EIKON TECHNOLOGY BLOG

13

Jul


Ketika Anda memakai seperangkat aplikasi G Suite, maka Anda akan terbiasa dengan pekerjaan mengolah data dan angka melalui Google Sheets. Jika Anda baru menggunakan Google Sheets, maka akan ada beberapa penyesuaian untuk menggunakan aplikasi ini bahkan untuk pelaporan data.

Bila Anda terbiasa menggunakan Grafik untuk laporan data ke atasan Anda, maka Anda perlu mempelajari tutorial cara membuat grafik dengan Spreadsheets. Grafik sendiri adalah salah satu untuk alat penyajian data dan informasi yang menggunakan grafis sebagai media komunikasi.

Maka, pada artikel ini kami akan menuntun Anda dengan memberikan langkah-langkah menggunakan google sheet untuk membuat grafik dengan mudah.

Tutorial Cara Membuat Grafik di Google Spreadsheet :

1. Buka Spreadsheet pada Google Sheets

Google sheets merupakan bagian dari Google Drive Anda. Sehingga ketika Anda ingin mengakses Google Sheets pastikan Anda sudah sign in melalui Gmail atau Google Drive. Atau Anda dapat masuk di link https://sheets.google.com pada browser Anda lalu sign in.

 

 

 2. Klik Blank untuk Membuat Sheet Baru

ketika Anda sudah berhasil masuk ke Google Drive, maka pilih New pilih Google Sheets, lalu klik Blank SpreadsheetsTambahkan data Anda ke dalam spreadsheet. Atau jika Anda telah memiliki data dalam spreadsheet maka  buka data Anda dan lanjutkan ke langkah nomor 3 "Block Data".

 

ss blank
 

3. Block data YANG Anda PERLUKAN

Cara 1 : Pilih dan block data yang hanya Anda perlukan dengan klik cell A1 kemudian tekan shift sambil klik cell E9.

Cara 2 : Pilih dan block data dari kolom teratas atau header. Caranya tekan header kolom dengan Abjad A tahan dan geret kursor Anda hingga kolom E. Sehingga, baris terakhir akan ter-block semua. Keuntungan memakai cara ini adalah ketika Anda menambahkan data pada baris di bawahnya (misal baris 10), maka grafik Anda akan otomatis terupdate.


 

4. Pilih Insert dan Klik Chart

Tab ini berada di jajaran paling atas bersebelahan dengan menu lainnya seperti File, Edit, View.

 

5. Pilih Tipe Grafik yang Ingin Anda buat

Click the "Chart type" box at the top of the window, then click a chart format in the drop-down box that appears. The chart in the middle of the page will change to reflect your selection.

Setelah Anda klick chart maka Anda akan dialihkan ke pada menu "Chart editor". Terdapat box "Chart Type" yang berisi beberapa pilihan tipe grafik yaitu Line, Area, Column, Bar, Pie, Scatter, Map, dan lainnya. Pilih dan buat grafik yang Anda butuhkan.

 

ss tipe grafik ss tipe grafik 2

 

6. Copy Grafik Anda ke dalam Laporan

Dalam contoh ini saya membuat grafik dalam bentuk pie. Untuk membagikan grafik tersebut, Anda dapat memilih tombol share. Sedangkan, bila Anda ingin menambahkan grafik tersebut ke Google Docs, Anda hanya perlu klik pie dan copy paste ke lembar Google Docs Anda.

ss pie

Bagaimana mudah kan cara membuat grafik pada Google Sheets? Banyak perusahaan telah merasakan manfaat dari menggunakan G Suite untuk produktifitas kerja dengan (Gmail, Google Sheets, Google Docs, Google Form, dan Google Slide). Serta keamanan sistem penyimpanan cloud dari Google. Tunggu apalagi? Jika kamu tidak bergerak dan ambil keputusan, kapan lagi meningkatkan keuntungan perusahaan dengan meningkatkan produktifitas kerja.

 

Coba G Suite 30 Hari GRATIS! >

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts