EIKON TECHNOLOGY BLOG

Tips Menjaga Produktivitas Kerja Saat Puasa Ramadhan untuk Profesional

Selamat bulan Ramadhan 1439 H rekan-rekan muslimin dan muslimah sekalian. Sebulan penuh kita akan melaksanakan rukun Islam ke-4, yaitu puasa. Semoga meskipun sedang berpuasa tidak menurunkan semangat kita untuk menjalankan ibadah yang lainnya yaitu bekerja.

Pada hari-hari biasa, mungkin kita tidak memiliki habit untuk bekerja denga perut kosong selama 30 hari penuh. Agenda kerja pun pasti akan berubah. Misal perubahan itu terjadi pada jam kerja, Anda mungkin terbiasa bekerja dari jam 8 pagi hingga 5 sore, di bulan Ramadhan hanya sampai jam 4 sore atau lebih cepat dari itu.

Perubahan jadwal kerja ini tidak boleh menjadi alasan kita untuk tidak produktif bekerja meskipun sedang berpuasa.

 

Bagaimana Cara Menjaga Produktivitas Kerja Saat Puasa Ramadhan untuk Profesional?

 1. akhirkan waktu sahur

Setelah seharian bekerja, malam hari melaksanakan terawih, membuat tubuh lelah. Maka, sangat sering rekan-rekan melewatkan waktu sahur. Padahal, sahur sangat dianjurkan dilaksanakan untuk memberikan energi pada pagi hari untuk bekerja saat puasa. Upayakan untuk sahur tepat waktu dan lebih baik mengakhirkan waktu sahur agar rasa kenyang bertahan lama.

Bila, kita dianjurkan untuk mengakhirkan waktu sahur maka sebaliknya ketika berbuka puasa. Berbuka puasa lebih baik di awalkan. Hal ini akan menjaga pola makan, menjaga kesehatan, serta meningkatkan produktivitas kerja.

 

2. PERHATIKAN ASUPAN MAKANAN Dan olahraga

Puasa memang menyehatkan. Namun, bila kita tidak mengatur makanan yang kita makan, maka hal tersebut malah akan mengganggu kesehatan kita. Contohnya saat berbuka puasa kita lebih memilih makan banyak gorengan daripada buah-buahan. Agar tubuh tetap mendapatkan stimulasi vitamin, protein, dan tenaga saat bekerja, maka Anda tetap harus menjaga menu makanan Anda sesuai dengan kebutuhan kalori. Anda pun bisa menambahkan mengkonsumsi vitamin agar badan tetap bugar serta olahraga.

 

3. Jangan tidur setelah shalat subuh

Tidur setelah shalat subuh akan memberikan sensasi kantuk yang berlebih. Akhirnya saat bangun Anda akan merasa masih kurang tidur dan terlihat lesu, hingga tidak semangat bekerja. Apalagi tidur setelah subuh memang tidak dianjurkan dan dibenci dalam syariat Islam.

Tidak tidur selepas subuh juga meningkatkan performa serta semangat Anda dalam bekerja.

 

4. ATur prioritas Pekerjaan 

Pekerjaan yang menumpuk menjadi sumber masalah bila tidak segera dikerjakan dan diselesaikan. Jadi, upayakan tidak menunda pekerjaan hari ini dan segera selesaikan, daripada Anda harus mengorbankan waktu Anda untuk lembur kerja.

Lembur kerja akan mengakibatkan jadwal ibadah Anda mungkin akan berantakan. Anda tidak dapat menjalankan ibadah qiyamul lail (terawih). Atau mungkin besok Anda harus terbebani dengan pekerjaan kemarin yang belum rampung. Sehingga, produktivitas kerja Anda pun menurun. 

Anda dapat membuat tabel prioritas pekerjaan. Bisa Anda lakukan setelah shalat subuh, urutkan prioritas kerja dan buatlah agenda dengan meletakkan pekerjaan paling penting pada pagi hari seperti rapat, karena membutuhkan banyak energi. Sedangkan pekerjaan yang tidak terlalu penting kerjakan pada siang atau sore hari.

Tabel prioritas time management

 

5. Gunakan Aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Penggunaan teknologi akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan teknologi pekerjaan akan lebih efektif dan efesien dari segi waktu, tenaga, maupun biaya.

Apalagi mungkin pikiran Anda akan terforsir untuk berpikir mengatur karyawan, melakukan meeting atau rapat, menggarap proyek besar, atau berkolaborasi dengan tim.

Dengan bantuan teknologi Anda akan sangat terbantu serta bekerja lebih efektif dan efisien. Teknologi apa saja yang dibutuhkan untuk bekerja dengan produktif?

a. Teknologi kolaborasi

Kolaborasi dengan tim akan sangat melelahkan dengan banyak perbedaan pendapat. Sedangkan, waktu yang kita butuhkan untuk meeting dan menyelesaikan konflik terbatas. Anggota tim yang tidak lengkap atau bos yang sedang dinas luar kota semakin memperparah terhambatnya proyek yang sudah dikejar deadline. 

Oleh karena itu, teknologi kolaborasi dapat menjadi solusi atas permasalahan ini. Dengan teknologi kolaborasi, Anda, anggota tim, dan bos dapat bersama-sama secara real time bekerja dan mengedit pada satu dokumen yang sama. Bukankah ini teknologi yang powerfull?

Dimana Anda tidak perlu bolak balik mengirim dokumen dengan flashdisk atau email. Kemudia dokumen revisi dikirimkan kembali. Akhirnya terdapat beberapa dokumen revisi yang tidak sama di antara anggota. Butuh konsolidasi informasi pada dokumen dan itu memakan banyak waktu.

Dengan Google Document, Slide dan Spreadsheet, Anda tidak perlu khawatir membuang waktu hanya karena proses administrasi yang begitu rumit. Sharing, collaborating, editing pada satu dokumen secara realtime. Serta, history editing document akan tersimpan otomatis pada setiap anggota tanpa perbedaan revisi mempercepat pekerjaan kita. Dengan begitu produktifitas kerja Anda akan meningkat dan tetap terjaga meskipun berpuasa.

b. Teknologi penyimpanan data secara otomatis

Karena data akan tersimpan secara otomatis, maka Anda tidak perlu tiap kali mengubah dan menambahkan revisi pada dokumen harus menekan tombol Ctrl+S. Semua revis akan tersimpan otomatis. Apalagi bila komputer/pc di kantor Anda sering error atau terkena virus. No more worries.

c. Teknologi email dengan nama perusahaan yang kredibel

Ketika Anda menggunakan email mungkin email Anda sering bounce atau tidak terkirim. Ini mempersulit dan memperlambat Anda menyelesaikan tugas dengan rekan. Maka, dengan Gmail pada G Suite Anda tidak perlu khawatir akan email tidak terkirim. Keamanan data yang terjamin. Bila Anda menginginkan perusahaan Anda lebih kredibel, Gmail pada G Suite adalah solusinya. Anda dapat memiliki nama email dengan domain nama perusahaan Anda. Teknologi siapa yang Anda gunakan? Google tentunya.

d. Teknologi penyimpanan data unlimited

Sebal karena memori pc Anda penuh. Atau komputer Anda jadi lola laoding lama karena virus atau terlalu banyak data. Maka, dengan G Suite business Anda tidak perlu khawatir data Anda akan terserang virus bahkan penuh. Karena kapasitas penyimpanan cloud ini telah dilengkapi dengan antivirus dan keamanan dari Google. Sehingga, data Anda dijamin aman dengan kapasitas penyimpanan unlimited.

G Suite adalah paket aplikasi office yang terdiri dari email, document, slide, spreadsheet dan Hangout berbasis cloud computing yang akan meningkatkan produktifitas kerja Anda. G Suite dirancang untuk kolaborasi antar karyawan. 

 

 

 


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of