Solusi Meningkatkan Kinerja dengan Microsoft Excel

 

Bagi pengguna OS Windows, Siapa sih yang tak mengenal Microsoft Office? Serangkaian program yang banyak digunakan dari mulai pelajar hingga pebisnis. Sebagai raksasa software, Microsoft, terus berinovasi mengembangkan berbagai produk termasuk si pintar Microsoft Office yang melakukan metamorfosa menjadi Microsoft Office 365. Secara garis besar, Office 365 merupakan Microsoft Office yang diberi kemampuan lebih seperti adanya fitur kolaborasi, penyimpanan online, dsb

Kali ini, kami akan membahas salah satu program dari Microsoft Office 365 yang sering digunakan untuk mengolah dan menghitung angka dan data. Yaps, Microsoft Excel.

Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh individu terutama bagi mereka yang bergelut dengan angka seperti Finance, Accounting, dsb. Namun ternyata kemampuan si pintar ini tak hanya sampai disitu. Microsoft Excel  juga bisa membantu menganalisis Bisnis Anda dengan berperan sebagai Inteligensi Bisnis. Fyi, Inteligensi Bisnis (IB) atau Business Intelligence (BI) merupakan sekumpulan teknik, metode dan alat yang berfungsi untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna serta mudah dipahami.

Microsoft Excel 365 tentu akan membantu untuk memaksimalkan kapabilitas IB bagi Anda maupun perusahaan dan memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data, memvisualisasikan data, dan berbagi informasi dengan orang-orang dalam organisasi Anda yang dapat dibuka dibeberapa perangkat, dsb.

Eksplor Fitur Excel Lebih Jauh

Banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan Microsoft Excel, Saat ini kami akan membahas 4 hal yang dapat dilakukan:

Mengumpulkan Data

Di Excel, Anda memiliki banyak pilihan untuk mengumpulkan dan merapikan data, seperti:

  • Menggabungkan data dari berbagai sumber dan atau menggunakannya untuk membuat tabel, laporan, dll.
  • Anda dapat membuat beberapa halaman dalam 1 file dengan memanfaatkan fitur “sheets”

Visualisasi Data

Setelah terkumpul, tentukan bagaimana Anda menyajikan data agar dapat mudah dipahami. Anda dapat mengatur teks dan numerik, me-layout hingga mentransformasikan data menjadi grafik, tabel, diagram dan membedakan setiap data dengan sentuhan warna berbeda.

Menambahkan Filter

Tak lupa, Excel juga memberikan fitur filter, sehingga pengguna dengan mudah memilih dan memilah data mana yang ingin diperlihatkan menjadi lebih spesifik.

Meningkatkan kemampuan analisis

Ketika rangkaian tersebut sudah Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa meningkatkan fungsi Inteligensi Bisnis bagi perusahaan dengan berbagai fitur andalan dari Microsoft Excel. Seperti: penggunaan PivotTable untuk menganalisa tabel, Penggunaan smartsheet yang memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi secara langsung (live collaboration), dan masih banyak lagi fitur yang bisa dikembangkan.

Ketika Anda sudah bisa mengeksplor penggunaan fitur di Excel, tentunya akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat, terutama yang sering bersinggungan dengan angka dan data. Fitur-fitur tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan sehingga dapat meningkatkan kinerja dan efektifitas.

Selain Microsoft Excel, tidak ada salahnya Anda juga mencoba kemampuan yang dimiliki oleh ‘teman’ dari Excel seperti Microsoft Word, PowerPoint, dll. Untuk merasakan pengalaman lebih mutakhir dari serangkaian Microsoft Office, gunakan Microsoft Office 365 yang bisa Anda dapatkan di EIKON Technology sebagai partner resmi dari Microsoft. 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of