Fitur Baru Google for Education untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran

Fitur Baru Google for Education untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran – Google for Education dirancang untuk mempermudah aktivitas belajar dan mengajar secara online. Manfaatnya semakin terasa di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, yang belum memungkinkan para pengajar dan murid bertatap muka langsung.

Melalui pemakaian Google for Education, peningkatan mutu pembelajaran sangat mungkin dilakukan walau seluruh aktivitas bersifat online. Terlebih, Google for Education telah dibekali berbagai fitur baru yang akan semakin memaksimalkan kolaborasi pendidikan antara pengajar dan para murid.

Fitur untuk pengajar dan pelaku pendidikan

Photo Credit: Vanessa Garcia (Pexels)

Sejak awal, Google berkomitmen menciptakan teknologi yang mampu membantu para pengajar dan pelaku pendidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran. Tentunya melalui fitur-fitur yang simpel, tepat sasaran, dan mampu membantu murid mereka memenuhi potensialnya.

  • Analytics pada Google Classroom

Tahun ini, akan ada banyak fitur baru yang disematkan pada Google Classroom. Salah satu yang paling diantisipasi adalah versi update dari analytics. Melalui fitur ini, para pengajar akan mengetahui data penggunaan murid sehingga bisa lebih cepat menyiapkan kelas online.

  • Add-ons untuk Google Classroom

Dengan adanya add-ons, para pengajar dapat menghubungkan perangkat third-party favorit mereka pada Google Classroom. Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan akses lebih mudah untuk memonitor interaksi para murid di Google Classroom. Dari sini, pengajar bisa mengetahui murid mana yang masih tertinggal.

  • Kontrol lebih pada Google Meet

Peningkatan mutu pembelajaran juga diberikan Google melalui fitur baru pada Google Meet. Nantinya, pengajar akan memiliki kontrol lebih saat menggunakan Google Meet untuk kepentingan kelas online. Mereka berhak mengatur siapa saja yang bisa bergabung video call di Google Meet, mengaktifkan mute pada semua peserta, hingga mengakhiri panggilan pada semua peserta.

  • Screen recording

Sebagai sistem operasi yang menjadi tenaga utama di balik Google for Education, Chrome OS akan mendapat fitur baru berupa screen recording. Dengan fitur ini, pengajar dan murid dapat merekam video instruksi pembelajaran secara real-time.

Fitur untuk para murid

Fitur Baru Google for Education untuk Peningkatan Mutu PembelajaranPhoto Credit: August de Richelieu (Pexels)

Berbagai fitur baru Google for Education tidak hanya bisa dirasakan oleh pengajar, tapi juga para murid. Terlebih, bagaimanapun juga, peningkatan mutu pembelajaran hanya bisa dilakukan dengan partisipasi dari para murid. Ini dia beberapa fitur baru tersebut.

  • Fitur offline pada Google Classroom

Kini aplikasi Google Classroom untuk perangkat Android dapat diakses secara offline. Dengan begitu, para murid bisa mengunduh tugas-tugas mereka dan menyelesaikannya tanpa perlu bergantung pada koneksi internet.

  • Upload tugas

Fitur baru lain yang juga akan disematkan pada Google Classroom adalah upload gambar untuk tugas essay atau tugas-tugas bersifat paper-based. Para murid pun bisa mengumpulkan tugas mereka dengan lebih mudah.

  • Ragam fitur aksesibilitas

Sejumlah fitur baru terkait fungsi aksesibilitas juga akan ditambahkan pada Google for Education demi peningkatan mutu pembelajaran. Contohnya kursor berwarna pada Chromebooks dan akses Switch yang memungkinkan murid untuk belajar dengan perangkat sesuai kebutuhan mereka.

  • Emoji pada Google Meet

Tahun ini, murid bisa menggunakan reaksi Emoji pada Google Meet. Fitur ini memudahkan murid untuk meningkatkan keterlibatan mereka selama kelas, tentunya dengan cara menyenangkan. Selain itu, nantinya Google Meet juga akan bisa diakses walau dengan low bandwidth sekali pun. Dengan begitu, murid dengan koneksi internet lemah tetap bisa mengikuti kelas secara efektif.

Itulah sejumlah fitur baru yang tahun ini akan disematkan pada Google for Education. Melalui fitur-fitur tersebut, para pengajar dan murid dapat menjalani aktivitas belajar dan mengajar secara lebih mudah dan menyenangkan. Alhasil, peningkatan mutu pembelajaran pun tidak mustahil dilakukan walau di tengah pandemi sekali pun.

Segera daftar menjadi pengguna Google for Education melalui EIKON Technology, reseller resmi G Suite di Indonesia. Tim EIKON Technology akan membantu melakukan transisi sehingga nantinya Anda bisa menggunakan fitur-fitur tersebut secara maksimal. Hubungi EIKON Technology sekarang juga!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of