Kelola eSignature di Google Workspace Kini Jadi Makin Mudah, Begini Caranya

Akhir bulan Juni 2024 ini Google Workspace meluncurkan beberapa update. Salah satunya adalah update untuk pengelolaan eSignature. Simak detail selengkapnya berikut!

Update eSignature Google Workspace

Update terbaru eSignature Google Workspace akan membantu administrator dalam mengelola kemampuan pengguna saat mereka meminta eSignature. Untuk mengonfigurasi setelan ini, administrator cukup masuk ke menu Apps di konsol Admin. Selanjutnya, pilih opsi Google Workspace > Drive and Docs > eSignature. Admin dapat mengelola akses eSignature di tingkat organizational unit (OU) maupun grup, seperti tampak dalam gambar berikut:

Photo Credit: Google Workspace Updates

Melalui pemutakhiran ini, admin dapat mengelola akses ke eSignature sebelum fitur diluncurkan ke end user. Itu artinya, hanya kelompok yang sesuai yang akan diperbolehkan untuk meminta eSignature. Penting untuk diingat, kontrol admin tidak membatasi pengguna untuk memberikan eSignature melalui fitur tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Tanda Tangan Elektronik yang Tepat untuk CRM Bisnis Anda

eSignature untuk Google Docs akan segera diluncurkan untuk end user

Mengikuti update ini, Google Workspace akan meluncurkan eSignature untuk Google Docs kepada end user. Fitur tanda tangan elektronik ini menawarkan berbagai kapabilitas untuk membantu Anda menyederhanakan proses permintaan dan pengambilan tanda tangan elektronik. Secara khusus, dengan fitur ini Anda dapat:

  • Meminta eSignature, termasuk tanda tangan elektronik tidak hanya dari satu pengguna saja, bahkan dari pengguna non-Gmail;
  • Melihat status tanda tangan yang tertunda dan memastikan tanda tangan sudah dibubuhkan pada formulir atau kontrak yang Anda ajukan;
  • Menyimpan templat kontrak untuk memulai beberapa permintaan eSignature;
  • Melihat jejak audit kontrak yang telah selesai;
  • Menggunakan kolom teks khusus untuk meminta informasi tambahan dari penanda tangan, seperti jabatan, alamat email, dan lainnya;
  • Menandatangani kontrak dari PC maupun perangkat seluler.

Baca juga: eSignature untuk Google Docs dan Drive, Apa Keunggulannya?

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Freepik

Bagi administrator, fitur ini akan otomatis aktif (secara default) dan dapat dikonfigurasi, baik di tingkat OU, maupun grup. Anda dapat mengunjungi dokumentasi dari Google Workspace ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang eSignature Workspace.

Ketersediaan

  • Pengaturan administrator

Untuk domain rilis cepat dan rilis terjadwal: Rollout penuh (1-3 hari untuk visibilitas fitur) pada tanggal 24 Juni 2024.

  • Bagi end user

Untuk domain rilis cepat dan rilis terjadwal: Rollout bertahap (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur) mulai tanggal 15 Juli 2024.

Fitur eSignature ini tersedia bagi pelanggan Google Workspace edisi Business Standard dan Plus, Enterprise Starter, Standard, dan Plus, Enterprise Essentials dan Essentials Plus, serta Education Plus.

Baca juga: eSignature Kini Tersedia bagi Pelanggan Google Workspace Individual

Hadirnya fitur eSignature ini akan memudahkan Anda untuk menambahkan tanda tangan elektronik secara mudah tanpa berpindah dokumen dan aplikasi. Agar performa fitur baru ini lebih optimal, jangan lupa berlangganan edisi Workspace yang memenuhi syarat pengajuan eSignature, seperti Workspace for Business yang bisa Anda dapatkan di EIKON Technology, partner resmi Workspace Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments