Pengaruh Internet Dalam Membantu Mengembangkan Bisnis

 

Di era yang sudah serba digital ini, tak heran jika segala sesuatu bisa dilakukan secara Online dengan bantuan internet dan tak bisa dipungkiri, pengaruh internet pun semakin masif dari tahun ketahun. Data statistik di tahun 2016 menunjukan bahwa lebih dari 50% persen dari jumlah populasi di Indonesia adalah pengguna internet. Fakta ini semakin bagaimana habit & behavior (perilaku dan kebiasaan) dari pengguna internet di Indonesia.

Banyak sekali pihak yang memanfaatkan internet untuk melakukan berbagai kegiatan termasuk di dunia bisnis. Internet akan sangat membantu pelaku bisnis memperoleh dan berbagi informasi apapun, yang dapat menunjang aktivitas bisnis secara real-time.

Penggerak bisnis pun telah menyadari besarnya manfaat Internet bagi kelangsungan bisnisnya 

Kita tentu sudah menyadari bahwa internet kini telah menjadi suatu kebutuhan mutlak jika Anda menginginkan adanya perubahan dan dampak positif terhadap perkembangan bisnis. Banyak hal dapat Anda lakukan seperti kolaborasi, mendapatkan dan berbagi informasi, berhubungan dengan team maupun klien, bahkan menyimpan beragam file secara online. Namun tak sekedar itu, Internet dapat memberikan manfaat lebih untuk berlangsungnya bisnis Anda seperti:

  1. Efisiensi Waktu dan Biaya

Tidak ada lagi time-wasted yang biasa terjadi sebelum era internet. Misalkan, dulu untuk mengirimkan sebuah file atau dokumen, tentu akan melalui proses yang panjang karena harus dikirim melalui kurir atau pihak ketiga. Dan semakin panjang proses, semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. Kini cukup melalui fitur email, dokumen dan file apapun dapat dikirim tanpa harus melalui proses yang panjang.

  1. Meningkatkan Kedekatan dengan Klien / Kustomer

Feedback dari klien/ kustomer merupakan hal yang sangat penting dan membangun bagi kelangsungan bisnis Anda. Saat ini, banyak fitur yang memungkinkan klien/ kustomer dapat berkomunikasi dengan team Anda yang bertugas menerima kritik dan saran secara langsung bahkan hingga 24 jam.

  1. Mengikuti Tren Globalisasi

Kita semua tentu sudah mengerti bahwa dunia digital merupakan pilihan utama bagi masyarakat modern untuk mendapatkan informasi, belanja, hiburan hingga kehidupan bersosial. Behavior inilah yang harus Anda manfaatkan untuk bisa mengenalkan usaha yang sedang digeluti. Bahkan Anda bisa memasarkan langsung pada target yang Anda tuju dari segi kriteria hingga behavior.

  1. Menigkatkan Kualitas kerja tim

Akses cepat tentu dapat dijadikan sarana untuk mempererat hubungan antar karyawan disaat hal tersebut susah dilakukan akibat kesibukan masing-masing. Anda bisa membuat grup obrolan di berbagai platform yang memungkinkan seluruh team untuk menuangkan ide, berdiskusi, atau saling menyemangati kapanpun dan dimanapun dengan mudah. Dengan semakin kuatnya chemistry diantara rekan satu tim, tentu akan meningkat pula produktivitas kerja tim Anda. 

Ada baiknya Anda  juga mengikuti arus internet agar tidak tertinggal dibelakang, karena dengan adanya Internet tentu akan membuka peluang baru untuk mengembangkan bisnis lebih maksimal. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi teknologi internet dalam perusahaan atau usaha yang Anda miliki seperti yang telah kami jabarkan dalam ebook yang bisa Anda download secara gratis dibawah ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of