Sentuhan Personal Baru pada Microsoft Teams

 

Sejak pandemi COVID-19 terjadi pada 2020 lalu, budaya komunikasi mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dari yang semula bisa leluasa bertatap muka secara langsung, kini komunikasi lebih banyak dilakukan melalui video call.

Sebagai salah satu penyedia layanan video call unggulan, Microsoft Teams senantiasa melakukan pembaruan demi mengoptimalkan pengalaman Anda dan pengguna lain selama video call berlangsung. Pada Mei 2021 lalu, update terbaru Microsoft Teams fokus pada sentuhan personal agar Anda bisa merasa lebih dekat dengan teman atau keluarga yang dihubungi.

Seperti apa bentuk update tersebut? Cek penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Together Mode, efek berada di satu tempat yang sama saat video call

Photo Credit: Microsoft

Walaupun video call menjadi cara ampuh mengatasi kerinduan di tengah situasi pandemi, tidak dapat dipungkiri bahwa terlalu sering melakukannya bisa membuat kita mengalami video call fatigue. Muncul keletihan akibat harus fokus berkonsentrasi selama berjam-jam menyimak obrolan melalui layar.

Untuk membantu pengguna atas masalah tersebut, Microsoft Teams kini dibekali dengan Together Mode. Melalui fitur satu ini, Anda dapat mengubah video call biasa menjadi sebuah lingkungan virtual yang akan membuat Anda merasa sedang berada di tempat sama dengan teman atau keluarga.

Microsoft Teams menyediakan beberapa opsi lingkungan virtual seperti kedai kopi, ruang keluarga, hingga resort. Fitur Together Mode membantu Anda dan orang-orang tersayang menjadi lebih terhubung. Risiko video call fatigue pun bisa berkurang karena otak Anda tak akan bekerja terlalu keras jika dibandingkan dengan video call biasa.

Video call lebih berkesan dengan live emoji reaction dan GIF 

Photo Credit: Microsoft

Tidak selamanya sesi meeting harus berlangsung secara formal, terlebih saat menggunakan video call. Kini Anda bisa memberikan emoji dan GIF sebagai bentuk reaksi visual saat video call berlangsung. Tentunya hal ini akan membuat sesi video call jadi terasa lebih fun dan berkesan.

Kabar baiknya lagi, jika Anda melewatkan video call yang diikuti kelompok teman atau keluarga Anda, Anda tetap bisa catch up dengan membaca utas percakapan yang ada. Lalu, apabila Anda menemukan percakapan yang menarik, Anda bisa memberi reaksi dengan mengunggah GIF karena fitur chat pada Microsoft Teams tidak akan hilang bahkan setelah video call berakhir.

Kelola jadwal dan rencana kolektif langsung dari Microsoft Teams

Photo Credit: Microsoft

Menyusun suatu rencana bersama teman atau keluarga dapat menjadi sesuatu yang cukup rumit, bahkan jika rencana tersebut sebetulnya sesederhana rapat bulanan. Biasanya Anda harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain untuk menyesuaikan jadwal setiap orang, share dokumen yang dibutuhkan, dan sebagainya.

Seluruh proses tersebut kini bisa lebih mudah dilakukan melalui Microsoft Teams tanpa harus meninggalkan fitur chats. Untuk mengumpulkan peserta dalam satu group chat, Anda hanya perlu menambahkan kontak mereka menggunakan email atau nomor telepon. Jika ada yang tidak menggunakan Microsoft Teams, mereka masih bisa merespons group chat melalui SMS.

Begitu semua berkumpul dalam group chat, Anda bisa membuat daftar tugas bersama (shared to-do-list) dan mendelegasikan tugas pada peserta lain di group chat. Nantinya, mereka bisa melihat dan mengedit detail tugas tersebut atau memberikan tanda centang saat tugas selesai dikerjakan.

 

Berbagai update tersebut sudah tersedia pada platform Microsoft Teams. Untuk pengalaman terbaik video call menggunakan Microsoft Teams, tak ada salahnya berlangganan Microsoft 365 for Business terlebih dulu. Anda akan mendapatkan berbagai layanan tambahan yang tak tersedia pada Microsoft 365 edisi reguler.

Beberapa di antaranya seperti cloud storage 1 TB dan layanan Office Online. Anda bisa mendapatkan itu semua hanya dengan menghubungi EIKON Technology selaku partner resmi Microsoft di Indonesia. Berkonsultasilah dengan tim kami untuk mendapatkan paket langganan Microsoft 365 for Business yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Klik di sini untuk terhubung dengan EIKON Technology!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments