Bluebar_navbar

28

Apr


munculkan kreativitas dan inovasi bisnis dengan teknologi

Kemarin, tepatnya tanggal 26 April 2016, Google mengadakan Hangout On Air: Innovation & Creativity Version 2.0. Webinar yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit ini memberi banyak inspirasi baru seperti bagaimana memberdayakan potensi pekerja, menempatkan orang lain terlebih dahulu, serta memulai dari hal kecil untuk hasil yang besar.

Google menghadirkan Steve Mansfield sebagai pembicara Hangout on Air kali ini. Beliau menjabat sebagai Change & Transformation Lead Google for Work Austria and New Zealand.

Inovasi Bisnis Melibatkan Seluruh Personil Perusahaan

Rupanya untuk dapat berkembang menjadi lebih maju, suatu perusahaan tidak hanya memerlukan bantuan dari beberapa orang atau team, melainkan seluruh pegawai perusahaan untuk dapat berkontribusi membuat lingkungan yang lebih baik. 

Sebuah perusahaan terefleksikan melalui para pegawainya. Suatu perusahaan bisa dikatakan sukses apabila mereka memiliki pegawai yang bahagia, sehingga kebahagian itu akan terwujud pada kinerjanya. Mereka akan loyal, dan bahkan bersedia memberikan lebih untuk perusahaan tersebut.

Sebenarnya inovasi bukan hanya perkara menggunakan teknologi terbaru, namun lebih pada bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut agar lebih tepat guna dan memberi benefit pada orang-orang yang menggunakannya.

Memunculkan Inovasi Bisnis dan Kreativitas 

Tak perlu jauh-jauh mencari inovasi dan kreativitas karena Anda sebenarnya sudah memiliki semua yang diperlukan. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk memulainya? Bagaimana menggunakannya?

inovasi dan kreativitas sudah ada dalam diri kita

Steve memaparkan beberapa cara untuk memunculkan kemampuan-kemampuan yang telah kita miliki tersebut agar lebih terasah. Kuncinya adalah:

Jadilah Pendengar Yang Bijak

Semua orang suka dan ingin didengar, namun tak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Cobalah untuk lebih mendengarkan ide-ide segar dari pegawai. Dengarkan mereka dengan antusias dan tulus.

Ide kreativitas dan inovasi akan mati begitu sesorang merasa tidak didengarkan oleh orang lain. Hal ini juga akan berimbas pada menurunnya kinerja pegawai karena mereka kurang dihargai.

Berikan Penghargaan

Tak ada salahnya memberi kredit atas kontribusi dan kerja keras pegawai selama ini. Pujian bisa menambah semangat mereka untuk bekerja lebih giat karena mereka merasa diperhatikan tidak hanya secara profesional, namun juga secara personal. Ingatlah kunci sukses perusahaan adalah pekerja yang bahagia.

Terima Perbedaan

Cobalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Perbedaan opini, perbedaan perspektif dan latar belakang adalah hal yang lumrah. Justru kadang perbedaan dapat membawa kita pada hal baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. Terlebih di era yang sangat modern ini, perusahaan yang memahami dan menerima perbedaan tidak akan kesulitan dalam mengatasi perubahan apapun, sehingga hal ini menjadikan perusahaan berkembang kearah yang lebih sehat.

Buat Suasana Nyaman

Pekerja yang merasa diterima dan dihargai akan bekerja lebih produktif. Ciptakan suasana lingkungan kerja yang nyaman dan bersahabat sehingga komunikasi dapat terjalin dengan baik.

Mengakui Kesalahan

Dengan mengakui kesalahan, Anda bisa mengambil pelajaran dan feedback dari hal itu. Inilah yang akan membuat Anda lebih baik nantinya. Pikiran Anda akan lebih terbuka sehingga ide-ide baru juga akan mudah bermunculan. Akui saja bila Anda memang salah. Juga saat orang lain memiliki ide yang lebih baik dari Anda, lalu dukung ide tersebut.

Jeli Dalam Menempatkan Diri Pada Orang Lain

Pentingnya teamwork

Dengan belajar menempatkan diri dalam posisi orang lain, Anda dapat mempelajari bagaimana orang tersebut melihat atau memandang sesuatu. Dengan memposisikan diri sebagai pelanggan atau kilen tentu akan membantu Anda untuk memberikan layanan atau produk yang lebih tepat sasaran.

Coba tanyakan beberapa hal ini pada diri Anda:
  • Apa yang penting bagi mereka?
  • Kebutuhan apa yang mereka perlukan?
  • Kenapa mereka melakukan hal ini atau itu?
  • Kenapa mereka tidak melakukan hal yang kita harapkan?

Terkadang, kegagalan terbesar suatu perusahaan adalah ketidakmampuan perusahaan tersebut dalam melihat kebutuhan orang lain.

Pikirkan hal yang besar, namun mulailah dengan langkah kecil

Pada Hangout on Air ini, Steve mengutarakan arti sukses adalah ketika kita mencapai hasil yang positif dari suatu investasi. Kenyataannya, tidak semua inovasi bisnis berujung kesuksesan. Apa yang membuat mereka gagal?

Salah satu alasannya adalah tidak tepatnya peluncuran, pengoperasian, dan asumsi dari perilaku pasar, terlebih lagi pada customer interest.

Kita sering merasa sudah sangat yakin bahwa asumsi kita terhadap pelanggan adalah benar, namun kadang perubahan pada perilaku pasar menyebabkan apa yang tadinya kita pikir benar, menjadi salah. Hal inilah yang menyebabkan gagalnya sebuah inovasi. Untuk itulah, penting bagi kita untuk berkaca pada perspektif orang lain, mencoba untuk menemukan perbedaan yang lalu dicari solusinya. 

 

 

 

New Call-to-action

 

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts