Google Sites adalah Alat untuk Mendesain Website, Ini Dia Update Fitur Terbarunya!

Google Sites adalah alat pembuatan halaman web yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian Google Docs Editors gratis berbasis web yang ditawarkan oleh Google. Dengan memanfaatkan tool ini Anda dapat membuat halaman web secara praktis dan cepat, tanpa harus menggunakan kode-kode khusus sehingga cocok untuk para pemula.

Editor situs yang menggunakan Google Sites versi terbaru sekarang dapat menyesuaikan jarak antara konten di situs mereka dengan pengaturan tema khusus yang menawarkan 3 opsi jarak, yaitu Compact, Cozy, dan Comfortable.  Secara default, semua situs yang baru dibuat akan dimulai dengan opsi jarak Comfortable.

Fitur baru ini dihadirkan untuk bisa memberikan lebih banyak kontrol visual atas situs Anda, terutama untuk situs kompleks yang memiliki banyak konten di dalamnya.

Fitur penyesuaian jarak konten

Photo Credit: Google Workspace Updates

Google Sites adalah alat pembuat website dengan berbagai fitur dan kapabilitas yang dirancang untuk mudah digunakan, bahkan oleh para web designer pemula. Untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya, Google Sites terus melakukan berbagai updates.

Updates paling baru dari Google Sites adalah mengenai pengaturan jarak antar konten. Tool dari Google ini menawarkan 3 pilihan jarak, yakni Compact, Cozy, dan Comfortable. Ketiganya bisa dipilih sesuai kebutuhan dan tentunya selera.

Baca juga: 7 Langkah Cara Membuat Website Menggunakan Google Sites

Mulai menggunakan fitur baru Google Sites

Untuk mulai menggunakan fitur baru ini sangatlah mudah. Sebab, fitur otomatis tersedia setelah tanggal peluncuran. Tanggal peluncuran untuk domain perilisan cepat dimulai pada tanggal 22 Juni 2022 (diluncurkan secara bertahap hingga 15 hari untuk visibilitas fitur) dan untuk domain perilisan terjadwal pada tanggal 13 Juli (diluncurkan secara bertahap hingga 15 hari untuk visibilitas fitur).

Fitur baru ini juga tidak memerlukan konfigurasi tambahan dari administrator. End user atau pengguna langsung tool bisa langung membuka halaman muka Google Sites dan masuk ke menu Themes > Custom > Edit > Spacing > Density. Selain itu, Google Sites juga menyediakan tutorial yang bisa Anda akses melalui halaman Help Center Google Workspace.

Ketersediaan fitur

Fitur baru dari Google Sites ini adalah fitur gratis dan tersedia bagi seluruh pengguna Google Workspace, G Suite Basic, dan G Suite Business. Anda yang memiliki akun Google personal juga bisa menggunakan fitur baru ini di Google Sites secara penuh.

Baca juga: 6 Manfaat Website untuk Perusahaan Anda

Cara mengubah tampilan situs

Photo Credit: lookstudio (Freepik)

Anda dapat mengubah tampilan dan gaya situs kapan saja. Google Sites juga memungkinkan penggunanya untuk menggunakan tema bawaan, tema buatan sendiri, maupun mengimpor tema. Berikut langkah-langkahnya:

Dengan tema yang sudah dibuat sebelumnya

  • Di komputer, buka situs di Google Sites baru.
  • Di sebelah kanan, klik Themes.
  • Di bawah “Created by Google“, pilih opsi pre-made theme.

Dengan tema baru

  • Di komputer, buka situs di Google Sites baru.
  • Di sebelah kanan, klik Themes.
  • Di bawah opsi “Custom”, pilih Create theme.
  • Masukkan nama untuk tema Anda dan pilih Next.
    • Anda juga dapat menambahkan logo dan gambar untuk banner.
  • Pilih palet warna dan pilih Next.
    • Untuk memilih warna tertentu untuk berbagai bagian situs Anda, pilih Customize colors.
  • Pilih font Anda dan pilih Create theme.
  • Anda dapat terus membuat perubahan pada tema baru melalui panel di sebelah kanan.

Dengan tema impor dari situs lain

  • Di komputer, buka situs di Google Sites baru.
  • Di sebelah kanan, klik Themes.
  • Di bawah opsi “Custom”, pilih Import theme.
  • Pilih situs yang ingin dituju. Pilih tema yang diinginkan.
  • Klik Import theme.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Transisi Google Sites

Google Sites adalah suatu tool dalam rangkaian produktivitas Google Docs Editor. Dengan memanfaatkan tool ini, Anda dapat mendesain website sendiri tanpa harus melalui proses yang rumit. Bisa dibilang, Google Sites adalah tool yang cocok untuk pemula.

Google Sites serta Google Docs Editor merupakan bagian dari rangkaian produktivitas Google Workspace. Itu berarti, tool ini telah terintegrasi dengan aplikasi produktivitas Google seperti Docs, Sheets, dan Slides. Google Workspace sendiri menyediakan paket berlangganan untuk perusahaan maupun instansi sehingga cocok untuk kolaborasi kerja.

EIKON Technology sebagai authorized partner Google untuk Indonesia menyediakan paket berlangganan Google Workspace untuk perusahaan maupun instansi pendidikan dengn lisensi resmi. Untuk terhubung langsung dengan tim EIKON Technology, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments