15 Tahun OneDrive Microsoft: Hadirkan Pengalaman Baru yang Lebih Intuitif

Pada tanggal 9 Agustus 2022 lalu, OneDrive Microsoft merayakan ulang tahun yang ke-15. Memasuki usia baru ini, apa saja layanan yang telah dihadirkan oleh OneDrive. Bagaimana dengan potensi pengembangannya? Mari simak cerita selengkapnya berikut ini.

Sejarah OneDrive Microsoft

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

Sejarah OneDrive dimulai pada Agustus 2007 ketika Microsoft pertama kali meluncurkan sistem penyimpanan cloud yang memungkinkan penggunanya berbagi dan menyinkronkan file di cloud. Setahun kemudian, OneDrive menambahkan kemampuan untuk menyimpan dan mengakses foto dan video. Di 5 tahun pertamanya, OneDrive mengalami pertumbuhan yang begitu cepat. Penyebabnya tak lain adalah karena perusahaan mulai memindahkan solusi produktivitas dan kolaborasi mereka ke cloud dengan Microsoft 365 dan orang-orang mulai mengandalkan perangkat seluler mereka untuk mengelola semuanya, mulai dari foto pribadi ke email dan file kantor mereka.

Baca juga: What’s Next In Security: Update Keamanan Microsoft untuk Ancaman Kompleks

Sejak tahun 2016, Gartner® telah mengakui Microsoft sebagai Leader in the Content Services Platforms Magic Quadrant. Nilai yang diberikan OneDrive telah berkembang dari sekadar tempat untuk berbagi file menjadi sebuah wadah untuk berkolaborasi dengan anggota tim internal dan kolega eksternal dengan andal, lancar, dan aman di semua faktor baik melalui desktop, seluler, maupun web. Dalam lima tahun terakhir, OneDrive telah meningkatkan pengguna aktif bulanan sebesar 240 persen. Para pelanggan pun mengandalkan OneDrive untuk model kerja hybrid.

Memperkenalkan pengalaman OneDrive Home baru

Momen anniversary ini juga sekaligus menjadi momen bagi OneDrive untuk memperkenalkan pengalaman OneDrive Home baru. Pembaruan ini dirancang untuk membantu Anda melanjutkan pekerjaan dengan mudah dan mengejar apa yang terlewat. Segera, OneDrive akan menampilkan file Anda yang paling relevan dan mencantumkan file terbaru Anda bersama dengan pembaruan aktivitas apa pun, sehingga Anda dapat melihat semuanya secara sekilas dan dengan cepat menyusun daftar prioritas tugas kerja. file

OneDrive Microsoft juga telah menambahkan fitur “Recent” ke OneDrive Home. Ini akan memastikan bahwa ketika Anda mulai bekerja, bisa langsung menemukan file yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Kini Anda juga dapat memfilter menurut jenis file (.docx, .pptx, .xlsx, dan .pdf) menggunakan tombol di bagian atas daftar Recent file.

OneDrive Home beru ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang. Pengalaman baru di ini akan diluncurkan ke OneDrive untuk pengguna kantor dan sekolah.

Hadirkan pengalaman yang konsisten untuk semua jenis file

OneDrive berdedikasi untuk memberikan pengalaman kolaboratif yang koheren di seluruh Microsoft 365. Platform ini juga telah mendukung pengalaman berbagi yang lebih intuitif di seluruh aplikasi Office, OneDrive, SharePoint, dan Teams yang memberi Anda cara cepat dan andal untuk memberikan akses ke informasi, menyetel kontrol berbagi terperinci, melihat semua orang yang telah Anda bagikan file, dan mengelola pengaturan akses.

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

OneDrive juga merancang familiar files experience di OneDrive, SharePoint, dan Microsoft Teams, sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan file untuk dibagikan dengan rekan kerja. Entah itu untuk menelusuri, memindahkan, atau menyalin file di OneDrive atau saluran Microsoft Teams, menambahkan pintasan ke OneDrive dari pustaka dokumen di situs SharePoint atau Teams, pengalaman Anda akan selalu koheren dan konsisten.

Baca juga: Mengenal Resources dan Tools Baru Microsoft Azure untuk Implementasi AI yang Lebih Aman

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

Cara baru membagikan kenangan Anda

Sejak 2007, OneDrive telah berkomitmen untuk melindungi seluruh file Anda yang tersimpan di cloud. Sekarang, komitmen tersebut ditingkatkan dengan menghadirkan pengalaman berbagi foto yang diperbarui untuk menghidupkan kembali kenangan seumur hidup

Photo Credit: Microsoft 365 Blog

OneDrive photo story membawa semua kenangan Anda ke dalam feed pribadi yang dapat Anda bagikan dengan keluarga dan teman. Fitur ini juga telah dilengkapi dengan komentar, reaksi, dan pemberitahuan untuk memacu interaksi otentik. OneDrive photo story kini tersedia di Australia melalui aplikasi seluler OneDrive untuk Android dan iOS dan dapat diakses melalui browser web favorit Anda. Nantinya fitur ini juga akan diluncurkan di wilayah lain nanti pada tahun 2023.

Baca juga: Reading Coach, Tool Baru dari Microsoft Education untuk Tingkatkan Literasi

Menyambut usia barunya, OneDrive Microsoft menghadirkan beberapa pembaruan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan OneDrive sebagai solusi penyimpanan berbasis cloud, kami dari EIKON Technology siap membantu. Sebagai Microsoft Partner, EIKON Technology telah berpengalaman dalam implementasi solusi yang ditawarkan oleh Microsoft. Tertarik? Silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments