Pengertian G Suite for Education dan Manfaatnya

Apa itu G suite for Education?

Pengertian G Suite for Education adalah sebuah produk dari Google berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem google cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staff, guru dan juga siswa untuk memudahkan sistem belajar mengajar yang lebih baik.

Layanan G Suite for Education :

1. Google Kelas (Classroom)

Google kelas merupakan perangkat utama dari g suite for education dimana perangkat ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan oleh guru dan murid untuk mengatur kegiatan kelas seperti membuat kelas, mengirim tugas ke seluruh siswa, mengirim saran dan yang paling penting semuanya dilakukan dalam satu tempat , instant dan tanpa kertas.

2. Gmail

Dengan G Suite for Education anda akan mendapat fasilitas email dari Google termasuk 30 GB storage lalu perlindungan data yang sangat aman dari google dan yang paling menarik adalah nama email anda akan sesuai dengan nama lembaga pendidikan anda. Jika biasanya menggunakan akun gmail yang gratis maka formatnya nama@gmail.com dengan menggunakan G Suite for Education maka formatnya menjadi nama@sekolahanda.com .

3. G Drive

Google juga menyediakan tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan anda. laptop/ komputer anda tidak akan kehabisan memori karena terlalu banyaknya data yang anda simpan karena dengan google drive semua data anda akan disimpan di penyimpanan milik google yang keamanannya pun sangat terjaga dan terjamin.

4. Kalender

Dalam G Suite for Education kalender yang disediakan bukan hanya untuk menunjukan tanggal , bulan , dan tahun. Banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan anda. Yaitu, mengatur jadwal meeting anda lalu dengan mengundang peserta meeting maka semua guru yang diundang akan menerima email undangan sehingga anda tidak perlu lagi menghubungi satu persatu .

5. Hangout

Google hangout adalah fasilitas dari Google for education untuk melakukan chat, video call atau video call secara group. Sehingga ketika anda sebagai kepala sekola sedang berada diluar kota dan perlu mengadakan meeting cukup menggunakan Hangout maka meeting sudah bisa dilakukan.

6. Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)

Yang membedakan google office dengan produk yang selama ini kita gunakan adalah google office dapat dilakukan dengan berkolaborasi. Maksutnya misal ada tugas sekolah yang dilakukan secara berkelompok maka cukup buat satu file baru lalu undang semua anggota kelompok maka secara bersamaan mereka semua dapat langsung mengerjakan tugas tersebut.

7. Google Site

Google site merupakan fasilitas dari g suite for education untuk membuat website sekolah anda. Anda dapat mengatur isi kontennya, menunya, dan desainnya dengan keinginan anda sendiri.

 8. Google Vault

Google vault berfungsi untuk mengarsipkan semua data anda seperti email, g drive , chat dan lainnya sehingga anda tidak perlu merasa khawatir jika ada kehilangan data dan sebagainya karena google vault dapat menyimpan data anda .

G-Suite-For-Education

Kelebihan G Suite for Education

1. Kolaborasi Data

Kelebihan yang pertama adalah kemudahan dalam berkolaborasi dalam hal membuat, mengubah, berbagi data secara real time. Semua orang dapat membuka satu laman yang sama dan jika ada perubahan maka file tersimpan secara otomatis di cloud.

2. Mobile Friendly

Dapat digunakan diperangkat apa saja. Ya, dalam layanan ini anda dapat membukanya dari laptop, tablet, maupun handphone dengan tetap mudah karena layanan ini telah di atur cocok dengan semua perangkat sehingga tidak mengalami kesulitan apapun dan pastinya dapat dibuka kapan saja dan dimana saja.

3. GRATIS 

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk G Suite for Education sama sekali. Karena memang layanan ini gratis 

Bagaimana cara mendaftar G Suite for Education?

Anda bisa mendaftar G Suite for Education dengan menghubungi EIKON Technology. Eikon technology sebagai Premier Google Partner di Indonesia dapat membantu lembaga pendidikan anda untuk memiliki G suite for education. Anda cukup menekan tombol dibawah ini dan mengisi data diri anda maka kami yang akan menghubungi anda untuk menindak lanjuti layanan ini.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments