5 Fitur Baru Microsoft Teams untuk Kegiatan Belajar Daring

Di masa pandemi, kegiatan belajar dan mengajar berubah menjadi sistem daring dan pertemuan tatap muka dikurangi. Otomatis, sarana pembelajaran pun berubah. Papan tulis dan spidol berubah menjadi laptop dan aplikasi video meeting.

Untuk kegiatan belajar dan mengajar, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi video meeting yang memang dikhususkan untuk pendidikan, seperti Microsoft Teams. Platform kolaborasi dari Microsoft ini memiliki segmen Education yang memang dikhususkan untuk kegiatan belajar dan mengajar baik itu secara daring maupun hibrid (kombinasi daring dan luring).

Microsoft Teams terus melakukan peningkatan fitur untuk memenuhi segala kebutuhan tenaga pendidik maupun siswa. Berikut adalah beberapa fitur terbaru dari Microsoft Teams for Education yang bisa Anda manfaatkan dalam kegiatan belajar daring.

Reading Progress

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Membaca adalah suatu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar. Biasanya, aktivitas membaca digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

Untuk membantu para guru dan tenaga pendidik dalam memandu aktivitas membaca para siswa, Microsoft Teams meluncurkan Reading Progress. Fitur terbaru dari Teams ini bisa digunakan untuk memantau perkembangan siswa dalam membaca materi.

Selain itu, bagi Anda pengajar materi bahasa Inggris, Reading Progress juga bisa digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam membaca kalimat berbahasa Inggris. Sistem dapat menilai kemampuan baca siswa secara otomatis, bahkan mendeteksi kesalahan. Namun, Anda juga bisa melakukan penilaian manual dengan menonaktifkan menu “Auto-detect”.

Navigasi class team yang lebih mudah

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Dalam update terbaru Microsoft Teams, guru dapat mengakses fitur Assignments, Grades, Class Notebook, dan Insights dari channel mana pun yang ada di dalam class team. Pada halaman muka class team  Anda bisa langsung menemukan navigasi yang telah ditingkatkan dan lebih mudah digunakan.

Update ini tersedia baik untuk pendidik maupun siswa yang menggunakan tampilan grid. Selain itu, administrator kini juga bisa menghapus navigasi yang telah disematkan sebelumnya. Jadi, pada navigasi siswa hanya akan ditampilkan Class Notebook, Assignments, serta Grades.

Education Insights

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Agar kegiatan belajar mengajar tetap lancar, pendidik sebaiknya memiliki gambaran mengenai kondisi siswa mereka. Namun pendidik bukanlah superhero yang memiliki kekuatan untuk membaca pikiran. Teams menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dengan meluncurkan fitur Education Insights.

Melalui Education Insight, pendidik bisa mengakses informasi yang berhubungan dengan kondisi siswa seperti data kehadiran, keterlibatan tugas, hingga aktivitas kelas. Informasi tersebut kemudian bisa diolah untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi siswa.

Tersedia versi mobile

Untuk memudahkan Anda mengakses informasi siswa, Microsoft juga meluncurkan Education Insights dalam versi mobile. Dalam versi mobile ini bahkan tersedia fitur chat. Dengan begitu, Anda bisa langsung berkomunikasi dengan siswa saat dirasa ada yang perlu dikonsultasikan.

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Dynamic View

Fitur berikutnya yang ditambahkan pada Microsoft Teams Education adalah Dynamic View. Dengan Dynamic View, seluruh konten di dalam class dapat ditampilkan. Video presentasi dapat ditampilkan berdampingan dengan video peserta class. Selain itu, komentar dari chat juga bisa langsung dimunculkan. Dynamic View sekarang tersedia dalam Teams versi desktop dan mobile.

Lebih banyak bahasa dalam live captions

Selain Dynamic View, untuk menunjang class, Teams juga meningkatkan kemampuan live captions mereka. Sekarang telah tersedia 27 bahasa dalam live captions Teams. Dengan mengaktifkan live captions ini, Anda akan langsung menemukan real-time caption saat kelas berlangsung.

Firefly untuk kelas yang lebih interaktif

Photo Credit: Rawpixel

Salah satu tantangan dalam menjalankan kelas daring adalah mempertahankan atensi siswa. Di kelas daring, siswa akan cenderung mudah kehilangan fokus atau bahkan merasa jenuh. Sebagai solusi, pendidik biasanya merancang kelas yang dinamis dan interaktif. Sayangnya, merancang kelas interaktif bukanlah sebuah hal mudah.

Teams menjawab tantangan tersebut dengan meluncurkan Firefly. Melalui Firefly, guru bisa mendapatkan akses menuju tools dan resources lain untuk merancang kelas interaktif. Semuanya tersedia dalam satu tempat, Firefly.

Kegiatan belajar dan mengajar daring tentu menghadirkan tantangan-tantangan baru yang tidak Anda temukan dalam model belajar konvensional. Tidak ada salahnya untuk mulai memanfaatkan teknologi dalam merancang sistem belajar daring.

Bagi Anda yang masih kesulitan dalam merancang kegiatan belajar yang interaktif, Microsoft Teams for Education bisa dijadikan pilihan. Teams for Education menawarkan beragam fitur yang memudahkan sistem belajar daring seperti Teams Class, Reading Process, dan juga Firefly yang baru saja dirilis.

Seluruh fitur dan layanan dalam Microsoft Teams bisa Anda nikmati dengan berlangganan Microsoft 365. Tertarik untuk mencoba? EIKON Technology menawarkan paket Free Trials khusus untuk Anda! Klik di sini untuk terhubung langsung dengan EIKON Technology.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments