Kini Seluruh Paket Gratis G Suite Berubah Menjadi Google Workspace Berbayar!

Sebelum bernama Google Workspace seperti sekarang, platform produktivitas tersebut dinamai G Suite. Tahun 2020 lalu, G Suite berubah menjadi Google Workspace untuk menyongsong “masa depan dunia kerja”. Setelah transisi tersebut, plans yang tersedia G Suite berangsur-angsur dipindahkan ke Google Workspace dan di tahun 2022 ini, seluruh edisi gratis G Suite dihapuskan. Apa saja perubahan yang timbul?

Notifikasi melalui email administrator

Photo Credit: 9to5Google

Transisi ini sebenarnya telah disampaikan melalui email administrator layanan. Dalam notifikasi tersebut, Google menyampaikan bahwa seluruh pengguna G Suite yang tersisa akan dipindahkan ke Google Workspace secara otomatis. Untuk jenis plan yang diterapkan akan mengikuti penggunaan sebelumnya di G Suite.

Dengan demikian, kini paket gratis yang tersedia di Google Workspace hanyalah plans untuk Nonprofits dan Education (versi Fundamental).

Jika pada G Suite layanan seperti Gmail, Google Drive, dan Documents bisa diakses secara gratis, perubahan tersebut mau tak mau membuat pengguna harus membayar. Namun dalam versi berbayar ini Anda bisa menikmati layanan baru seperti membuat domain khusus yang bisa Anda atur sendiri (tidak lagi terbatas pada gmail.com).

Mekanisme billing

Photo Credit: Google Workspace

Bagi Anda yang bermigrasi dari G Suite ke Google Workspace diberikan waktu hingga 1 Mei 2022 untuk bisa memilih paket baru. Opsi lain adalah membiarkan Google menentukan paket untuk Anda secara otomatis. Anda tidak perlu khawatir karena pemilihan paket akan disesuaikan dengan paket yang digunakan pada edisi gratis G Suite.

Perlu diingat juga, jika Anda memilih opsi kedua, maka billing atau tagihan baru akan dimulai 2 bulan setelah migrasi otomatis. Jika Anda tidak memasukkan detail billing hingga 1 Juli 2022, Google akan melakukan penangguhan akun selama 60. Selama periode penangguhan, Anda tidak akan bisa mengakses Gmail, Calendar, dan Meet. Penangguhan akan otomatis berakhir saat Anda melakukan pembayaran.

Baca juga: Perangkat Google Workspace for Education untuk Kembali Memulai Pembelajaran

Paket Google Workspace untuk migrasi dari G Suite ini dimulai dari harga $6 per pengguna/bulan yaitu untuk paket Business Starter dan akan naik menjadi $18 /pengguna/bulan. Untuk bisnis skala kecil yang hanya memiliki satu akun Gmail juga bisa melakukan upgrade ke paket Workspace Individual seharga $9,99/bulan.

Google juga menawarkan diskon selama 12 bulan atau layanan ekspor gratis data organisasi Anda. Detail mengenai penawaran ini bisa Anda simak dalam halaman dukungan Google Workspace.

Migrasi atau tidak?

Perubahan  dari yang semula gratis menjadi berbayar tentu akan menjadi pertimbangan untuk tetap meneruskan penggunaan layanan Google atau berpaling pada layanan lain yang serupa. Meski begitu, peningkatan layanan Google juga patut dipertimbangkan.

Sejak berubah menjadi Google Workspace, ada banyak sekali fitur dan layanan yang mampu meningkatkan produktivitas kerja dengan efisien. Salah satunya adalah Integrated Gmail. Layanan ini memberikan pengalaman kolaborasi seamless yang sangat mudah dioperasikan.

Selain itu, ada juga transisi Hangouts ke Google Chat. Setelah berubah menjadi Google Chat, ada banyak sekali fitur percakapan yang membuat komunikasi di dua tempat yang berbeda terasa begitu nyata tanpa hambatan.

Baca juga: 3 Aplikasi untuk Memulai Google Workspace di Smartphone

Melakukan upgrade dari edisi lama G Suite ke Google Workspace tidak akan makan banyak waktu. Prosesnya pun relatif mudah diikuti dan tidak akan mengganggu end user di tempat Anda. Migrasi bahkan akan semakin mudah jika Anda membiarkan Google melakukan upgrade otomatis. Terlebih, untuk mendukung transisi ini, Google juga menawarkan opsi diskon selama 12 bulan setelah 1 Juli 2022.

Jika Anda merasa kurang sreg dengan paket Google Workspace yang dipilihkan Google, masih tersedia beragam paket lain. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis. Masih ragu memilih? Tim EIKON Technology siap membantu Anda. Sebagai distributor resmi Google di Indonesia, EIKON Technology menyediakan produk resmi bergaransi dengan proses aplikasi yang mudah. Untuk mulai konsultasi mengenai Google Workspace dengan EIKON Technology, klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments