Pesan Berbintang Kini Tersedia untuk Google Chat Mobile

Tahun lalu, Google Chat memperkenalkan fitur pesan berbintang (starred message) yang akan membantu Anda menandai pesan penting. Pada peluncuran tersebut, ketersediaan fitur masih terbatas untuk versi web saja. Kini, fitur tersebut hadir untuk versi mobile. Bagaimana cara menggunakan fitur ini di Chat mobile?

Tentang pesan berbintang

Pesan berbintang atau starred message merupakan sebuah fitur dari Google Chat yang memungkinkan Anda untuk mengakses pesan penting lebih cepat. Fitur ini diluncurkan Google Chat versi web akhir tahun 2023 lalu.

Baca juga: Update Terbaru Space Google Chat, Kini Makin Mudah Dibuat

Pesan berbintang Google Chat mobile

Photo Credit: Google Workspace Updates

Setelah versi web, kini fitur pesan berbintang hadir untuk Google Chat versi mobile. Untuk dapat menggunakan fitur ini tidak diperlukan pengaturan tambahan dari administrator. Artinya, fitur bisa langsung digunakan oleh end user setelah perilisan. Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup tekan lama pada pesan dan kemudian klik ikon bintang. Berikut langkah-langkahnya:

Memberi bintang atau menghapus bintang pada pesan

  1. Buka Google Chat mobile Anda.
  2. Buka percakapan yang ingin ditandai.
  3. Tekan pesan yang ingin Anda bintangi, tahan hingga muncul opsi “More” lalu pilih “Star” untuk membintangi pesan atau “Unstar” untuk menghapus bintang pada pesan.

Membuka kembali pesan yang sudah diberi bintang

  1. Buka Google Chat mobile Anda.
  2. Di sebelah kiri halaman pada menu “Shortcuts”, klik Starred.
  3. Sistem akan menampilkan seluruh pesan yang sudah Anda bintangi.

Penting untuk diingat:

  • Anda dapat menghapus bintang dari pesan asli maupun pesan yang dijadikan pintasan (shortcut).
  • Pesan yang dibintangi tidak tersedia di Space yang disusun berdasarkan topik percakapan (utas lama).
  • Kunjungi Help Center untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur pesan berbintang Google Chat mobile.

Baca juga: Era Baru Google Chat, Apa Saja yang Berubah?

Ketersediaan

Photo Credit: Freepik

Fitur pesan berbintang untuk versi mobile bisa langsung digunakan setelah perilisan. Starred message tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Google Account pribadi. Berikut jadwal perilisan lengkapnya:

  • Android

Perilisan dilakukan secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal dan dimulai pada tanggal 19 Januari 2024 (hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

  • iOS

Untuk iOS, Google Chat menerapkan extended rollout, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal mulai tanggal 16 Januari 2024 (kemungkinan memakan waktu lebih dari 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Baca juga: Kembangkan Kolaborasi di Google Chat dengan Smart Chip

Fitur pesan berbintang ini akan memudahkan Anda untuk menandai pesan penting di Google Chat. Selain pesan berbintang, aplikasi perpesanan Chat masih memiliki berbagai fitur dan kapabilitas menarik yang akan mengoptimalkan performa Anda. Terlebih, Chat juga telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi produktivitas lain dari Google Workspace. Belum berlangganan Workspace? Anda bisa mendapatkannya melalui EIKON Technology. Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments