EIKON TECHNOLOGY BLOG

Cara Mudah Membuat Microsoft Form Di Office 365


Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan untuk mengisi formulir seperti event feedback, order request, job application form, time off request, work request, customer feedback, market survey, kuis, pools, dan lain-lain sekarang bisa dilakukan dengan mengandalkan produk digital. Paperless, karena Anda tidak perlu lagi bersusah payah cetak kertas dan input hasil secara manual karena dengan produk digital menggunakan online form, semua bisa Anda lakukan mulai dari pengisian formulir hingga pengecekan hasil formulir.

 Microsoft Form, salah satunya. Microsoft Form adalah online survey creator milik Microsoft yang tersedia untuk Anda, pengguna Office 365. Dirilis oleh Microsoft pada bulan Juni 2016, Microsoft Form adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat survei, kuis, dan lainnya dengan hasil yang otomatis bisa dilihat tanpa perlu analisis yang rumit. Selain itu, data dari Microsoft Form ini juga langsung bisa diekspor ke Microsoft Excel.

Bagaimana cara membuat Microsoft Form di Office 365? Berikut tutorialnya!

  1. Log in di akun Office 365 Anda
  2. Klik explore all your apps kemudian pilih aplikasi Form
    Anda akan diarahkan menuju http://forms.microsoft.com
  3. Klik create new form1-2349.jpg
  4. Mulailah membuat formulir Anda
    2-1.jpg
    Beri judul, sub-judul, dan pertanyaan. Pada kolom pertanyaan, Anda bisa mengolah formulir Anda sesuai yang Anda mau. Anda bisa memilih tipe pertanyaan seperti Choice, Text, Rating, atau Date. Untuk menambah pertanyaan, Anda tinggal klik “Add Question”, aktifkan “long answer” jika Anda membutuhkan jawaban panjang dan “required” untuk pertanyaan yang wajib diisi.

    Pertanyaan Text juga memungkinkan Anda menetapkan batasan saat Anda harus memiliki nomor sebagai jawabannya. Klik tombol elipsis (…) lalu klik Restrictions. Anda dapat memilih untuk membatasi nomor dengan memilih dari berbagai pilihan seperti Greater Than, Less Than, Between, dan banyak lagi lainnya.
  5. Kelola pengaturan lainnya
    3.jpg
    Setelah selesai membuat formulir Anda, lakukan pengaturan lain pada menu Settings. Siapa saja yang dapat merespons formulir ini, jika semua orang maka pilih “anyone with the link can respond”. Copy link dan bagikan ke orang-orang yang Anda inginkan untuk mengisi formulir melalui Microsoft Form tersebut. Jika Anda memiliki tim, atur pada sub-menu Share to Collaborate untuk mengajak partner Anda melakukan penyuntingan pada formulir.
  6. Lakukan pengecekan ulang dengan klik Preview
    Cek kembali formulir yang telah Anda buat, pastikan tema formulir juga telah Anda atur sesuai dengan konsep formulir yang ingin Anda bagikan. Klik Preview sangat penting sebelum Anda mulai membagikan formulir Anda.
  7. Sebarkan link formulir
    4-95193238.jpg
    Jika Anda sudah yakin betul formulir yang telah Anda buat sudah benar, tidak ada perubahan lainnya, sebarkan dan tunggu orang lain akan mengisi formulir tersebut.
  8. Lihat respons Microsoft Form secara mudah
    5-1.jpg
    Mengecek hasil respons dari formulir yang Anda sebarkan, Anda hanya tinggal klik di fitur Response. Ini memberikan jawaban lengkap terkait apa yang sudah orang lain isikan pada formulir Anda. Selain itu, hasil respons ini juga bisa diekspor di Microsoft Excel jika Anda ingin mengolahnya sebagai data matang.

Mudah, bukan? Tanpa tutorial pun, jika Anda sudah mengakses Microsoft Form ini Anda akan langsung paham akan melakukan apa dan bagaimana karena Microsoft Form didesain dengan user frienndly yang sangat mudah digunakan. Tidak membutuhkan adaptasi yang lama dan rumit. Untuk Anda yang ingin bekerja secara produktif, tanpa perlu pikir panjang Anda harus menggunakan Microsoft Form karena kemudahan yang dibawanya. Segera miliki Office 365 dengan klik tautan berikut dan buatlah formulir Anda sendiri pada Microsoft Form sekarang!

 





Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of