Fitur Context-Aware Access di Google Workspace untuk Penolakan Akses dengan Konteks

Bagi Anda administrator Google Workspace yang menggunakan fitur Context-Aware Access, kini tersedia kapabilitas user remediation (perbaikan pengguna) yang dapat memberikan lebih banyak informasi kepada end-user saat akses mereka diblokir. Fitur ini akan membantu end-user memahami dengan cepat langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk mengakses kembali Google Workspace.

Mengenal fitur Context-Aware Access

Dengan fitur Context-Aware Access, Anda dapat membuat kebijakan kontrol akses granular ke aplikasi berdasarkan atribut seperti identitas pengguna, lokasi, alamat IP, dan bahkan status keamanan perangkat yang digunakan pengguna.

Context-Aware Access memberi Anda kontrol atas aplikasi mana yang dapat diakses pengguna berdasarkan konteksnya, seperti apakah perangkat mereka mematuhi kebijakan TI Anda. Meski begitu, Anda masih dapat menyetel kebijakan akses, seperti 2-Step Verification, untuk semua anggota unit perusahaan atau grup. Context-Aware Access menyediakan kontrol granular dan kontekstual tambahan untuk pengguna tersebut.

Baca juga: Meningkatkan Keamanan Konsol Admin Google Workspace dengan Akses Kontekstual

Mengapa update ini penting?

Context-Aware Access memungkinkan admin untuk menetapkan kebijakan kontrol akses granular ke aplikasi berdasarkan atribut seperti identitas pengguna, lokasi, status keamanan perangkat, dan alamat IP. Jika pengguna atau perangkat tidak memenuhi persyaratan, mereka tidak akan dapat mengakses aplikasi yang dimaksud.

Sebelum update ini, satu-satunya tindakan bagi end user adalah menghubungi admin mereka untuk dukungan lebih lanjut, yang menyebabkan penundaan, penghentian, dan panggilan dukungan yang tidak perlu. Kapabilitas user remediation ini memungkinkan admin untuk memberikan detail kepada pengguna tentang mengapa akses mereka ditolak dan langkah apa yang perlu diambil untuk memulihkan akses.

Selanjutnya, setelah admin mengaktifkan remediasi, mereka akan melihat pesan di Admin console yang mencatat apakah remediasi diaktifkan. Setiap tindakan remediasi disesuaikan dengan atribut yang menyebabkan akses ditolak. Kunjungi Help Center untuk daftar kemungkinan tindakan perbaikan yang dapat ditampilkan kepada pengguna akhir.

Baca juga: Meningkatkan Keamanan Akses Penyimpanan Data Google Cloud Melalui Enkripsi Data Ubiquitous

Mulai menerapkan kapabilitas user remediation

Admins: Admin dapat menerapkan pesan remediasi baru dalam bagian Context-Aware Access dari UI admin dengan menavigasi ke Security > Context-Aware Access > User Message. Kunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengizinkan pengguna membuka blokir aplikasi dengan pesan perbaikan di Context-Aware Access.

Photo Credit: Google Workspace Updates

End-users: End-users akan melihat pesan berikut jika mereka mencoba mengakses aplikasi Google Workspace saat akses tidak diizinkan.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Ketersediaan fitur

Fitur ini tersedia untuk pelanggan Google Workspace Enterprise Plus, Education Plus, dan Cloud Identity Premium. Perlu diingat, fitur ini tidak tersedia untuk pelanggan paket Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Education Fundamentals, Frontline, dan Nonprofits, serta pelanggan lama G Suite Basic dan Business.

Tanggal peluncuran baik untuk domain rapid release maupun scheduled release akan dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 6 Juni 2022 hingga 15 hari ke depan.

Baca juga: Memanfaatkan Google Workspace untuk Perlindungan Keamanan Siber

Dengan adanya kapabilitas user remediation dalam fitur Context-Aware Access, end-user bisa segera tahu mengapa aksesnya menuju suatu aplikasi ditolak. Administrator pun bisa langsung mengambil langkah mitigasi yang diperlukan.

Google Workspace memang tidak sekadar memberikan ruang produktivitas yang memungkinkan Anda untuk berkolaborasi, tapi juga memberikan perlindungan terbaik. Dengan begitu, Anda bisa bekerja di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Untuk pemasangan Google Workspace skala besar, Anda dapat menghubungi EIKON Technology, authorized reseller produk-produk Google untuk Indonesia. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments