7 Update Fitur Microsoft Teams yang Perlu Anda Ketahui

Microsoft terus melakukan update pada salah satu platform produktivitasnya, Microsoft Teams. Inovasi terus dilakukan untuk memudahkan urusan pekerjaan Anda. Selain itu, pada beberapa sektor Teams, Microsoft juga meningkatkan keamanan mereka agar Anda bisa tetap bekerja dengan aman dan nyaman.

Nah, untuk mengetahui apa saja update dari Microsoft Teams, Anda bisa mempelajarinya dalam ulasan di bawah ini.

Fitur terbaru Microsoft Teams

Apa saja update fitur Microsoft Teams yang bisa Anda nikmati? Ada setidaknya tujuh fitur baru yang ditambahkan Microsoft untuk Teams, beberapa fitur bahkan terintegrasi dengan aplikasi produktivitas Microsoft lainnya seperti Outlook dan Cortana. Apa saja? Simak detail lengkapnya berikut ini.

 

  • Buat Task baru dari Chat

 

Seringkali Anda mendapat tugas baru dari pesan chat. Bahkan mungkin 100% tugas Anda diberikan melalui chat. Lalu, apa yang Anda lakukan saat menerima pesan berisi tugas baru? Kebanyakan orang akan menutup aplikasi chat mereka dan baru kemudian membuka aplikasi lain untuk mengerjakan tugas.

Namun dengan update fitur Microsoft Teams, Anda tidak perlu repot mengikuti langkah-langkah tersebut. Microsoft meluncurkan sebuah fitur baru untuk Teams yang memungkinkan Anda untuk langsung membuat Task baru dari ruang chat tanpa harus pindah aplikasi.

Caranya pun mudah, klik opsi (…) pada menu pop-out di jendela chat yang berisi tugas baru. Pilih More options kemudian klik Create Task. Otomatis, tugas baru tersebut akan langsung ditransfer ke aplikasi Tasks Microsoft Teams.

 

  • Lebih banyak Spotlight

 

Photo Credit: Blog (Microsoft Teams)

Spotlight adalah fitur khusus pada Microsoft Teams Meeting. Dengan fitur ini, Anda dapat menyorot peserta meeting saat mereka sedang berbicara.

Pada update terbaru Teams, fitur Spotlight mengalami peningkatan kemampuan. Jika sebelumnya Anda hanya dapat menyorot satu peserta, kini Spotlight dapat menyorot hingga tujuh peserta dalam waktu bersamaan.

Jika ingin menambah peserta yang disorot, cukup klik pada menu context peserta meeting yang dikehendaki. Selanjutnya klik opsi Add Spotlight.

 

  • Makin mudah temukan kontak baru

 

Update dari Microsoft Teams kali ini juga terintegrasi dengan aplikasi e-mail mereka, Outlook. Dalam pengembangan terbaru, Anda bisa lebih mudah menemukan kontak baru melalui Organization Explorer yang merupakan fitur Outlook.

Bukan hanya menemukan kontak baru, dengan Organization Explorer, Anda juga bisa mengakses informasi seperti pengalaman dan ketersediaan mereka. Manfaatkan fitur baru ini untuk membuka peluang kolaborasi Anda!

 

  • Dapatkan informasi lebih cepat dengan Microsoft Graph

 

Photo Credit: Blog (Microsoft Search)

Teams memiliki sumber informasi yang memudahkan pekerjaan Anda. Itu jelas. Namun ada kalanya, keunggulan tersebut justru membuat Anda kesulitan untuk menemukan informasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan connector dari Microsoft Graph saat menggunakan Microsoft Search. Dengan fitur ini, Anda bahkan dapat mengambil data dan informasi dari sistem seperti ServiceNow atau layanan Microsoft 365 lainnya semacam SharePoint atau Office,com.

 

  • Profile cards yang lebih detail

 

Microsoft Teams dirancang untuk memudahkan segala urusan pekerjaan, termasuk dalam hal mengelola koneksi. Untuk menemukan dan mendapatkan koneksi baru, Teams menyediakan fitur Profile Cards.

Dengan Profile Cards, informasi mengenai orang-orang yang ada di perusahaan Anda lebih mudah diakses. Dalam update terbaru, fitur ini bahkan sudah terhubung dengan aplikasi manajemen sumber daya manusia (SDM) Microsoft seperti Workday dan SAP SuccessFactors.

 

  • Pengingkatan keamanan Microsoft Bookings

 

Microsoft Bookings adalah aplikasi penjadwalan Microsoft Office. Dengan Bookings, Anda dapat menyusun jadwal janji temu dan waktu kunjungan. Aplikasi ini juga bisa Anda sambungkan dengan layanan pelanggan untuk mengatur janji temu dengan para pelanggan.

Update terbaru dari Teams menambahkan fitur keamanan baru pada Bookings. Salah satunya adalah kontrol administrasi yang lebih ketat dengan pengaturan tingkat akses. Selain itu, opsi penyuntingan Bookings juga semakin beragam. Anda kini dapat menyesuaikan logo perusahaan, mengatur warna tema, serta menyunting teks.

 

  • Cortana untuk Outlook seluler

 

Kabar baik untuk Anda yang terbiasa menggunakan fitur virtual assistant Microsoft, Cortana. Dalam update terbaru Microsoft Teams, Cortana telah terintegrasi dengan Outlook seluler.

Dengan penambahan fitur tersebut, Anda bisa memberikan perintah pada Cortana untuk mengirim e-mail, mengatur jadwal rapat, hingga membacakan seluruh jadwal janji temu yang tersimpan di Outlook. Fitur ini telah ditambahkan pada perangkat iOS dan Android.

Selain update fitur Microsoft Teams di atas, Anda juga bisa menemukan beberapa layanan baru seperti ekstensi Outlook untuk Microsoft Edge hingga optimalisasi Excel web dengan Office Scripts. Semua dapat Anda nikmati hanya dengan berlangganan Microsoft 365.

Belum berlangganan Microsoft 365 dan bingung bagaimana cara mendapatkannya? EIKON Technology sebagai partner resmi Microsoft di Indonesia menyediakan paket berlangganan Microsoft 365 lengkap dengan seluruh aplikasi produktivitas seperti Teams di dalamnya. Klik di sini untuk langsung terhubung dengan tim EIKON Technology!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments