Bluebar_navbar

29

Sep


Meeting_online1

Di era yang semakin maju dewasa ini, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan secara online. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi video call untuk meeting atau rapat online. Anda cukup bermodal laptop, tablet, atau smartphone dengan fitur kamera depan yang mumpuni serta koneksi internet. 

Kini meeting tak harus dengan bertatap muka langsung. Anda hanya perlu menginstal sebuah aplikasi khusus yang menyediakan layanan ini seperti Skype dan Google Hangout pada device Anda.

Aplikasi Video Call Jadi Solusi Meeting Online Secara Instan

Untuk menjaga hubungan bisnis yang baik, terkadang bertatap muka secara langsung memang diperlukan. Namun tak dipungkiri, untuk melakukan sebuah meeting dengan klien, rekan, dan atau partner, Anda harus menempuh jarak yang mungkin tidak dekat. Belum lagi kondisi jalanan yang tidak bersahabat alias sering macet bisa membuat Anda lelah karena harus menunggu lama di dalam kendaraan.

Meeting online menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang mungkin Anda temui saat dalam perjalanan meeting. Apa saja?

  • Solusi terbaik untuk meeting dengan klien atau rekan yang berada di luar kota, pulau atau bahkan negara
  • Solusi meeting dalam kota sehingga Anda tak perlu repot keluar kantor pada jam-jam tertentu
  • Tak perlu merasa lelah akibat trafik yang padat dalam perjalanan dan cuaca yang berubah-rubah
  • Tak perlu keluar biaya bensin sehingga dapat membantu menghemat biaya pengeluaran kantor
  • Waktu yang biasa Anda gunakan untuk meeting dan perjalanannya dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lain sehingga Anda akan lebih produktif.

Apa saja yang diperlukan agar meeting online berjalan sukses?

  • Siapkan alatnya

Dengan video call berbasis internet, Anda dapat melakukan penggilan video dari device yang Anda suka seperti komputer (PC), laptop, tablet, atau smartphone. Pastikan semuanya memiliki kamera depan yang berkualitas baik untuk agar gambar Anda dapat diterima dengan jelas oleh peserta meeting lainnya.

  • Install aplikasinya

Ada banyak aplikasi video call yang bisa Anda gunakan, namun disini saya menyarankan penggunaan Skype atau Google Hangout. Dua aplikasi ini adalah yang paling sering digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan meeting online. 

Skype

Skype

Aplikasi yang telah diakuisisi oleh Microsoft ini dapat menyajikan layanan chat (online messaging) dan telepon/video berbasis VoIP (Voice over Internet Protocol). Nah, inilah yang memungkinkan Anda untuk dapat melakukan meeting online.

Skype dapat mengakomodasi hingga 25 orang untuk melakukan virtual meeting secara real-time.

Selain menghadirkan gambar berkualitas HD, aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dan digunakan di beberapa platform seperti Android, iOS, Windows Phone, Windows 7, dan Mac.

Google Hangout

browser-hangout

Raksasa teknologi informasi, Google, juga menyediakan aplikasi Hangout yang memungkinkan Anda untuk melakukan kombinasi chat (online messaging), telpon/video berbasis VoIP beresolusi HD, dan screen sharing atau berbagi layar dengan partisipan secara bersamaan (real-time collaboration).

Google Hangout dapat mengakomodasi 10 orang untuk melakukan video konferensi, kuota dapat bertambah hingga 15 orang apabila Anda memiliki Google Apps for Work.

Selain itu, dengan fitur screen sharing (berbagi layar) Anda dapat berkolaborasi langsung mengenai project yang menjadi topik bahasan dengan partisipan meeting sehingga bahasan akan menjadi lebih menarik dan fokus walaupun Anda sedang tidak bertatap muka. Cukup klik tombol "tambahkan aplikasi" dalam Hangout Anda untuk menambahkan aplikasi yang dibutuhkan.

googlehangouts

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dan dapat digunakan di beberapa platform seperti Android, iOS, Windows Phone, Windows 7, dan Mac. 

Lebih menguntungkan bila Anda adalah pengguna Gmail (Google Mail) atau media sosial Google+, cukup login ke akun Anda untuk mendapatkan aplikasi Hangout yang dapat diakses secara langsung pada menu bar.

  • Pastikan internet Anda lancar

Biasanya aplikasi video call ini akan menyesuaikan kualitas HD pada device Anda bila koneksi internet lancar. Aplikasi tersebut akan secara otomatis meyesuaikan tampilan tergantung pada bandwidth yang Anda miliki. 

Bila selama ini Anda enggan menggunakan video call karena membutuhkan bandwidth yang besar, nyatanya Anda hanya perlu bandwidth sebesar 128kbps untuk dapat memulai video call, bahkan cukup dengan 30kbps untuk mode Audio only.

Dengan semakin berkembangnya era digitalisasi ini membawa kita pada cara-cara baru yang banyak memudahkan pekerjaan kita. Seperti meeting online menggunakan aplikasi video call berbasis internet contohnya, kita dapat melakukan meeting dimana saja sesuai kebutuhan kita bahkan ketika Anda berada diluar kantor menggunakan device atau gadget yang Anda miliki.

Mobilitas yang tinggi juga membutuhkan device yang powerful dan multi-fungsi. Konsep Mobile Computing untuk membantu pekerjaan Anda kini sedang menjadi pembicaraan hangat, cari tau lebih banyak mengenai apa itu mobile computing dan bagaimana ia dapat membantu Anda bekerja lebih efektif, efisien, dan produktif dengan mendownload Ebook gratis dari kami berikut ini.

 mockup_cloud_books

Download Free Ebook Here >  

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts