Kelebihan Google Docs untuk Membuat Dokumen Secara Efektif

Kelebihan Google Docs untuk Membuat Dokumen – Google Docs adalah layanan berbasis web dari Google yang ditujukan untuk aktivitas mengolah kata atau membuat dokumen. Pada dasarnya, fungsinya mirip dengan Microsoft Word yang digunakan banyak orang untuk melakukan aktivitas serupa. Namun, Google Docs menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat memudahkan proses pembuatan dokumen Anda.

Apa saja kelebihan Google Docs tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Mudah kolaborasi mengerjakan dokumen yang sama

Photo Credit: Ron Lach (Pexels)

Salah satu kelebihan utama yang ditawarkan Google Docs adalah fitur kolaborasi. Satu dokumen Google Docs dapat dikerjakan bersama-sama oleh banyak orang sekaligus. Lalu, karena sifatnya yang berbasis web, Anda dan tim pun bisa mengaksesnya dari mana pun dan kapan pun.

Sebagai contoh, katakanlah Anda baru saja selesai menulis dokumen dan membutuhkan bantuan untuk proofread dan editing. Anda bisa langsung mengundang editor atau rekan kerja lain untuk membaca dan mengedit hasil tulisan Anda di Google Docs. Tenang saja, Anda dapat mengontrol agar orang-orang tertentu saja yang memberikan perubahan pada tulisan Anda.

Tidak hanya itu, kolaborasi juga bisa dilakukan melalui chat dan comments. Jadi, jika misalnya Anda dan tim sedang online dalam waktu bersamaan, Anda bisa berkomunikasi melalui fitur chat di dalam Google Docs. Tidak ketinggalan fitur comments untuk memberikan komentar atau masukan pada bagian tulisan tertentu.

Bisa melacak perubahan pada dokumen

Photo Credit: Startup Stock Photos (Pexels)

Berkolaborasi artinya akan ada perubahan pada dokumen yang Anda kerjakan. Tak perlu khawatir karena kelebihan Google Docs juga mencakup fitur Track Changes pada dokumen. Artinya, Anda bisa melacak setiap perubahan yang terjadi pada dokumen, baik secara real-time maupun tidak.

Dengan begini, Anda jadi bisa lebih mudah memonitor progress dari suatu pengerjaan dokumen. Berdasarkan hal tersebut, nantinya Anda dapat mengambil langkah follow up yang sesuai sehingga dokumen pun dapat selesai tepat waktu.

Tak perlu khawatir lupa menyimpan dokumen

Kelebihan Google Docs untuk Membuat Dokumen

Photo Credit: Courtney Corlew (Unsplash)

Salah satu kekhawatiran yang umum dirasakan saat membuat dokumen adalah perangkat mati karena listrik padam. Padahal, Anda belum sempat menyimpan tulisan. Alhasil saat perangkat sudah bisa dinyalakan, progress tulisan Anda tidak dapat terselamatkan.

Dengan menggunakan Google Docs, Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut karena sudah adanya fitur AutoSave. Selagi Anda mengetik atau mengerjakan dokumen, Google Docs akan secara otomatis menyimpan pekerjaan Anda.

Kelebihan Google Docs satu ini tentu akan membantu Anda menghemat banyak waktu karena Anda tak perlu berulang kali menekan tombol Save. Anda pun bisa lebih fokus mengerjakan dokumen hingga selesai.

Akses membuat dokumen di berbagai perangkat

Kelebihan Google Docs untuk Membuat Dokumen

Photo Credit: Chris Spiegl (Unsplash)

Umumnya, penulisan suatu dokumen memang dilakukan di perangkat desktop atau laptop. Namun, pada saat-saat tertentu atau darurat, tidak menutup kemungkinan Anda harus mengakses dokumen tersebut melalui perangkat lain seperti tablet atau smartphone. 

Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut selama menggunakan Google Docs. Inilah kelebihan Google Docs yang lain, yaitu dapat diakses dari berbagai perangkat. Karena adanya fitur AutoSave, Google Docs pun akan selalu menampilkan versi terbaru dari dokumen Anda meskipun Anda mengaksesnya dari perangkat berbeda.

Tetap kompatibel dengan Microsoft Word

Photo Credit: Romain V (Unsplash)

Apakah ada dari Anda yang saat ini masih menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen? Tak perlu khawatir karena Google Docs sudah sangat kompatibel dengan aplikasi Microsoft Word.

Anda bisa membuka dan mengedit dokumen Microsoft Word secara langsung di Google Docs dengan memasang extension Chrome khusus. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengunduh file Google Docs dalam format Word (.docx). Caranya pun sangat mudah diterapkan.

Buka dokumen yang hendak diunduh, lalu klik File Download – Microsoft Word (.docx). Sebaliknya, Anda juga dapat mengunggah dokumen Word ke Google Docs secara mudah. Tenang saja, konten dokumen yang Anda unggah maupun unduh tidak akan berubah formatnya.

Berbagai kelebihan Google Docs tersebut dapat mendukung proses pembuatan dokumen Anda. Pengalaman dalam menggunakan Google Docs tersebut bisa lebih optimal dengan berlangganan Google Workspace, layanan berisi ragam aplikasi buatan Google yang fokus menunjang pekerjaan serta produktivitas Anda.

Jadi, tak hanya Google Docs, Anda juga akan mendapatkan akses maksimal untuk menggunakan Google Sheets, Google Slides, Gmail, Drive, Calendar, dan masih banyak lagi. Cara berlangganan Google Workspace pun sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungi EIKON Technology, partner resmi penjualan produk-produk Google di Indonesia.

Langsung saja klik di sini untuk berlangganan Google Workspace!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments