EIKON TECHNOLOGY BLOG

22

Sep


Masih belum tahu cara membuat email dengan domain sendiri? Email merupakan saran paling penting yang harus dimiliki oleh perusahaan. Sistem surat elektronik ini memudahkan aktivitas pengiriman informasi, gambar, video, file atau data-data penting lainnya. Banyak layanan penyedia email gratis yang bisa digunakan. Namun sekelas perusahaan, agaknya lebih profesional dan kredibel jika memiliki email dengan domain sendiri.

Memiliki email dengan domain sendiri selain untuk profesionalitas, perusahaan Anda juga akan lebih terpercaya. Jangkauan bisnis juga berpeluang semakin luas jika Anda menggunakan email dengan domain sendiri. Identitas juga lebih diakui jika anda menggunakan [email protected] dibanding email gratis yang biasa anda temui seperti [email protected].

Untuk membuat email dengan domain sendiri, ada dua cara yaitu menggunakan email hosting atau dengan langganan ke G Suite.  

Tutorial Membuat Email Menggunakan Email Hosting:

Sebelum melangkah pada tutorialnya beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk persiapan membuat email dengan nama perusahaan adalah domain dan hosting. Untuk domain, Anda harus mendaftar terlebih dahulu domain yang ingin didaftarkan. Sementara untuk hosting, pastikan perusahaan juga telah memiliki hosting sendiri, anda bisa membelinya di beberapa enyedia layanan hosting. Berikut adalah tutorial membuat email dengan menggunakan email hosting:

  1. Login pada CPannel Hosting
  2. Pilih menu Email kemudian Klik Email Accounts

Screenshot_53.png

  1. Kemudian Isi Form Email Address yang ingin dibuat, Pilih Domain dan Isi Password

Screenshot_54.png

  1. Kemudian Klik Add
  2. Pada gambar diatas anda bisa mengklik menu Access Web Mail yang akan mengarahkan  anda pada webmail dashboard. Jika ada tampilan login isi dengan email yang sudah anda create tadi, kemudian isi password sesuai form baru saja anda lengkapi diatas.

Screenshot_55.png

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Menggunakan G Suite:

  • Sign Up G Suite

Anda tidak harus memiliki atau menyewa web hosting untuk memiliki email dengan domain sendiri. Dengan G Suite, Anda sudah bisa memiliki email profesional tersebut. Sign Up di sini untuk memiliki akun G Suite.

  • Verifikasi kepemilikan domain

Untuk menunjukkan identitas dan memastikan tidak ada perusahaan lain yang menggunakan nama domain yang sama, Anda wajib melakukan verifikasi kepemilikan domain. Proses ini cukup mudah kok, tidak butuh persyaratan yang macam-macam.

  • Tambah pengguna lain ke G Suite (opsional)

Jika email dengan domain sendiri sudah terbentuk, Anda bisa menambahkan beberapa akun atau pengguna baru untuk memiliki email spesial tersebut. Misalnya [email protected], [email protected], [email protected], dan lain-lain. Akun atau pengguna baru tentunya juga bisa menikmati fitur-fitur G Suite lainnya.

  • Pengaturan layanan untuk email bisnis

Layanan Gmail bisnis dapat diatur sesuai kebutuhan Anda. Dengan ini, Anda memiliki kapasitas penyimpanan email yang lebih besar. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk menyimpan seluruh file kerja Anda tanpa harus repot untuk menambah hard disk.

  • Pengaturan migrasi email lama Anda dan sinkronisasi penggunaan mobile device

Data-data Anda di email yang lama juga tidak akan terbuang jika Anda sudah melakukan migrasi. Selain itu, lakukan pula sinkronisasi terhadap mobile device Anda agar Anda dapat mengaksesnya pada perangkat apapun seperti Smartphone, Tablet, PC, atau Laptop, kapanpun dan di manapun.

Setelah Anda berhasil memiliki email dengan domain sendiri, Anda pun akan mendapatkan pelayanan yang lebih dari G Suite. G Suite beserta seluruh layanan yang ada di dalamnya telah terverifikasi aman sehingga Anda tidak perlu takut untuk menyimpan file penting Anda di sana. Fitur-fitur keamanan selalu update pada versi terbaru sehingga Anda terhindar dari spam dan hacking. Selain itu, traffic data email akan lebih terarah dan cepat.

Unlock seluruh kenyamanan ini bersama EIKON Technology, the one and only Google Premiere Partner di Indonesia sebagai reseller resmi G Suite yang selalu siap sedia menjawab segala kebutuhan Anda. Implementasikan email dengan domain sendiri pada perusahaan Anda sekarang juga dengan klik tautan berikut

More About G Suite >

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates