EIKON TECHNOLOGY BLOG

5

Oct


Sudahkah Anda tahu bagaimana cara membalas email otomatis dengan Microsoft Flow? Microsoft Flow adalah aplikasi otomatisasi, sebuah layanan yang dibuat oleh Microsoft. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat workflow atau alur kerja otomatis antara aplikasi dan layanan favorit Anda, menyinkronkan data, mengumpulkan data, mendapat notifikasi, dan banyak lagi lainnya. Microsoft Flow merupakan layanan yang sangat memudahkan jika Anda memiliki rangkaian tugas atau pekerjaan yang berurutan dan berulang.

Membuat workflow atau alur kerja yang seperti apa sih yang dimaksud?

Contohnya seperti ini, Anda bisa upload gambar di instagram kemudian secara otomatis gambar yang Anda upload langsung tersimpan dengan rapi di Dropbox. Contoh lainnya, Anda bisa mendapatkan email, kemudian secara otomatis akan dibalas sesuai dengan perintah yang sudah Anda atur. Beragam aplikasi pada Microsoft Flow terhubung secara otomatis sehingga rangkaian tugas bisa Anda selesaikan dengan ekstra mudah. Dengan ini, tentu Anda bisa menghemat waktu menjadi lebih cepat, ringkas, dan efisien dari pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual. Work less, do more.

Dengan Microsoft Flow, Anda juga dapat membalas email otomatis. Anda tidak harus membuang waktu untuk cek semua email apalagi untuk email yang kurang penting. Membalas email secara otomatis tentu akan memudahkan pekerjaan Anda dan membuat waktu kerja Anda lebih produktif secara signifikan. Anda bisa lakukan filter email seperti apa yang ingin Anda balas secara otomatis. Anda bisa gunakan template yang sudah tersedia untuk membalas email otomatis. Contohnya, masukkan keywords yang Anda butuhkan dengan ketik “reply” kemudian Anda akan dihadapkan dengan pilihan seperti berikut.

reply1.JPG

Jika tidak ada template yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, Anda bisa membuat flow template sendiri.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membalas email otomatis atau membuat email autoreply dengan Microsoft Flow.

  1. Create a Flow From Blank
  2. Add a triger or connections
    Biasanya Anda akan disuguhkan suggestions yang sudah sering dipakai.
2add.JPG
  1. Pilih Office 365 Outlook - When a new email arrives
  2. Sign in di akun Office 365 Outlook Anda
    Pada tahap ini, Microsoft Flow akan membuat workflow yang akan diintegrasikan dengan akun email Anda.
3aa.JPG
  1. Lakukan pengaturan pada trigger "when a new email arrives"
4as.JPG
  1. Tambahkan new step dan atur Condition sesuai keinginan Anda
    Pada tahap ini, Anda bisa memilih email seperti apa yang ingin Anda balas secara otomatis, bagaimana balasannya, kata-katanya seperti apa, Anda bisa mengaturnya dengan mudah.
5aff.JPG
  1. Save flow
  2. Done
    Workflow Anda untuk membalas email secara otomatis telah selesai dibuat, ini akan langsung tersinkronisasi dengan email Anda jika Anda mengaktifkan flow. Anda juga bisa menonaktifkan sewaktu-waktu jika sudah tidak dibutuhkan.
6ss.JPG

Mudah, kan? Sekarang tidak perlu capek atau susah-susah melakukan filtering email karena bisa Anda balas secara otomatis menggunakan Microsoft Flow. Perlu Anda tahu, Microsoft Flow juga mendukung sistem administrator yang menggunakan layanan ini di bawah akun perusahaan. Setiap admin memiliki pengaturan pada Microsoft Flow Admin Center, dengan ini Anda dapat mengelola Data Group dan melakukan pengecekan terhadap seluruh proses otomatisasi yang dilakukan. Microsoft Flow saat ini telah tersedia dalam versi web, iOs, dan Android.

Gunakan aplikasi Microsoft Flow untuk memantau workflow secara otomatis Anda. Microsoft Flow salah satu aplikasi cerdas yang tersedia di Office 365. Untuk mulai membalas email otomatis pada Microsoft Flow, klik tautan berikut.

More About Office 365 >>

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates