Kelebihan Google Meet untuk Pembelajaran Online

kelebihan Google Meet  – Selama ini, Google Meet mungkin lebih dikenal sebagai perangkat yang digunakan para pelaku bisnis untuk melakukan online video conference. Hal tersebut memang tidak salah, tapi sebetulnya Google Meet juga bisa digunakan untuk keperluan pembelajaran online.

Terlebih, di masa pandemi seperti sekarang, masih banyak sekolah yang belum melangsungkan aktivitas belajar dan mengajar secara tatap muka. Alhasil, banyak edukator dan pelajar yang akhirnya beralih menggunakan Google Meet sebagai “kelas” mereka.

Memangnya, apa saja kelebihan Google Meet dalam mendukung pembelajaran online? Cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Belajar dari mana pun dan kapan pun

Tak hanya untuk keperluan bisnis, berbagai fitur dan kelebihan Google Meet juga dapat menunjang aktivitas pembelajaran online.

Photo Credit: Julia M Cameron (Pexels)

Seperti yang telah Anda tahu, layanan utama Google Meet adalah panggilan video. Melalui layanan inilah pembelajaran online bisa dilaksanakan.

Lalu, mengingat bahwa Google Meet beroperasi dengan terhubung pada internet, maka jarak dan waktu pun tak jadi masalah. Walaupun edukator dan para murid sedang berada di banyak tempat berbeda, mereka tetap bisa melangsungkan aktivitas belajar dan mengajar secara virtual.

Selain itu, kelebihan Google Meet untuk pembelajaran online juga terasa semakin optimal apabila Anda berlangganan Google Workspace. Dengan berlangganan, nantinya Anda bisa mengadakan kelas online dengan peserta mencapai 100-250, tergantung dari tipe langganan yang dipilih.

Demi membantu para murid dalam mempelajari materi, video pembelajaran online dapat direkam dan langsung tersimpan pada akun Google Drive milik Anda. Alhasil, Anda bisa membagikannya dengan mudah kepada murid.

Adanya fitur yang mendukung pembelajaran interaktif

Photo Credit: August de Richelieu (Pexels)

Salah satu kekhawatiran dalam aktivitas belajar dan mengajar online adalah murid jadi pasif sehingga partisipasinya pun cenderung minim. Belum lagi jika para murid terdistraksi dengan hal-hal tertentu, wajar jika pembelajaran online jadi lebih menantang daripada kelas tatap muka.

Untungnya, berbagai kelebihan Google Meet dapat membantu Anda melangsungkan sesi pembelajaran yang efektif melalui fitur-fitur pendukungnya.

Salah satunya adalah fitur hand raising yang memungkinkan murid “mengangkat tangan” secara virtual apabila mereka ingin bertanya atau menyampaikan sesuatu. Tidak ketinggalan fitur papan tulis digital yang dapat digunakan jika murid ingin menuliskan atau menjelaskan hal tertentu. Dengan begini, diskusi kelas pun jadi lebih efektif.

Lalu, untuk membantu murid agar lebih fokus mengikuti sesi kelas online, fitur background dapat diatur menjadi blur atau diganti sesuai preferensi masing-masing. Selain itu, kualitas video juga bisa dimaksimalkan dengan mengaturnya dalam mode low light.

Kemudahan kontrol untuk moderator

Photo Credit: Beci Harmony (Unsplash)

Selain bertanggung jawab menyampaikan materi, guru atau edukator biasanya juga berperan sebagai moderator pada setiap sesi kelas online. Tak perlu bingung, berbagai fitur dan kelebihan Google Meet akan memudahkan peran Anda tersebut.

Selama pembelajaran online berlangsung, Anda sebagai moderator berhak melakukan mute, pin, atau menghapus peserta. Untuk meminimalisir distraksi, moderator juga dapat menonaktifkan fitur chat di dalam video serta melakukan block terhadap peserta yang muncul di kelas online tanpa diundang sebelumnya.

Tak hanya itu, moderator pun memiliki kontrol dalam menentukan peserta mana yang harus melakukan “knock” terlebih dulu untuk bergabung di kelas online.

Kelebihan Google Meet tidak hanya berperan penting dalam aktivitas video conference di sektor bisnis, tapi juga pendidikan. Walaupun saat ini belum bisa tatap muka secara langsung, aktivitas belajar dan mengajar tetap bisa dilaksanakan secara online melalui Google Meet.

Agar pembelajaran online bisa berlangsung lebih maksimal, upgrade layanan Google Meet ke versi premium dengan berlangganan Google Workspace for Education. Terlebih, saat ini panggilan video gratis di Google Meet hanya dibatasi hingga enam puluh menit. Namun, dengan Google Meet versi premium, sesi kelas online bisa berlangsung lebih lama.

Cara berlangganannya pun mudah, Anda hanya perlu menghubungi EIKON Technology sebagai reseller resmi produk Google di Indonesia. Kalau mau mempelajari lebih banyak tentang Google Meet dan Google Workspace for Education, Anda bisa klik di sini. Segera upgrade Google Meet Anda untuk optimalkan pembelajaran online!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments