EIKON TECHNOLOGY BLOG

Google Cloud Platform, Layanan Infrastruktur IT Berbasis Cloud

Google Cloud Platform adalah layanan server dari Google untuk penyimpanan database dalam skala besar berbasis cloud computing. Dengan Google Cloud Plaftorm, Anda dapat membuat, menguji, dan menerapkan aplikasi pada infrastruktur Google yang sangat terukur dan dapat diandalkan untuk solusi web, mobile, dan backend Anda. 

Google Cloud Platform menggunakan jaringan global fiber yang membuat Anda terhubung ke berbagai penjuru dunia serta menawarkan spektrum lengkap dari produk atau jasa berbasis cloud untuk compute, storage atau penyimpanan, networking, big data, machine learning, operations, dan lainnya.

Dengan tagline Easy to Set Up, Easy to Run, and Security Built-in, Google Cloud Plaform mendeklarasikan dan berjanji akan menjadi layanan cloud platform yang mudah dikelola dan dibangun dengan keamanan data yang terjamin. Sebagai layanan berbasis cloud, Google Cloud Platform tentu dibangun di atas infrastruktur yang kuat oleh Google. Adapun keuntungan menggunakan Google Cloud Platform adalah sebagai berikut,

  1. Future-Proof Infrastructure

Dengan menggunakan layanan Google Cloud Platform, Anda akan memiliki keamanan data yang sangat terjamin. Ini sangat penting untuk membangun layanan berbasis internet. Selain aman, Google Cloud Platform juga memiliki performa yang tinggi, global, serta cost-effective dan secara konstan melakukan improvisasi yang bagus.

  1. Powerful Data & Analytics

Menemukan jawaban lebih cepat dengan tap into big data and machine learning. Anda juga bisa membuat produk yang lebih baik dengan berbagai aplikasi di dalamnya. Dengan Google Cloud Platform, Anda bisa melakukan analisis pada ukuran petabyte sekalipun dalam hitungan menit.

  1. Serverless, Fully Managed Computing

Sifatnya fleksibel, di manapun Anda berada Anda bisa mengakses data yang Anda simpan di Google Cloud Platform dengan mudah selama ada akses internet. Anda juga bisa menggunakan RESTful API agar aplikasi yang Anda buat bisa diintregrasikan dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS Apple. Anda dapat mengembangkan project dari prototype ke produksi kemudian ke planet-scale tanpa harus memedulikan kapasitas, reliability, atau performance.

  1. Customer-Friendly Pricing

Mendukung adanya investasi jangka panjang dan berinovasi soal pricing, Google Cloud Platform bisa menekan biaya pengadaan infrastuktur sistem yang kita perlukan untuk membangun sebuah aplikasi untuk bisnis kita. Anda bisa membayar bill per detik dan menggunakan diskon yang dapat diperpanjang untuk berhemat. Dengan begini, Google Cloud Platform tidak hanya membuat infrastruktur Anda efisien, tapi juga menghemat pengeluaran.

  1. Data Center Innovation

Penyimpanan data terpusat sangat diperlukan untuk membangun sebuah layanan dengan skala besar, terutama apabila pengguna dari layanan tersebut sangat banyak. Jaringan Google juga memiliki lebih dari sejuta kabel fiber optik, menggunakan advanced software-defined networking dan memiliki layanan yang edge caching untuk menyampaikan secara cepat, konsisten, dan scalable performance.

  1. Security at Scale

No ops service that just scale. Anda bisa membangun infrastruktur yang diproteksi oleh lebih dari 700 top experts dalam informasi, aplikasi, dan keamanan jaringan.

 

Google Cloud Platform memiliki 4 layanan yang bertujuan untuk memudahkan Anda dalam membuat project berbasis cloud computing. Adapun 4 jenis layanan tersebut adalah Google AppEngine, Google BigQuery, Google Compute Engine dan Google Cloud Storage.

Google AppEngine

Google AppEngine merupakan salah satu layanan Google yang memungkinkan Anda untuk membuat dan menjalankan aplikasi berbasis web. Layanan ini mempunyai versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis disediakan storage hingga 500 MB dan dengan kapasitas processor dan bandwith yang mampu menampung 5 juta page-view setiap bulannya. Google AppEngine adalah layanan ‘hosting’ yang disediakan Google. Namun layanan hosting ini berbeda dari layanan yang lain terutama dari sisi bahasa yang dipakai. Awalnya, Google AppEngine hanya mendukung bahasa pemrograman Python, kemudian dikembangkan lagi hingga mendukung teknologi Java, PHP, Go, Ruby dan dilengkapi dengan Farmework Google. Google AppEngine bisa Anda gunakan untuk membuat website skala enterprise, membangun aplikasi berbasis web alias WebApp atau menjadi backend dari aplikasi mobile Anda.

Google BigQuery

Layanan Google yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai tools untuk menganalisis data ukuran besar yang sudah mencapai Terabyte atau Petabite. Google BigQuery mampu melakukannya dengan durasi waktu hanya dalam hitungan detik. Layanan ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi bisnis skala besar seperti Bisnis Intelegence dan Dataware House. Google BigQuery banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membantu menganalisis data transaksi bisnis mereka.

Google Compute Engine

Google Compute Engine merupakan sebuah jenis layanan Cloud yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kita membangun sebuah cloud server, Anda bisa mengontrol penuh atau mengendalikan mesin Linux di server Google. Google Compute Engine ini mampu menampung aplikasi web yang Anda bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Ruby atau PHP.

Google Cloud Storage

Google Cloud Storage merupakan salah satu produk layanan dari Google yang dikhususkan untuk para developer sebagai media untuk penyimpanan data dengan ukuran yang sangat besar. Layanan ini memungkinkan Anda untuk membuat sebuah layanan sharing file, video, atau foto dengan sangat mudah tanpa memikirkan bagaimana cara membangun infrastuktur dan konfigurasi server atau setting yang rumit lain seperti ukuran media penyimpanan, butuh berapa server, dan lain-lain. Google tidak membatasi ukuran total file yang bisa disimpan alias unlimited. Google Cloud Storage didesain untuk digunakan bersama dengan Google AppEngine, namun Google juga membolehkan Anda membangun aplikasi diluar AppEngine atau mengakses layanan ini dari aplikasi yang anda bangun di luar server Google.

 

Tidakkah Anda tertarik untuk memindahkan project bisnis IT Anda yang tadinya rumit dan menyusahkan sekarang menjadi mudah berkat Google Cloud Platform? Anda bisa memulai mencoba tren pemrograman baru yaitu cloud programming. Bangun infrastruktur IT Anda sekarang, Google Cloud Platform dapat Anda miliki melalui EIKON Technology dengan klik tautan berikut,

 


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of