Update Transformation Reports Google for Education untuk Implementasi yang Lebih Optimal

Pada bulan November 2022 ini, Google merilis transformation reports terbaru untuk Google for Education. Laporan ini tersedia untuk pelanggan K-12 Google Workspace for Education di seluruh dunia dan dapat diakses secara gratis. Perlu diingat, laporan ini baru tersedia dalam bahasa Inggris untuk saat ini. Apa saja yang bisa didapat dari transformation reports ini?

Transformation reports Google for Education

Tepat pada tanggal 2 November 2022 lalu, Google meluncurkan Google for Education transformation reports yang tersedia untuk pengguna K-12 di seluruh dunia. Laporan ini tersedia untuk publik mulai dari tanggal 2 November hingga 31 Desember 2022. Administrator Workspace dapat mengakses laporan ini dengan cara:

Akses langsung: Super admins Google Workspace for Education dapat langsung log in di halaman ini dan melihat laporan kustom mereka.

Realtime customization: Anda dapat menyesuaikan setelan secara real-time, termasuk dua periode pelaporan data produk 12 minggu, serta jumlah guru dan siswa yang ada dalam jaringan instansi pendidikan Anda. Namun penting untuk diingat, laporan ini akan dikunci untuk penyuntingan setelah tanggal 31 Desember 2022 nanti.

Baca juga: Merancang Sistem Belajar Online yang Aman dengan Google for Education

Informasi yang tersedia

Photo Credit: Freepik

Pada dasarnya, transformation reports dari Google ini merupakan sebuah tool gratis yang dirancang untuk dapat mengukur performa implementasi Google for Education di instansi pendidikan Anda. Tool ini menghadirkan laporan per semester serta tren penggunaan dari waktu ke waktu yang akan memudahkan Anda memahami bagaimana instansi Anda menggunakan Google Workspace for Education, Chromebook, dan kemajuan SDM setelah mendapat program sertifikasi pendidik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai transformation reports dari Google for Education ini, Anda bisa mengakses halaman ini atau dokumentasi pertanyaan yang sering ditanyakan berikut.

Mulai menggunakan laporan

Super admin bisa mengakses transformation reports tool Google for Education mulai dari tanggal 2 November 2022. Setelah melakukan log in, administrator sebaiknya langsung:

Memperbarui pendaftaran siswa dan jumlah jurusan yang tersedia.

Menyesuaikan jendela pelaporan produk. Administrator dapat memilih dua periode waktu 12 minggu (baik untuk saat ini maupun sebelumnya) yang paling cocok untuk instansi pendidikan Anda. Grafik dalam laporan akan menampilkan data yang membandingkan penggunaan di kedua opsi tersebut. Semua ini bisa dilakukan cukup dengan mengeklik tombol “View Report” yang ada di bagian bawah halaman utama report. Laporan transformasi ini tersedia untuk semua pengguna dan akan dibatasi aksesnya pada tanggal 31 Desember 2022 nanti.

Baca juga: Perangkat Google Workspace for Education untuk Kembali Memulai Pembelajaran

Ketersediaan laporan

Photo Credit: tirachardz (Freepik)

Laporan ini tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace for Education Fundamentals, Education Standard, Education Plus, serta Teaching and Learning Upgrade K-12. Laporan tidak tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Frontline, Nonprofits, termasuk pelanggan G Suite Basic dan G Suite Business lama.

Baca juga: Google for Education Hadirkan Laporan Transformasi untuk Customer

Dengan hadirnya transformation reports ini, Anda dapat mengoptimalkan implementasi Google for Education. Laporan pun telah dirancang agar mudah dibaca dan langsung diterapkan karena seluruh pengaturannya telah terintegrasi. Tertarik untuk mulai mengimplementasikan solusi dari Google for Education di instansi pendidikan Anda? Kini paket berlangganan Google for Education telah tersedia di EIKON Technology. Kami menyediakan implementasi yang menyeluruh mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments