Bagaimana Google Workspace Dapat Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Meningkatkan Produktivitas Perusahaan – Kesuksesan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh produktivitas kerja para anggota tim. Idealnya, semakin tinggi tingkat produktivitas, maka peluang mencapai kesuksesan juga semakin besar. Di sinilah Google Workspace dapat membantu Anda dan tim mewujudkan hal tersebut.

Pertama diluncurkan pada 2006, Google Workspace menyediakan berbagai produk, perangkat, dan software untuk menunjang pekerjaan. Seluruh produk tersebut berbasis teknologi cloud-computing sehingga juga memudahkan kolaborasi antar anggota tim. Lantas, bagaimana Google Workspace ambil bagian dalam cara meningkatkan produktivitas perusahaan?

Kolaborasi secara real-time dalam satu dokumen

Photo Credit: Tiger Lily (Pexels)

Aktivitas bisnis tidak terlepas dari pembuatan berbagai dokumen, mulai dari kontrak kerja, laporan keuangan, hingga deck untuk presentasi. Google Workspace memfasilitasi kebutuhan tersebut melalui Google Docs, Sheets, dan Slides yang memungkinkan kolaborasi secara real-time.

Yes, bahkan kolaborasi dalam satu dokumen yang sama!

Sebagai contoh, katakanlah Anda baru saja membuat laporan proyek di Google Docs. Setelahnya, Anda bisa mengundang atasan dan rekan kerja lain untuk mengakses file tersebut. Nantinya, mereka tidak hanya bisa memeriksa file, tapi juga meninggalkan komentar atau langsung melakukan editing.

Menariknya lagi, Google Docs—begitu juga Sheets dan Slides—akan tetap menyimpan versi-versi terdahulu dari file Anda. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda masih harus mengakses file versi orisinal, Anda bisa menemukannya dengan mudah. Kepraktisan yang ditawarkan Google Workspace pun bisa menjadi cara meningkatkan produktivitas perusahaan secara efektif.

Akses data lebih cepat melalui Google Drive dan Vault

Photo Credit: Nathana Reboucas (Unsplash)

Jangan sampai produktivitas terganggu karena Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari suatu dokumen atau data. Sebagai solusinya, simpan seluruh data Anda secara digital di Google Drive dan Google Vault. Adanya fitur Search akan memudahkan Anda dalam mengakses data yang diinginkan sehingga lebih hemat waktu.

Lalu, apa perbedaan antara Drive dan Vault? File yang disimpan di Google Drive masih dapat Anda edit, cocok untuk data yang masih harus dikerjakan secara kolaborasi. Sementara itu, Google Vault digunakan untuk menyimpan file yang sudah dalam versi final, biasanya untuk dokumen yang sifatnya cukup sensitif atau tingkat kerahasiaannya tinggi.

Google Calendar mempermudah penjadwalan meeting

Bagaimana Google Workspace Dapat Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Photo Credit: Nadeena Granville (Unsplash)

Tahukah Anda bahwa tiap bulannya, rata-rata seorang pekerja kantoran menghabiskan lebih dari 31 jam mengikuti meeting yang sifatnya kurang produktif? Bukan hanya meeting tersebut yang membuang waktu, tapi juga proses penjadwalannya, apalagi jika Anda menggunakan aplikasi yang tidak tepat.

Untungnya, hal tersebut bisa Anda hindari dengan menggunakan Google Calendar. Melalui aplikasi Google Workspace satu ini, Anda dan tim bisa saling share Calendar dan melihat jadwal satu sama lain. Dengan begitu, penjadwalan meeting pun jadi lebih mudah.

Namun, lebih dari itu, Google Calendar juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas produktif lainnya. Beberapa di antaranya adalah mengaktifkan reminder untuk event mendatang, mengirimkan undangan meeting ke email peserta, dan memindahkan data dari aplikasi Calendar eksternal seperti Exchange atau Outlook.

Komunikasi lancar dengan Google Meet

Photo Credit: Anna Shvets (Pexels)

Dengan berlangganan Google Workspace, Anda juga memiliki akses untuk menggunakan Google Meet, sebuah aplikasi online video conference. Bagi Anda yang memiliki anggota tim tersebar di banyak tempat, Google Meet dapat menjadi cara meningkatkan produktivitas perusahaan secara hemat dan efektif.

Pengeluaran bisa ditekan karena Anda tidak perlu membayar akomodasi penginapan dan transportasi untuk bertemu langsung. Aktivitas meeting dan diskusi tetap bisa dilakukan secara virtual melalui Google Meet.

Melalui berbagai aplikasi yang dilengkapi beragam fitur, Google Workspace dapat menjadi cara meningkatkan produktivitas perusahaan secara efektif. Kini berlangganan Google Workspace bisa dilakukan secara lebih mudah melalui EIKON Technology.

Tersedia dalam tiga tipe paket langganan, Anda bisa memilih salah satu yang paling memenuhi kebutuhan. EIKON Technology akan membantu Anda dalam mengambil keputusan, tentunya dengan ditemani tim profesional dan berpengalaman.

Hubungi EIKON Technology sekarang juga untuk mendapatkan Google Workspace bagi perusahaan Anda!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments