Google Meet Gratis Kini Dibatasi Satu Jam, Adakah Cara Mengatasinya?

Google Meet merupakan produk andalan Google yang menyediakan layanan video call atau video conference. Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat desktop maupun mobile. Berbagai fitur yang disematkan membuat Google Meet menjadi aplikasi online video conference favorit banyak orang. Terlebih, layanan Google Meet juga ada yang disediakan secara gratis!

Namun, baru-baru ini Google menginfokan secara resmi bahwa pengguna Google Meet gratis hanya bisa menikmati layanan online video conference hingga satu jam saja. Sebelumnya, seluruh pengguna bisa menggunakan layanan premium panggilan video tanpa batas durasi.

Efektif berlaku mulai 1 April 2021

Google Meet Gratis Kini Dibatasi Satu Jam, Adakah Cara Mengatasinya?

Photo Credit: Anna Shvets (Pexels)

Demi mencegah penyebaran virus COVID-19, pertemuan tatap muka pun harus sebisa mungkin diminimalisir. Alhasil, sebagian besar komunikasi jadi beralih ke ranah online, termasuk lewat video call. Google Meet menjadi salah satu platform unggulan banyak orang untuk melangsungkan bentuk komunikasi tersebut.

Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Sejak April 2020 lalu, Google Meet memang menawarkan penggunaan gratis tanpa batas hingga seratus peserta. Awalnya, layanan Google Meet gratis tersebut direncanakan berakhir pada 30 September 2020. Namun, setelah melakukan berbagai pertimbangan, periode tersebut diperpanjang hingga 31 Maret 2021.

Dengan kata lain, mulai 1 April 2021 nanti, pengguna tak lagi bisa melakukan panggilan video berdurasi tanpa batas via Google Meet. Layanan Google Meet gratis tetap bisa diakses, tapi durasi panggilan video dibatasi jadi hanya satu jam atau enam puluh menit.

Fitur lain yang juga dihilangkan untuk pengguna gratis

Google Meet Gratis Kini Dibatasi Satu Jam, Adakah Cara Mengatasinya?

Photo Credit: Bench Accounting (Unsplash)

Sebagai salah satu produk Google Workspace, ternyata Google Meet bukan satu-satunya yang mengalami pembatasan pada layanan gratisnya. Google juga telah membatasi layanan gratis pada penggunaan Google Workspace for Education, bahkan sejak 30 September 2020 lalu.

Sejumlah layanan yang tak lagi bisa diakses pengguna gratis Google Workspace for Education adalah online video conference dengan maksimal 250 peserta, menyimpan rekaman video conference di Google Drive, dan streaming langsung hingga 100.000 peserta di satu domain.

Saat tepat untuk berlangganan Google Workspace

Photo Credit: PhotoMIX Company (Pexels)

Perlu diingat kembali bahwa Google Meet gratis tetap bisa Anda nikmati. Hanya saja, durasi layanan video call atau video conference dibatasi menjadi maksimal satu jam saja. Hal ini tentu bisa membuat komunikasi jadi tidak maksimal, terlebih jika selama ini Anda menggunakan Google Meet untuk keperluan bisnis atau profesional.

Solusinya, Anda bisa berlangganan Google Workspace. Tak hanya Google Meet, nantinya Anda juga bisa mengakses berbagai layanan Google lain secara premium. Sebut saja Gmail, Google Drive, Google Calendar, hingga Google Chat. Tak ketinggalan Google Docs, Google Slides, dan Google Sheets untuk mempermudah kolaborasi kerja.

Cara berlangganan Google Workspace

Photo Credit: Pathum Danthanarayana (Unsplash)

Agar bisa segera menikmati berbagai layanan premium Google Workspace, Anda dapat langsung berlangganan melalui EIKON Technology, reseller resmi Google Workspace di Indonesia. EIKON Technology telah menyediakan daftar pricing terbaik untuk berlangganan Google Workspace.

Setidaknya ada tiga edisi yang dapat Anda pilih untuk upgrade ke Google Workspace, yaitu Business Starter, Business Standard, dan Business Plus. Harga langganannya pun cukup terjangkau, mulai dari 4,2 USD/orang/bulan atau sekitar Rp60 ribuan.

Tersedia pula edisi Enterprise, cocok bagi para pelaku bisnis  yang membutuhkan kolaborasi kerja maksimal. Untuk informasi lebih lengkap tentang pricing berlangganan Google Workspace di EIKON Technology, Anda bisa klik di sini.

Tentu tidak ada yang salah dengan menggunakan Google Meet gratis. Namun, jika Anda ingin mendapatkan pengalaman komunikasi maksimal tanpa batasan durasi, upgrade ke Google Workspace premium adalah solusinya.

Sebagai reseller Google Workspace resmi di Indonesia, EIKON Technology dapat membantu Anda memulai berlangganan. Pelajari lebih lanjut tentang Google Workspace di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments