau perusahaan telah terinfeksi malware ini seperti British Nasional Health Service (NHS) london. Dikabarkan virus ini juga tidak luput menyerang Indonesia, dua rumah sakit yaitu RS Harapan Kita & RS Dharmais jakarta mengalami kerusakan dengan pola yang sama seperti apa yang dilakukan RansomwareBagaimana Cara Mencegah Ransomware?

Screen-Shot-2017-05-13-at-08.11.16-1200x893.jpg

Tips Bagaimana Cara Mencegah Ransomware Masuk pada Komputer anda:

1. Update selalu System, Anti Virus, & Anti Malware
Seperti yang  kita ketahui bahwa target dari Ransomware kebanyakan menggunakan Operating System yang lama seperti windows Xp, serta antivirus yang di pakai juga kurang update. Untuk itu sebagai pencegahan anda bisa melakukan update operating system terbaru, serta gunakan antivirus yang selalu update.

2. Berhati-hati dengan Email yang mencurigakan

Walaupun beberapa provider email mempunyai security mumpuni untuk memblock laman phising. Tetapi, kita patut waspada dengan laman yang belum kita ketahui. Jangan mudah untuk mengklik tanpa kita ketahui laman tersebut aman.  

3. Aktifkan Firewall

Firewall mempunyai  peran penting untuk memblock atau meverifikasi sesuata yang tidak diketahui masuk pada system komputer. Firewall juga bisa diseting tingkat keamanannya. 

4. Backup File menggunakan Backupify

Data email, data transaksi , dan data informasi personal yang biasa tersimpan onine merupakan data penting perusahaan yang harus dijaga keamanannya. Untuk urusan backup file anda bisa mempercayakan pada layanan Backupify. Layanan backup online berbasis cloud yang mudah & aman. Layanan ini terintergrasi langsung pada G suite, Office 365, dan bahkan Facebook & Twitter. 

Jika anda ingin berkonsultasi terkait layanan Backupify, juga layanan G Suite & Office 365 pada EIKON Technology sebagai penyedia jasa layanan cloud selama lebih 7 tahun, silahkan klik link dibawah ini.

Coba Backupify Gratis >>

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates