Berbagi Spreadsheet Microsoft Teams Kini Makin Mudah dengan Excel Live

Sebelumnya, untuk berbagai spreadsheet dalam rapat virtual Microsoft Teams merupakan pengalaman yang cukup berat sebelah. Anda berbagi layar, lalu semua orang menonton saat Anda menavigasi buku kerja dan memperbarui konten. Namun bagaimana jika grup Anda dapat menggunakan waktu rapat tersebut dengan lebih efisien untuk menyelesaikan pekerjaan bersama?

Sebagai solusi, Microsoft meluncurkan sebuah solusi kolaborasi yang telah disempurnakan untuk mengerjakan workbook Excel, yakni Excel Live. Solusi ini akan membantu tim Anda untuk berkolaborasi secara real-time saat melakukan rapat virtual dengan Teams.

Solusi ini diperkenalkan kepada publik pada bulan Oktober 2022 setelah sebelumnya diluncurkan untuk pratinjau publik di Microsoft Inspire pada Juli 2022.

Cara kerja Excel Live di Microsoft Teams

  1. Untuk mulai menggunakan solusi ini, Anda cukup mengeklik opsi Share yang ada di halaman Teams. Gulir ke bawah ke pilihan Excel Live. Di situ Anda akan menemukan daftar workbook Excel terbaru.

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

  1. Untuk mulai berbagi, klik workbook yang ingin Anda bagikan. Anda akan diminta untuk memberikan akses edit ke file dengan peserta rapat lainnya. Klik Share.

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

  1. Setelah berbagi akses, setiap orang yang bergabung dalam rapat kini dapat menyunting file Excel yang sedang dibagikan dari layar rapat Teams. 

Baca juga: Tips Mengadakan Meeting Virtual Skala Besar dengan Microsoft Teams

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

Jendela rapat Teams kini menjadi kanvas interaktif bagi semua peserta untuk bekerja sama. Peserta dapat mengikuti penyaji, berinteraksi, mengedit workbook, sekaligus menyinkronkan kembali file—semuanya dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan layar rapat. Peserta bahkan tidak perlu menjalankan Excel di perangkat mereka.

Baca juga: Apa Yang Baru dalam Aksesibilitas Microsoft 365?

Excel Live juga mendukung Sheet View, yang memungkinkan semua orang menyunting workbook bersama-sama untuk membuat tampilan yang dikustomisasi guna mengurutkan atau memfilter informasi (tanpa mengganggu tampilan di layar peserta lainnya).

Workbook dimuat untuk setiap peserta dalam tingkat optimal dengan mempertimbangkan ukuran perangkat dan apa yang ditampilkan, dengan fleksibilitas untuk menyesuaikan zoom sesuai kebutuhan. Peserta rapat dapat berkolaborasi dengan di worksheet selama rapat dan menggunakan Show Changes untuk mengelola pengeditan yang dilakukan pada workbook.

Anda juga bisa mengakses Excel Live melalui Excel versi web. Cukup klik Share dan kemudian pilih opsi Work Together in Teams.

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

Excel Live juga tersedia untuk peserta yang bergabung menggunakan perangkat seluler dan tablet. 

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

Rapat virtual Teams makin interaktif dengan Excel Live

Excel Live dapat Anda manfaatkan dalam grup proyek yang melibatkan proses pembuatan, peninjauan, dan bahkan revisi workbook dalam rapat virtual Teams. Ini akan menghemat waktu kerja Anda secara efisien, bahkan memungkinkan kolaborasi real-time. Keuntungan lain yang ditawarkan Excel Live meliputi:

  • Menyederhanakan kolaborasi dengan menghilangkan kebutuhan untuk beralih antar program.
  • Mempromosikan inklusivitas dan mendorong kontribusi di antara peserta.
  • Menghemat waktu yang dihabiskan setelah rapat mencoba menangkap dan menggabungkan konten.
  • Mendorong produktivitas dan efisiensi dengan menindaklanjuti feedback secara real-time.

Baca juga: Cara Memigrasikan Pengguna Active Directory Lokal ke Google Cloud Managed Microsoft AD

Excel Live memanfaatkan web Excel dan kerangka kerja aplikasi Teams untuk pengalaman yang lebih interaktif. Dibangun di platform kolaborasi kantor dengan infrastruktur sinkronisasi baru yang mendukung penulisan bersama dan kolaborasi real-time.

Anda dapat mulai memanfaatkan solusi ini dengan berlangganan Microsoft 365 for Business yang tersedia di EIKON Technology. Sebagai Microsoft Partner, EIKON Technology menghadirkan paket langganan berlisensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments