Tips Mengembalikan Data Yang Hilang atau Terhapus Di Komputer

Tips Mengembalikan Data – Pernahkah Anda mengalami kehilangan dokumen atau data baik karena virus, tidak sengaja terhapus atau faktor lainnya? Tentu sangat menyebalkan apalagi jika data tersebut merupakan data penting dan Anda sedang sangat membutuhkan dokumen atau data tersebut.

Tunggu dulu! Anda tidak perlu panik. Seiring berkembangnya teknologi dewasa ini, bukan hal mustahil untuk mengembalikan data yang terhapus di komputer Anda.

Pada dasarnya di keadaan tertentu, data yang terhapus sebenarnya tidak benar-benar hilang dari komputer Anda. Hanya saja memang perlu sedikit “usaha” untuk mengembalikan dokumen tersebut sedia kala.

Berikut Tips Mengembalikan Data yang hilang.

Anda dapat memilih cara-cara berikut sesuai dengan kondisi yang terjadi pada komputer Anda untuk mengembalikan data yang hilang.

  1. Cek folder Recycle Bin

Saat data di Windows dihapus, file tersebut sebenarnya tidak benar-benar dihapus dari komputer Anda. Windows menampungnya di dalam folder Recycle Bin.

Recycle Bin merupakan fitur bawaan yang secara otomatis terpasang di komputer jika Anda menggunakan sistem operasi Windows. Folder in merupakan kumpulan file atau data yang terhapus secara sengaja maupun tidak. Jika file tersebut masih ada di Recycle Bin, Anda dapat bernafas lega. Cukup dengan klik kanan lalu pilih Restore, maka data akan kembali ke tempat awal file tersebut disimpan, dan Anda bisa menggunakan data tersebut.

  1. Gunakan fitur Restore Previous Versions

Sudah cek di Recycle Bin namun ternyata sudah terhapus? Tenang, Masih ada cara lain untuk mengembalikan data yang hilang dengan menggunakan fitur Restore Previous Versions.

Cara ini merupakan cara yang mudah karena Anda tidak perlu menginstall program khusus untuk recovery file. Namun pastikan sudah mengaktifkan restore point pada komputer Anda.

Berikut merupakan cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Restore Previous Versions. Buka folder diaman data yang terhapus sebelumnya berada, Lalu klik kanan kemudian pilih “Restore Previous versions”. Setelah terbuka kemudian pilih tab “Previous versions”, kemudian pilih folder yang terakhir yang ingin anda restore. Lalu restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.

Voila, Data Anda bisa kembali dan dapat digunanakan.

  1. Gunakan software khusus jika diperlukan

Jika cara-cara diatas tidak mampu mengembalikan data Anda, cara terakhir adalah dengan menggunakan software khusus recovery data. Ada banyak software yang dapat Anda gunakan baik gratis maupun yang berbayar, seperti Recuva, MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

Tips mengamankan data Anda dari kemungkinan hilang atau terhapus

security

Terhapus atau hilangnya data merupakan hal diluar dugaan yang sering terjadi. Terutama bagi Anda yang aktif menggunakan Komputer dalam kegiatan sehari-hari. Ada baiknya Anda mengikuti tips berikut agar kehilangan data tidak terjadi pada Anda.

  • Lakukan Back-up data berkala di tempat berbeda dari Komputer.

Sepele namun penting. Banyak yang meremehkan manfaat dari melakukan back-up data secara berkala. Namun hal tersebut merupakan hal yang penting dan harus dilakukan terutama jika data-data yang Anda miliki merupakan data krusial seperti data penting perusahaan, data skripsi, dll. Lakukan back-up data paling tidak satu bulan sekali kedalam penyimpanan cadangan seperti flashdisk, CD/DVD Room, Harddisk, dll. Sehingga saat terjadi data hilang atau rusak akibat virus. Anda cukup salin kembali dari riwayat back-up.

security

  • Gunakan teknologi Cloud Computing.

Cara lain untuk mengamankan data Anda adalah dengan menggunakan teknologi terkini yaitu Cloud Computing. Dengan Cloud, data Anda akan tersimpan di server online sehingga terhindar dari hilangnya data akibat virus, system error, bencana alam, dll, seperti yang dimiliki oleh  Microsoft Azure. Layanan cloud computing besutan Microsoft ini merupakan salah satu layanan solusi cloud computing yang terpercaya karena fitur-fitur powerful yang dibawanya sekaligus teknologi cerdas Machine Learning yang mampu beradaptasi dan memberi prediksi analitis data custom Anda.

Ada baiknya, jika data tersebut sangat penting, konsultasikan kepada IT Consultant terpercaya seperti EIKON Technology yang bertindak sebagai Partner Microsoft Indonesia. Dengan demikian Anda telah mengurangi resiko kehilangan data yang mungkin saja berakibat fatal.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments