Meningkatkan Pengalaman Google Workspace di Perangkat Android Berlayar Besar

Awal tahun 2022 ini Android memperkenalkan 12L, pembaruan software untuk membuat perangkat dengan layar lebih besar, seperti tablet, lebih mudah digunakan. Melalui I/O, Google mengumumkan rencana untuk memperbarui lebih dari 20 aplikasi Google di tablet untuk memanfaatkan ruang ekstra di layar yang lebih besar secara optimal.

Sebagai langkah awal, Google meluncurkan Workspace yang telah disesuaikan dengan layar Android besar. Ini telah termasuk pembaruan pada Google Drive, Docs, Spreadsheet, Slide, dan juga Keep.

Drag and drop

Salah satu keunggulan tablet adalah layarnya yang lebih besar dibanding smartphone sehingga memungkinkan Anda untuk multitasking di dua jendela sekaligus. Google telah menemukan sebuah cara baru untuk menggunakan aplikasi Google Workspace saat Anda membuka dua layar di perangkat Android layar besar.

Baca juga: How to Increase Productivity with Android for Work

Kini Anda bisa dengan mudah menyeret teks atau gambar dari aplikasi, seperti Chrome atau Spreadsheet, dan kemudian meletakkannya langsung ke dokumen atau sel spreadsheet yang ada.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Di Google Drive, Anda bisa mengunggah file cukup dengan menyeret dan melepaskannya ke dalam aplikasi. Anda juga dapat menambahkan tautan ke file Drive dengan menyeretnya ke aplikasi yang sedang terbuka seperti Keep.

Baca juga: Cara Kelola Tugas Tertunda Lebih Cepat di Google Calendar

Photo Credit: Google Workspace Updates

Lalu di Keep, Anda bisa dengan mudah menyisipkan gambar yang disimpan dalam catatan ke aplikasi lain. Cukup dengan menyeretnya keluar dari carousel gambar.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Buka Drive berdampingan untuk melihat informasi lebih lengkap

Di Drive, terkadang Anda perlu menelusuri folder untuk melihat file yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang file Drive di perangkat Android, kini Anda dapat membuka dua jendela Drive secara berdampingan. Cukup ketuk menu pada file Drive apa pun dan pilih opsi “Open in new window“. Ini membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus perlu menekan tombol kembali berulang kali.

Photo Credit: Google Blog

Hemat waktu dengan pintasan keyboard

Tablet sering dihubungkan ke keyboard dan digunakan sebagai alternatif laptop. Ketika menggunakan keyboard yang terpasang untuk membantu mengetik, kini Anda dapat menggunakan pintasan keyboard sederhana (seperti pilih, potong, salin, tempel, urungkan, dan ulangi) untuk menavigasi Drive, Docs, dan Slide dengan cepat.

Ketersediaan fitur

Untuk dukungan keyboard Drive, Drag & Drop di Drive, serta dukungan Multi-instance di Drive telah tersedia mulai 25 Juli 2022. Sedangkan untuk dukungan keyboard Docs & Slides serta Drag & Drop di Docs dan Sheets diluncurkan secara bertahap mulai tanggal 28 Juli 2022 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur), baik itu untuk domain rilis cepat maupun terjadwal.

Fitur untuk perangkat Android layar besar ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang masih menggunakan G Suite Basic dan G Suite Business. Anda juga bisa menemukannya melalui Google Account pribadi.

Baca juga: 3 Aplikasi untuk Memulai Google Workspace di Smartphone

Kapabilitas baru yang dihadirkan Google Workspace ini memungkinkan Anda untuk lebih produktif selama menggunakan perangkat Android berlayar besar. Menariknya lagi, fitur ini pun bisa digunakan dalam skala besar asalkan Anda telah berlangganan edisi Workspace untuk perusahaan seperti Business atau untuk instansi pendidikan seperti Education.

Kedua edisi tersebut telah tersedia di EIKON Technology. Kami menyediakan paket implementasi menyeluruh mulai dari perencanaan hingga penerapan. Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments