EIKON TECHNOLOGY BLOG

25

Jul


Masih segar dalam ingatan kita bahwa ada sebuah perusahaan besar yang mengalami masalah mengenai adanya kebocoran data. Dan tidak menutup kemungkinan berita ini hanyalah sebagian kecil masalah kebocoran data yang ter ekspos oleh media.

 Ada ratusan bahkan ribuan perusahaan yang mengalami masalah serupa yaitu keamanan data yang kurang maksimal sehingga mengakibatkan kebocoran data perusahaan. Resiko yang cukup besar jika data tersebut menyangkut data masyarakat luas

Bagaimana dengan perusahaan Anda? Pernah mengalami masalah dengan keamanan data hingga membuat terjadi kebocoran data ataupun terkena hack? Apalagi jika Anda adalah perusahaan yang menggunakan Cloud sebagai penyimpanan data perusahaan.

 Begini cara google untuk menjaga keamanan data customer.

 1. Data Center & Infrastruktur

  1. Akses Terbatas
Data center Google memiliki akses terbatas dimana tidak semua karyawan bisa masuk kedalam data center. Karena google sangat menjaga kerahasiaan data customernya sehingga akses yang diberikan hanya untuk sekitar 300 personel
  1. Perlindungan Maksimal

Selain adanya akses terbatas di google juga terdapat keamanan yang maksimal seperti kartu akses terbatas, alarm, hambatan akses kendaraan, pagar perimeter, detektor logam dan biometrik, dan lantai pusat data dilengkapi intrusi sinar laser.

Di data center juga dipantau secara 24/7 oleh kamera interior dan eksterior beresolusi tinggi yang dapat mendeteksi dan melacak penyusup. Log akses, catatan aktivitas, dan adanya rekaman kamera.

  1. SLA 99,99%
Dimana akses data akan terjamin penuh dan sangat jarang sekali terjadi server down karena adanya SLA 99,99%
  1. Privat Kabel

Google memiliki kabel bawah laut milik sendiri sehingga tidak ada gangguan dari pihak luar

Itulah informasi mengenai bagaimana data center dan infrastruktur google menjaga keamanan data customernya. Sehingga customer juga merasa tidak khawatir tentang adanya kehilangan data ataupun kebocoran data.

Selain dari data center & infrastruktur google juga memberikan pengamanan terhadap aplikasinya sehingga orang yang tidak yang bertanggung jawab tidak bisa dengan mudah mengakses aplikasi pengguna contohnya adalah EMAIL (GMAIL)

 2. Aplikasi

  1. 2-Step Verification

Sebagai contoh saat anda login ke Gmail selain memasukan password email anda akan diminta untuk menuliskan kode yang dikirim google melalui ponsel anda. Ini lah yang disebut verifikasi berganda sehingga kalaupun password anda diketahui orang lain belum tentu bisa masuk ke email anda jika tidak bisa menuliskan kode yang ada di HP.

2 step Verification

  1. Akses & Kontrol Sharing

Menyesuaikan akses info berdasarkan departemen . sehingga anda dapat menentukan departemen mana yang bisa menyikronkan file dan mendapat akses secara offline

Control Sharing

  1. Visibilitas Tentang Bagaimana Data Digunakan

Adanya audit aktivitas terkait pelaporan sederhana pada pembuatan file, edit file, lihat dan share file.

Adanya audit terhadap ponsel dimana google akan memberikan info pada perangkat apa email kita diakses

Adanya peringatan terhadap hal hal yang mencurigakan terhadap aktivitas email anda.

 Keamanan Data

Melihat penjelasan diatas tentu Google sangat memperhatikan dan bertanggung jawab terhadap keamanan data customer

Untuk itu bagi Anda yang memiliki perusahaan atau bekerja disuatu perusahaan yang memiliki data yang sangat besar ada baiknya untuk menyimpannya di penyimpanan miliki Google

Kami EIKON Technology adalah partner resmi yang ditunjuk langsung oleh google untuk melayani perusahaan di indonesia terutama dalam hal cloud computing.

Untuk itu bapak /ibu yang ingin berkonsultasi mengenai bagaimana menjaga data perusahaan Anda dengan baik silahkan menghubungi kami, karena kami akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 Contact EIKON now! >>

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts