EIKON TECHNOLOGY BLOG

11

Jul


Diantara pembaca artikel ini adakah yang tidak mengenal atau sama sekali tidak pernah memakai Microsoft Word? Alat untuk merekam tulisan melalui platform digital, membuat laporan, membuat deskripsi pekerjaan, menuliskan ide, membuat draft, dan lain sebagainya. Oke, saya pastikan semua pembaca memakai bahkan bergantung dengan aplikasi dokumen ini.

Perlu anda ketahui bahwa Microsoft Word dikembangkan oleh Charles Simonyi dan Richard Brodie pada tahun 1981. Jadi, Microsoft Word telah dikembangkan dan mengalami improvemet selama 37 tahun hingga saat ini.

Google Docs datang dengan solusi yang lebih spesifik yaitu cross-plaform (dapat digunakan melalui platform berbeda - mobile phone, laptop, tablet), syncs otomatis, easily shareable, dan lebih dari itu semua Google Docs, GRATIS.

Jadi, apakah Google Docs dapat mengalahkan Microsoft Word yang selama ini telah digunakan oleh masyarakat di dunia? Jawabannya? Mari kita review fitur-fitur di antara keduanya.

Google Docs versus Microsoft Word :

 1. dari segi Pengolahan Kata

Pada dasarnya, sebagian besar alat pengeditan kata dasar ada pada Google Docs. Namun, pengguna yang telah terbiasa menggunakan Word pasti akan merasa terbatas. Seperti penempatan gambar, pengaturan bullets and numbering yang kurang fleksibel, mail merge, hingga fitur Macro yang terbatas. Disini jelas bahwa Microsoft Word jadi pemenang. Namun, jika Anda tidak membutuhkan fitur-fitur canggih dan hanya basic saja, Google Docs direkomendasikan karena lebih ringan.

2. dari segi Tampilan (Interface)

Google Docs

tampilan google docs
 
 

Microsoft Word

tampilan microsoft word

 

Dapat Anda lihat bahwa Microsoft Word memiliki tampilan yang lebih kompleks seiring dengan banyaknya tools yang tersedia dibandingkan Google Docs. Anda dapat menemukan fungsi pengeditan teks basic pada Google Docs dengan mudah. Namun, terkadang untuk mengedit teks secara lebih canggih pada Microsoft Word Anda harus mencari tutorialnya pada artikel-artikel atau Microsoft Word Support di Google. Jadi, Anda lebih suka tampilan Google Docs yang sederhana atau Microsoft Word yang kompleks?

3. dari segi fitur File Sharing

Versi Office 365 menyuguhkan pengalaman pengguna baru yaitu kolaborasi antar tim pada satu dokumen yang sama. Namun, berdasarkan testimoni pengguna, menggunakan Word untuk kolaborasi online agak lebih berat dan tampilannya sedikit membingungkan dibandingkan Google Docs bagi user baru yang mecoba fitur ini.

Pada Google Docs tampilan dan proses sharing file sangatlah mudah dengan tampilan sederhana yang tidak akan membingungkan pengguna. Tidak ada time delay saat berkolaborasi  secara realtime ketika koneksi Anda lancar. Karena Google Docs memang dirancang untuk pengelolaan dokumen yang lebih efisien, mudah, dan bersama tim.

 

google docs file sharing

4. dari segi Multiple dan Cross Platform

Google Docs adalah aplikasi berbasis web, sehingga Anda dapat mengakses Google Docs dengan desktop yang berbeda pada browser Anda. Untuk desktop Google Docs tersedia untuk Windows, OS X, Linux, Chrome OS. Anda pun juga dapat mengaksesnya melalui Android dan iOs dengan menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Dan kabar baiknya Google Docs dapat digunakan secara offline pada versi mobile tanpa terhubung dengan internet.

Sedangkan, Microsoft Word dapat digunakan untuk Windows dan OS X. Untuk Windows phone aplikasi Word tersedia tanpa perlu menginstall. Untuk versi mobile Word tersedia gratis pada iOS dan Android. Sedangkan office 365 dapat diakses melalui web browser.

google docs for mobile phone
 

5. dari segi Harga

Untuk harga Google Docs memang lebih unggul daripada Microsoft Office.

Anda dapat memakai Google Docs secara gratis. Namun, untuk perusahaan Google menyediakan paket Office ini (Google Docs, Google Sheets, Google Slide) dengan penambahan email Gmail dengan nama domain perusahaan yang bernama G Suite. Sehingga, perusahaan Anda akan lebih kredibel. Untuk menggunakan G Suite Anda hanya perlu mengeluarkan $3 per bulan dan $10 per bulan untuk G Suite Business.

 

Sedangkan untuk Microsoft Office, harga dihitung berdasarkan setiap pembelian dan pemasangan software per komputer/PC Anda. Untuk versi online dan offline Microsoft memberikan paket bernama Office 365. Harganya mulai dari $5 per bulan. Office 365 juga menyediakan email dengan domain nama perusahaan dengan outlook-nya.

 

 

Kesimpulan :

So, who’s the winner? Google Docs versus Microsoft Word siapa yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan mana yang paling Anda perlukan.

Jika, Anda dan perusahaan terbiasa bekerja dengan Word, dan masih membutuhkan fitur-fitur yang canggih dari Microsoft Word. Maka, pilihannya tepat pada Word.

Namun, jika Anda dan perusahaan membutuhkan aplikasi pengolahan kata yang sederhana dan tidak kompleks, bekerja dan berkolaborasi dengan tim (produktifitas kerja) lebih mudah baik online maupun offline tanpa time delay (real time), serta email domain perusahaan dari Google yaitu Gmail. Maka, Google Docs adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Sudah menentukan pilihan?

Jika Anda masih ragu, coba trial G Suite dan Office 365 dari kami. Jika Anda memenuhi kualifikasi, tim kami akan menghubungi Anda. :)

Tunggu apalagi klik dan submit form-nya !

For G Suite

 Coba G Suite 30 Hari GRATIS! >

For Office 365

Free trial microsoft office 365 - Eikon technology

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts