EIKON TECHNOLOGY BLOG

Cara Menghindari “Version Conflict” Saat Mengedit File Microsoft Office pada Google Drive

Google menambahkan sebuah fitur baru pada teknologi penyimpanan dan kolaborasinya, Google Drive. Yaitu Anda akan dapat melihat orang lain mengedit file di produk Microsoft Office seperti Word, Excel, Power Point pada Google Drive. Pembaharuan ini akan menolong Anda berkolaborasi dengan tim lebih baik dan menghindari version conflict.

Cara Menghindari “Version Conflict” dengan Drive File Stream : 

Cara menggunakan fitur ini Anda harus memiliki dan mensinkronkan dengan Drive File Stream.

Ketika Anda membuka file Word, Excel atau Power Point di Drive, Google akan memeriksa apakah orang lain juga sedang mengedit dokumen tersebut. Kemudian, sistem Google akan memberikan notifikasi terdapat user lain yang sedang mengedit dokumen tersebut, dan menyarankan Anda lebih baik menunggu atau mengedit langsung. Notifikasi tersebut memberikan opsi :

  1. Safe to edit : tidak ada orang lain yang sedang mengubah/mengedit dokumen.
  2. Wait to edit : orang lain sedang mengedit, sehingga pengeditan Anda akan membuat beberapa versi yang saling bertentangan.
  3. New version created : orang lain sedang mengedit dan menyimpan versi baru dari dokumen.
  4. New version created (conflict) : Anda sedang bersama-sama mengedit dokumen dengan orang lain. Silahkan klik versi mana yang akan dipilih.

 

Jika version conflicts terjadi, bandingkan dan selesaikan berdampingan.

JIka terjadi kesalahan atau version conflict, Drive akan menunjukkan Anda dua perbedaan versi dokumen secara berdampingan. Fitur ini akan menolong Anda menggabungkan kedua versi menjadi satu dokumen dengan cepat.

Fitur ini akan sangat menolong Anda untuk menghilangkan “tabrakan file” pada dokumen yang Anda edit dengan orang lain. Dan mengurangi rasa frustasi Anda dikarenakan adanya beragam versi dokumen dan bingung memilih dokumen mana yang up to date. Fitur ini juga akan mempermudah Anda berkolaborasi dengan lebih banyak jenis file di Driver termasuk produk Microsoft Office.

Gunakan Drive File Stream untuk Merasakan Fitur Ini

Drive File Stream adalah sebuah solusi sinkronisasi file cloud terbaik untuk perusahaan-perusahaan yang menggunakan G Suite. Sistem ini memungkinkan Anda melakukan streaming file My Drive dan Team Drive langsung dari cloud, sehingga :

  1. Membuat file Drive tersedia untuk akses offline
  2. Membebaskan ruang penyimpanan disk dan jaringan bandwidth
  3. Meminimalkan jumlah data perusahaan yang disimpan di hard drive pengguna
  4. Mengaktifkan fitur baru seperti pemberitahuan version conflict versi untuk file Microsoft

See the Help Center for how to choose and deploy a sync solution for Google Drive.

Baca Juga : 5 Fitur Terbaru Gmail

 


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of