EIKON TECHNOLOGY BLOG

20

Apr


Software office menjadi perangkat lunak wajib yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan berupa pengelolaan dokumen, angka, slide. 

Perlu Anda ketahui bahwa Microsoft memberikan paket software office meliputi Word, Excel, Power Point, Email untuk bisnis berbasis cloud computing yang dikenal sebagai Microsoft Office 365 for Business. Sedangkan, Google memberikan paket software office meliputi Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Gmail, serta Calendar untuk bisnis berbasis cloud computing yang dikenal sebagai G Suite.

Namun, kali ini kita akan mengupas lebih jauh perbandingan fitur-fitur yang dimiliki oleh kedua software Spreadsheets besutan Microsoft dan Google ini.

Microsoft Excel dan Google Sheets merupakan software pengelolaan data berupa angka yang populer pada saat ini. Microsoft excel adalah software pengelolaan data berupa angka dari Microsoft. Sedangkan Google Sheets adalah aplikasi yang disediakan Google yang fungsinya sama dengan Excel yaitu sebagai perhitungan data berupa angka, memasukkan data dan formula, formatting cells, dan membuat chart.

Jika dilihat kegunaan Excel dan Sheets tidaklah jauh berbeda. Namun, masing-masing mempunyai fitur yang diunggulkan. Apakah fitur Excel lebih baik dari Google Sheets atau sebaliknya? Software spreadsheet manakah yang lebih baik bagi bisnis perusahaan Anda?

Simak ulasannya sebagai berikut.

Perbandingan Google Spreadsheet Dengan Microsoft Excel :

1. Harga

Perusahaan tidak akan dapat bekerja dengan maksimal dan produktif tanpa adanya teknologi berupa software atau aplikasi untuk mendukung operasionalnya. Namun, untuk dapat menggunakan software maka perusahaan harus membelinya. Tentunya harga untuk setiap lisensi software tidaklah murah.

Perusahaan pun tidak akan menginginkan menanggung resiko terkena sanksi denda mengenai Undang Undang Hak Cipta karena software tersebut ternyata bajakan.

Aplikasi atau software dasar yang wajib dimiliki perusahaan adalah officeBaik Microsoft Office 365 (paket software office Microsoft termasuk Ms. Excel) dan G Suite  (paket software office Google termasuk Spreadsheets) merupakan software office berbasis cloud computing. Lalu berapa perbandingan harga dari Microsoft Office 365  dan G Suite? 

perbandingan harga g suite dan office 365

 

2. Fitur Kolaborasi

Bila pekerjaan Anda membutuhkan tim untuk berkolaborasi, Excel dan Sheets memberikan fitur yang memudahkan Anda untuk bekerja secara bersama-sama, tidak secara individual. Bahkan bila tim Anda sedang tidak sedang bekerja di samping meja Anda, di gedung atau kota yang berbeda Excel dan Google Sheets membantu Anda  berkolaborasi secara realtime.

Fitur kolaborasi ini diantaranya memungkinkan Anda untuk bekerja pada satu dokumen secara simultan dengan orang lain, berbagi satu file yang sama, editing dokumen, melihat apa yang orang lain kerjakan, serta mengobrol dengan mereka secara live.

Sedangkan, bekerja secara tradisional , mengharuskan Anda saling mengirimkan email yang berbeda atau menyimpan file pada flashdisk kemudian copy paste pada komputer rekan kerja Anda.

Cara berbagi file dan kolaborasi di Microsoft Excel

Cukup dengan klik icon share di pojok kanan atas dan ketik atau pilih nama dari kontak list email yang tersedia. Pada Microsoft, email yang digunakan adalah outlook. Sehingga bila Anda ingin melakukan sharing, maka pastikan rekan kerja Anda menggunakan email outlook. Tentunya email dengan @outlook ini sangat jarang dipakai oleh perusahaan dibandingkan @gmail. Untuk chatting pada saat mengedit excel maka Anda harus menggunakan Skype.

Cara berbagi file dan berkolaborasi dengan Google Sheets

Pilih dan klik icon share berwarna biru di pojok kanan atas kemudian ketik alamat email orang yang ingin kamu bagi. Kamu dapat mengatur apakah orang tersebut dapat edit, komen, atau hanya melihat saja. Menambahkan alamat email orang lain menggunakan Google Sheets lebih mudah karena kontak yang tersedia terintegrasi dengan Gmail, dimana hampir semua orang menggunakan Gmail untuk keperluan akun email mereka. Anda pun dapat mengajak chatting rekan Anda di waktu yang sama saat mengedit Google Sheets.

 

3. Rumus, Fungsi dan Formatting

Spreadsheets merupakan software pintar dimana kita dapat dengan mudah menjumlahkan angka-angka hanya dengan memasukkan fungsi pada kolom dan cells. Bagi masyarakat umum pastinya sudah familiar dengan fungsi pada spreadsheets seperti SUM, AVARAGE, HLOOKUP, VLOOKUP dan lainnya.

Pada Microsoft Excel fungsi dan format tersebut sudah disediakan dan super lengkap. Rumus Google sheets pun tidak jauh berbeda dengan Microsoft Excel. Pada Google Sheets Anda dapat melihat daftar rumusnya dengan pilih Insert -> Function -> More.

 

4. Template

Ketika berbicara mengenai template yang ada, Microsoft Excel lebih unggul karena menyedakan banyak template bisnis. Hanya dengan memilih template sesuai dengan project yang akan Anda buat dan dapat diedit dengan mudah. Template tersebut dapat Anda cari online pada Microsoft Excel dan download dengan mudah. Terdapat banyak template yang dapat Anda pilih sesuai dengan kategori seperti budget, biaya operasional, pendapatan den biaya juga sample data yang sudah terformulasi.

Google Sheets menyediakan template namun tidak sebanyak template yang ada di Microsoft Excel. Google Sheets mungkin dapat Anda pilih bila Anda tidak membutuhkan banyak variasi template.

 

 5. FITUR KOMENTAR

Untuk mendapatkan feedback dari sebuah project yang kita kerjakan di Spreadsheets kita biasanya membagikan file tersebut kepada rekan kerja kita untuk direview, dikoreksi, dan diberi tanggapan atau masukan. Maka, fitur komentar sangat diperlukan.

Cara memberikan komentar pada Microsoft Excel yaitu dengan memiliih tab Review pada Ribbon dan klik new comment. Maka sebuah text box akan muncul dan Anda atau rekan Anda dapat mengetikkan komentar pada cell yang telah Anda pilih.

Cara memberikan komentar pada Google Sheets yaitu dengan meletakkan kursor kita pada Cell yang ingin kita berikan komentar, lalu tekan Ctrl+Alt+Shift+A atau dengan klik ikon chat di sebelah ikon share di pojok akan atas kemudian klik Comment. Maka akan muncul kotak dengan nama Anda, tulis pada text box tersebut, dan klik comment.

Setiap orang yang dapat mengakses file Spreadsheets pada Google Sheets dapat memberikan komentar dan membalas komentar sebelumnya, sehingga seperti sebuah percakapan chatting. Anda pun dapat memilih tombol “resolve” untuk menandai bahwa mark up komentar tersebut sudah terselesaikan dan menghilangkan komentar itu. Bila Anda ingin membuka kembali komentar tersebut maka Anda tinggal klik ikon komentar dan pilih “Reopen”.

 

6. Charts

Excel mempunyai beberapa tipe chart, salah satunya yaitu yang berbentuk kolom, line, pie, bar dan area, histogram dan lainnya. Cara membuat diagram atau grafik di Excel yaitu insert, pilih tipe diagram yang ingin kamu buat, lalu masukkan data spreadsheet. Atau kamu dapat klik kanan pada diagram dan pilih Select Data.

Cara membuat diagram grafik di Google Sheets yaitu pilih data yang akan kamu buat diagramnya, pilih insert chat yang ada di menu bar. Pilih recommendations, chart types, atau customization. Saat kursor berada pada chart yang kamu pilih maka akan muncul preview chart data yang akan kamu buat.

 

7. Data yang terintegrasi dengan Form Survey

Kelebihan Google Sheets adalah Anda dapat dengan mudah membuat survey, customer feedback, aplikasi lamaran kerja atau kuesioner yang terintegrasi dengan Google Sheets. Data dikumpulkan dan langsung tersimpan secara otomatis worksheet di Google Sheets ketika responden mengisinya. Fitur ini tidak dapat Anda temukan pada Microsoft Excel.

Untuk memudahkan pembaca untuk memahami perbandingan kelebihan dan kekurangan antara Microsoft Excel dan Google Sheets, saya sajikan berupa tabel di bawah ini :

 perbandingan excel dengan google sheets

 

kesimpulan perbandingan microsoft excel dan google sheets

Jadi, kesimpulan lebih baik mana Microsoft Excel atau Google Sheets untuk bisnis perusahaan, maka jawabannya yaitu tergantung kebutuhan perusahaan Anda. Jika, Anda mengharapkan membuat Worksheets dengan lebih mudah menggunakan template, maka Microsoft Excel adalah solusinya. Rumus fungsi dan  formatting yang ada pada Microsoft Excel sangatlah lengkap dibandingkan dengan Google Sheets. Namun, harga Microsoft Office 365 lebih mahal daripada Google Sheets serta fitur kolaborasi yang terbatas.

Jika Anda adalah perusahaan yang mempunyai karyawan yang bekerja tidak pada satu tempat yang sama, semisal pekerja remote, membutuhkan rapat online, atau bekerja di gedung, kota, negara berbeda, maka Google Suite adalah pilihan terbaik. Google menawarkan kecanggihan fitur kolaborasi pada Google Sheets, proses yang lebih cepat atau tidak lemot, revision history, real time chat, serta pengumpulan data otomatis dengan Google Form. Meskipun Google Sheets juga memiliki rumus dan fungsi, pembuatan diagram atau chart, template, namun tidak selengkap Microsoft Excel.

Jadi, bila Anda hanya membutuhkan versi dasar dari office namun lebih fokus pada kolaborasi saya sarankan untuk menggunakan Google Sheets yang ada pada G Suite. Dimana harga G Suite lebih murah daripada Office 365.

Ingin lebih merasakan perbedaan Google Sheets pada G Suite dan Excel pada Microsoft Office 365 ?

Free Trial Google G Suite!

More About Office 365 >>

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts