4 Cara Manfaatkan Dynamics 365 untuk Membangun Supply Chain Masa Depan

Dynamics 365 merupakan sebuah rangkaian aplikasi bisnis cerdas. Microsoft mengembangkan aplikasi ini untuk membantu melancarkan alur proses bisnis. Caranya adalah dengan memanfaatkan insights yang prediktif dan berbasis kecerdasan buatan (AI). Secara garis besar, aplikasi ini menawarkan dua fungsi utama, yaitu CRM (customer relationship management) dan ERP (enterprise resource planning) yang berbasis komputasi awan.

Dalam update terbarunya, Dynamics 365 mengembangkan rantai pasokan cerdas yang mampu menavigasi gangguan dan lebih cepat beradaptasi dengan perubahan perilaku pelanggan. Artikel kali ini akan membahas seperti apa inovasi teknologi yang dikembangkan Microsoft untuk Dynamics 365 hingga mampu menciptakan suatu rantai pasokan masa depan. Mari simak bersama

Mengubah pemenuhan pesanan menjadi keunggulan kompetitif

Menurut laporan Gartner®, salah satu cara untuk mencapai rantai pasokan yang unggul adalah dengan menahan inventaris pusat distribusi. Dengan begitu maka permintaan dari toko online maupun toko fisik bisa tetap terpenuhi. Untuk mencapai tingkat fleksibilitas tersebut maka retail memerlukan sistem yang mampu menawarkan orkestrasi pesanan berbasis AI serta data inventaris real-time omnichannel untuk mengatasi kendala secara proaktif.

Dynamics 365 menawarkan solusi untuk situasi tersebut melalui fitur Intelligent Order Management. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, retailer dapat menata kembali masa depan rantai pasokan, bukan hanya untuk mereka, tapi juga secara global. Itu berarti, mereka bisa mengubah pemenuhan pesanan menjadi suatu keunggulan kompetitif.

Baca juga: Microsoft Power BI Membantu Analisa Bisnis Anda Lebih Interaktif

Memprediksi risiko dan meningkatkan visibilitas dengan insight berbasis AI

Photo Credit: Rawpixel

Masih dari laporan Gartner®, diketahui bahwa sekitar 76% eksekutif di bidang rantai pasokan mengungkapkan bahwa perusahaan mereka saat ini lebih sering menghadapi gangguan dibandingkan dengan 3 tahun lalu. Sementara itu, sekitar 72% melaporkan bahwa dampak dari situasi tersebut terus meningkat.

Dengan naiknya penggunaan e-commerce, sangat penting untuk mendapatkan visibilitas real-time dalam inventaris di setiap simpul rantai pasokan. Untuk itu, Microsoft meluncurkan fitur Supply Chain Insights yang bisa Anda akses melalui Dynamics 365.  Para pemilik usaha bisa memanfaatkan fitur ini untuk memprediksi risiko yang ada pada rantai pasokan mereka berdasarkan kondisi cuaca, berita terkini, hingga peristiwa geopolitik.

Selain itu, Microsoft juga telah melakukan peningkatan yang signifikan pada add-in fitur Supply Chain Management pada Dynamics 365. Memanfaatkan fitur tersebut, kini retail bisa mendekati visibilitas inventaris secara real-time di seluruh saluran internal mereka.

Ekspansi dengan memindahkan infrastruktur ke cloud

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan ekspansi, migrasi infrastruktur on-premise ke cloud bisa menjadi solusi yang efisien. Dynamics melalui aplikasi Finance, Supply Chain Management, dan Commerce bisa menjadi rangkaian yang tepat untuk memfasilitasi kebutuhan Anda.

Cara ini telah diterapkan oleh Servis Industries Limited (SIL), sebuah produsen dan eksportir terkemuka di Pakistan yang sudah malang-melintang selama lebih dari 50 tahun. Dengan memindahkan infrastruktur on-premise ke cloud, kini SIL memiliki gambaran menyeluruh tentang toko ritelnya dan sistem manajemen infrastruktur yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi nasional maupun internasional secara cepat.

Transisi ke omnichannel

Photo Credit: Rawpixel

Sekarang ini, jaringan etalase retail sangat kompleks. Etalase toko fisik dan online pun saling terhubung hingga terkadang sulit untuk diuraikan. Agar tiap permintaan pelanggan tetap bisa terpenuhi maka pemilik retail pun harus mampu merampingkan pengiriman dan memberdayakan operasi harian mereka. Terlebih masa pandemi yang memaksa kebanyakan retail untuk berpindah ke operasi online.

Untuk memenuhi tantangan tersebut, Dynamics 365 menyediakan solusi melalui aplikasi Commerce, Finance, dan Supply Chain Management yang didukung oleh aplikasi Microsoft Power Apps dan juga Power BI. Penerapannya akan memungkinkan pemilik retail melakukan transisi ke omnichannel dengan mudah dan lancar.

Baca juga: Peran Microsoft Teams dalam Mendukung Hybrid Working di Bidang Manufaktur

Adanya pandemi membuat industri retail mengalami perubahan besar-besaran. Para pemilik retail tidak bisa lagi mengandalkan penjualan dari toko fisik, kebanyakan “dipaksa” untuk beralih pada metode online. Situasi tersebut lantas menyadarkan bahwa pada dasarnya sistem retail sangat dinamis dan bisa berubah kapan saja.

Microsoft melalui Dynamics 365 menawarkan solusi terbaik untuk Anda. Dengan memanfaatkan rangkaian aplikasi ini, Anda bisa merancang rantai pasokan untuk mengatasi situasi sekarang, sekaligus mempersiapkan masa depan.

Agar Dynamics 365 berjalan dengan optimal, sebaiknya Anda juga menerapkan productivity tools dari Microsoft, Office 365. Tenang saja, sekarang ini sudah tersedia Office 365 yang khusus diperuntukkan bagi keperluan bisnis. Dapatkan segera hanya melalui EIKON Technology. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments