4 Update Terbaru dari Microsoft Teams

Sejak diperkenalkan kepada publik di tahun 2017 lalu, Microsoft Teams terus melakukan pengembangan. Jika di awal kemunculannya Teams hadir untuk menggantikan Microsoft Classroom dari Office 365 Education, kini platform tersebut telah dilengkapi dengan berbagai kapabilitas yang memungkinkan para pengguna melakukan beragam aktivitas kolaborasi mulai dari chat hingga video meeting.

Pengembangan Microsoft Teams menjadi semakin pesat setelah pandemi melanda. Teams menjadi salah satu platform yang mendapatkan banyak pengguna baru karena meeting konvensional beralih ke model virtual. Dalam update Microsoft Teams terbaru, Anda bisa menemukan beberapa fitur baru dan peningkatan kapabilitas. Apa saja? Mari simak penjelasannya berikut.

  • Meetings

Urutan angkat tangan

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Update Microsoft Teams yang pertama datang dari Meetings. Pada aplikasi tersebut kini Anda bisa menemukan fitur yang mengurutkan waktu angkat tangan para peserta meeting. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa setiap pendapat akan didengar dan tidak ada peserta yang terlewat. 

Rekaman meetings

Fitur rekaman di Teams memungkinkan Anda untuk meninjau apa yang mungkin terlewat dan membantu peserta yang berhalangan hadir agar bisa mengejar ketertinggalan. Selama satu tahun terakhir, Microsoft telah beralih ke OneDrive dan SharePoint untuk menyimpan hasil rekaman yang mudah dibagikan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa peningkatan lain seperti:

  • Pilihan kecepatan pemutaran – Kini Anda bisa menonton rekaman dengan kecepatan lebih lambat atau lebih cepat (0.5x hingga 2x).
  • Transkrip kualitas tinggi – Sekarang tersedia atribusi untuk pembicara pada meeting yang mengaktifkan Live Transcription.
  • Perekaman otomatis – Penyelenggara meeting dapat mengatur rapat agar mulai merekam secara otomatis. 

Baca juga: Tetap Terhubung dengan Aplikasi Kolaborasi Microsoft Teams

  • Percakapan dan Kolaborasi

Menambahkan deskripsi gambar

Dengan fitur ini Anda bisa memudahkan para penyandang disabilitas untuk memahami gambar yang terlampir di Outlook. Caranya pun mudah, cukup klik kanan pada gambar dan pilih opsi “Add alt text”.

  • Perangkat

Pemberitahuan kapasitas ruang rapat Microsoft Teams Rooms di Windows

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Teams Rooms kini dapat memberi tahu peserta meeting jika ruangan telah melebihi kapasitas. Operator juga bisa menentukan kapasitas ruang rapat untuk setiap akun Teams Rooms dan menggunakan data dari kamera ruang rapat untuk mengidentifikasi berapa banyak peserta rapat.

Memisahkan tata letak video di beberapa layar

Maksimalkan pembagian layar di Teams Room melalui kapabilitas untuk membagi galeri video di semua tampilan yang tersedia saat konten tidak dibagikan. Cara ini akan membantu memusatkan perhatian pada peserta yang bergabung dari jarak jauh sehingga meeting pun menjadi lebih inklusif dan menarik.

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Hot Desking untuk tampilan Teams

Photo Credit: Microsoft Tech Community

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memesan ruang kerja dengan cepat. Mereka bisa langsung melakukan panggilan, mengatur ad-hoc meetings atau masuk untuk mengakses pengalaman Teams yang telah dipersonalisasi. 

  • Keamanan dan Kepatuhan

Opsi enkripsi end-to-end (E2EE) untuk panggilan one-to-one

Kini, E2EE untuk panggilan one-to-one dengan Teams telah tersedia untuk umum. Dengan adanya fitur ini operator akan memiliki opsi untuk mengaktifkan dan mengontrol fitur setelah mereka menerima pembaruan.

Baca juga: Optimalkan Kerja Kolaborasi dengan Microsoft Collaborative Work Management

Dengan adanya update Microsoft Teams terbaru, alur kolaborasi kerja pun terasa lebih mudah. Ingin kolaborasi yang lebih seamless? Manfaatkan berbagai fitur dan kapabilitas yang tersedia di Microsoft 365 for Business. Dapatkan Microsoft 365 for Business resmi dan berlisensi hanya di EIKON Technology. Anda bisa mencoba free trials dengan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments