SMAK 1 BPK Penabur Jakarta Coba Aplikasi Sekolah Berbasis Web Di Google Class

Aplikasi Sekolah Berbasis Web – SMAK 1 BPK Penabur Jakarta mendapat kesempatan menarik dengan hadirnya Google Class pada 17-18 September 2015 lalu. Pelatihan yang dilakukan Google Indonesia dan EIKON Technology sebagai Google Apps Reseller dalam rangka meningkatkan SDM guru menghadapi 21-st Century Learning. Sebelumnya sudah dilakukan pelatihan penggunaan Google Apps for Education dalam pembelajaran, kini dilanjutkan pelatihan penggunaan Chromebook.

Dengan hadirnya Google Class ini diharapkan para siswa dan staff dapat memanfaatkan teknologi dan inovasi Google untuk sarana belajar dan bekerja yang efektif, efisien, dan produktif.

Penggunaan Classroom Pada Google Apps for Education

Aplikasi sekolah berbasis web menjadi salah satu tren yang diprediksi akan berkembang seiring dengan pertumbuhan teknologi yang pesat. Perubahan ini membawa angin segar pada bagaimana ilmu pembelajaran di sekolah dapat tersampaikan dengan lebih optimal.

Kenyataan ini sangat mempengaruhi cara belajar siswa. Guru sebagai pembimbing dan mentor harus sigap menyikapi perubahan ini dengan turut mengembangkan diri dan selalu memperkaya pengetahuan serta informasi untuk menuntun murid kearah yang lebih baik.

Staff dari EIKON Technology sebagai representatif dari Google memperkenalkan fitur Classroom, yaitu kelas online khusus di Google Apps for Education. Classroom atau kelas online ini sebagai sarana atau wadah bagi siswa dan guru untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar secara online, sehingga siswa dapat mengakses materi belajar bahkan ketika ia sedang tidak masuk sekolah.

Classroom mempermudah kolaborasi antara guru dan siswa untuk mendapatkan informasi secara digital seperti:

  • Mengumpulkan tugas secara online dalam satu wadah
  • Memudahkan guru dalam distribusi materi pembelajaran tanpa harus meng-copy berlembar kertas
  • Memudahkan siswa dalam mengakses materi pembelajaran dengan mudah dari perangkat apa saja seperti smartphone, tablet, laptop, atau komputer rumah, sehingga tak ada batasan untuk belajar kapan saja, dimana saja.
  • Membantu guru untuk mengatur kegiatan di kelas

Para Siswa dan Staff Jajal Chromebook Dalam Sesi Google Class

google class

Para siswa, guru, dan staff juga mendapat kesempatan dalam menjajal laptop jenis baru besutan Google, yakni Chromebook, untuk merasakan integrasi yang optimal dalam pembelajaran menggunakan Classroom pada Google Apps for Education. Chromebook digunakan siswa mengakses materi pembelajaran yang sudah dirancang dan disiapkan oleh masing-masing guru.

Selain manfaat untuk guru dan siswa, penggunaan aplikasi sekolah berbasis web seperti Google Apps for Education dapat memberi fleksibilitas dan efisiensi pada staff. Berisikan rangkaian alat produktivitas yang berisikan email professional dengan domain sekolah Anda (misalnya, @namasekolahanda.edu sebagai ganti @gmail.com), akses bersama yang terintegrasi dari email ke Drive, Kalender, dan Dokumen lainnya.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dengan Memanfaatkan Teknologi Yang Tepat Guna

Dewasa ini, kita dituntut untuk sadar teknologi dan fleksibel akan perubahan yang dapat terjadi dengan cepat. Seiring dengan jaman yang semakin berkembang, memungkinkan para siswa untuk belajar dimana saja, kapan saja, melalui perangkat mobile. Google Apps for Education menjembatani kebutuhan siswa dan guru untuk:

  • Berkolaborasi
  • Berbagi dokumen
  • Berdiskusi mengenai suatu materi belajar secara real-time
  • Mengumpulkan tugas tanpa repot

Dan banyak hal lainnya, sehingga baik siswa dan guru dapat belajar dengan efektif. Beberapa lembaga pendidikan lain seperti British School of Jakarta, Universitas Negeri Surabaya, ITS Surabaya, Universitas Gajah Mada dsb., telah bergabung dengan EIKON Technology sebagai partner resmi dan penyedia layanan Google Apps for Education untuk menciptakan sarana belajar dan bekerja yang lebih baik.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments