Membuat Aplikasi Di G Suite Sesuai Keinginan Dengan App Maker

 

Tak perlu diragukan lagi bagaimana Google membantu pekerjaan kita menjadi jauh lebih mudah. Terutama inovasi teknologi yang tersedia dalam layanan G Suite seperti kolaborasi secara real-time untuk meningkatkan teamwork, hingga sistem pintar dari Machine Learning yang dapat menyulap dokumen, presentasi, hingga tabel menjadi jauh lebih menarik dan mudah.

Menariknya, kini tak hanya terbatas dari hal-hal diatas saja. Setiap perusahaan pasti memiliki kebutuhan dan cara kerja yang unik, bahkan tak jarang juga menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pekerjaan seperti CRM (Customer Relationship Management) dan manajemen project. Untuk membantu pengguna lebih efisien, hari ini Google baru saja meluncurkan App Maker, fitur baru di G Suite yang memungkinkan perusahaan untuk membuat aplikasi internal tanpa memerlukan coding yang rumit.

Selain membuat aplikasi, raksasa mesin pencari tersebut juga mengenalkan beberapa program third-party yang direkomendasikan untuk G Suite. Seperti apa beritanya? Yuk, simak!

App Maker, cara baru untuk membuat aplikasi yang Anda butuhkan untuk bisnis!

App Maker adalah sebuah layanan baru untuk membuat kustom aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang minim bahasa pemrogaman (coding) serta memiliki tampilan user interface yang friendly.

App Maker memudahkan pengguna untuk membuat aplikasi dengan sistem drag and drop yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan unik perusahaan menggunakan script, HTML, CSS, JavaScript, dan konten JQuery. Anda juga dapat memonitor penggunaannya melalui Google Analytics pada saat aplikasi sudah live.

Kemudahan dalam membuat aplikasi ini akan sangat berguna bahkan bagi orang selain pekerja developer IT yang awam teknis pemrogaman.

Bagaimana pengaruhnya terhadap infrastruktur perusahaan?

Perlu Anda ketahui, aplikasi yang dibangun pada layanan App Maker akan tersimpan dan dijalankan melalui infrastruktur data center yang sama dengan Gmail, Google Calendar, dan Google Drive, sehingga Anda tak perlu khawatir dengan maintenance pada infrastruktur on-premise untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Developer dapat menjalankan aplikasi kustom tanpa perlu mengkhawatirkan server, perencanaan kapasitas, serta keamanan infrastruktur yang memerlukan support internal dari IT.

Data baru yang dihasilkan dari aplikasi App Maker dapat disimpan pada layanan baru yang bernama Google Drive Tables, yang mana berfungsi sebagai managed structured database yang menyimpan data pada Google Drive. Pengaturan dan pemeliharaan yang lebih mudah dibandingkan Google Cloud SQL dari Google Cloud Platform.

App Maker memungkinkan para penggunanya untuk mengintegrasikan banyak layanan termasuk G Suite, serta Google Maps,  Contacts, Groups, dsb.

Memperkenalkan aplikasi baru dari rangkaian program rekomendasi aplikasi untuk G Suite

Ada beberapa aplikasi penunjang yang mendapatkan rekomendasi  khusus dari Google untuk di-integrasikan dengan layanan G Suite yang dapat Anda temukan dalam beberapa rangkaian kategori seperti project management, customer support, serta finansial dan akunting.

Setiap aplikasi telah melalui  uji coba sistem keamanan dan kualitas untuk mengukur tingkat kualifikasi aplikasi tersebut untuk program G Suite. Beberapa aplikasi penunjang yang baru saja bergabung dalam partner rekomendasi G Suite antara lain:

  • Asana, untuk manajemen project dan proses
  • DocuSign, untuk tanda tangan virtual
  • Freshdesk, untuk customer support
  • LumApps, untuk portal korporasi dan sosial
  • Virtu, untuk layanan enkripsi
  • Xero dan Zoho Invoice untuk finansial dan akunting

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi penunjang diatas dengan layanan G Suite, salah satunya adalah produktivitas yang kian tertunjang serta kemudahan dalam sinkronisasi data.

App Maker membantu Anda dalam membuat aplikasi sesuai kebutuhan perusahaan, sedangkan Program Aplikasi Rekomendasi untuk G Suite membantu team Anda untuk memilih aplikasi  terkemuka uuntuk meningkatkan bisnis.

Sebagai partner premier dari Google, EIKON Technology berkomitment untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman menggunakan G Suite dengan mengadopsi ekosistem terbaik dari aplikasi cloud. Ingin mengetahui lebih lanjut seputar fitur baru ini atau bergabung ke G Suite?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of