EIKON TECHNOLOGY BLOG

7

Jun


Email adalah pesan elektronik untuk mengirim surat melalui internet. Penyedia layanan email saat ini juga sudah banyak sekali seperti Microsoft Exchange dan Gmail. Akan tetapi kita juga bisa membuat mail server sendiri. Email merupakan bagian penting hampir semua perusahaan dalam mengirimkan informasi ke cabang, partner, atau customer. Dalam prosesnya terkadang perusahaan sering mengalami permasalahaan yaitu sering terjadinya mail server down. Akibatnya informasi penting yang seharusnya sampai pada penerima email tidak terkirim.

Hal buruknya jika terjadi mail server down bisa jadi projek yang bernilai cukup besar bisa hilang karena pesan yang dikirim tidak tersampaikan. Untuk mencegah hal itu sebaiknya simak beberapa penyebab mengapa mail server yang sering kita gunakan sering mengalami down. 

Ada beberapa penyebab mengapa mail server sering kali down, khususnya ketika pemakaian email lumayan padat.

1. Pemakaian Berlebihan 

Permasalahan yang sering terjadi biasanya karena spesifikasi perangkat kita tidak sesuai akan kebutuhan perusahaan, sering kali kita membuat mail server sendiri dengan spesifikasi hardware seadanya. Akibatnya, ketika perusahaan mempunyai aktifitas email padat hardware server kita tidak mampu menampung aktivitas sehingga mengalami down server. 

2. Spesifikasi Hardwareq

Pada kasus kedua biasanya juga terjadi karena spesifikasi hardware dibawah kebutuhan perusahaan. Ada dua kemungkinan perusahaan menggunakan server sendiri atau layanan hosting local dengan spesifikasi yang standart. Keduanya memiliki permasalahan sama yaitu spesifikasi hardware yang minim sehingga ketika dipakai untuk aktifitas email yang padat server mengalami down. 

3. Sering Terjadi Permasalahan di Luar Server

Permasalahan lainnya yang sering timbul adalah perihal non teknis yang tidak berhubungan langsung dengan mail server seperti lampu mati, atau perangkat hardware yang error sehingga proses aktivitas pengiriman email juga terkendala. Hal ini biasanya dialami perusahaan yang membuat mail local servernya sendiri. Akan tetapi biaya maintainnya yang dikeluarkan minim.

4. Rentan Terkena Serangan Virus & Malware

Kurangnya sec urity pada pc server bisa jadi sangat mudah terkena serangan malware atau virus. Ini juga bisa mengakibatkan secara tidak langsung server mail mengalami kerusakan sehingga aktivitas mail juga mengalami kendala. Dibutuhkan perangkat lunak security yang handal agar server mail terjaga dari serangan virus dan malware dengan harganya tidak murah.

 

Lantas bagaimana mengatasi terjadinya permasalahan tersebut. Sebetulnya ada beberapa perusahaan yang menawarkan layanan mail service, salah satu yang terbaik adalah Office 365 dari Microsoft. Mungkin dari anda belum mengetahui layanan Office 365 dari Microsoft. Office 365 adalah Paket lengkap kolaborasi teknologi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Salah satu layanan email dari Microsoft yaitu Microsoft Exchange.

Microsoft Exchange adalah layanan email yang merupakan salah satu paket Office 365. Layanan ini adalah jawaban atas permasalahan-permasalahan yang biasa terjadi seperti yang telah saya sebutkan diatas. Pengguna Office 365 tidak usah menghawatirkan masalah aktivitas penggunaan email yang padat, karena kita tahu bahwa server yang digunakan Microsoft sudah tidak diragukan lagi, atau permasalahan lain seperti rentan terkena virus, atau hal-hal non teknis seperti mati lampu hampir tidak akan terjadi.  Tertarik lebih dalam mengenai Microsoft Exchange sebagai sarana Email perusahaan? Silahkan hubungi kami EIKON Technology sebagai Microsoft Partner Indonesia disini.

More About Office 365

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates