5 Tips Simpel untuk Mengoptimalkan Penggunaan Google Classroom

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan Google Classroom. Berikut adalah beberapa contohnya. Mari simak bersama!

1. Sesuaikan materi dengan siswa Anda

Photo Credit: Google The Keyword

Dalam pembelajaran, tiap siswa pasti memiliki preferensi dan tingkat kemampuan yang berbeda. Classroom dapat membantu Anda memberikan materi yang tepat kepada tiap siswa. Di bawah tabClasswork”, klik “Create” untuk membuat tugas bagi siswa. Untuk memilih siswa tertentu saja, batalkan opsi “All students” dan pilih nama siswa yang diinginkan.

Tersedia untuk edisi Education Plus dan Teaching & Learning Upgrade.

Baca juga: Cara Mengakses Tools Teknologi Pendidikan Populer Langsung di Google Classroom

2. Dorong feedback dengan rubrik

Saat membuat tugas, Anda dapat membuat, menggunakan kembali, atau mengimpor rubrik sehingga siswa dapat memahami nilai mereka. Anda bahkan dapat berbagi rubrik dengan pengajar lain untuk menghemat lebih banyak waktu. Cukup pilih opsi “Create rubric” saat membuat tugas berikutnya.

3. Mendapatkan wawasan awal tentang pembelajaran siswa

Photo Credit: Google The Keyword

Dengan Classroom analytics, Anda bisa mendapatkan gambaran menyeluruh tentang performa siswa, dalam hal nilai, tingkat penyelesaian tugas, jumlah tugas yang belum diselesaikan, atau seberapa sering mereka mengakses Classroom. Untuk melihat analitik kelas Anda, klik ikon “Analytics” pada class card di halaman beranda atau di header kelas.

Tersedia untuk edisi Education Plus dan Teaching & Learning Upgrade.

Baca juga: Aplikasi Google Classroom Kini Bisa Jadwalkan Beberapa Kelas Sekaligus

4. Manfaatkan Practice sets

Practice sets membantu pengajar memberi siswa cara untuk lebih terlibat dalam suatu mata pelajaran. Berbeda dengan pengalaman menggunakan lembar kerja statis atau PDF, siswa dapat melihat secara real-time apakah jawaban mereka benar. Practice sets juga menyediakan dasbor Insight yang menunjukkan performa siswa pada setiap tugas Practice sets, dengan detail dan wawasan berguna seperti jawaban yang benar atau berapa banyak siswa yang kesulitan dengan pertanyaan tertentu.

Tersedia untuk edisi Education Plus dan Teaching & Learning Upgrade.

5. Bantu siswa belajar sesuai kecepatan mereka dengan pertanyaan interaktif

Photo Credit: Google The Keyword

YouTube adalah alat pembelajaran umum di Classroom saat ini dan telah dilengkapi dengan pertanyaan interaktif untuk video YouTube. Anda bisa menambahkan pertanyaan kapan saja dan video dapat dijeda untuk memberi waktu siswa menjawab. Dalam waktu dekat, pengajar akan dapat menguji pertanyaan-pertanyaan yang disarankan oleh AI, sehingga membuat vieo interaktif menjadi lebih mudah.

Tersedia untuk edisi Education Plus dan Teaching & Learning Upgrade.

Baca juga: Meeting Semakin Mudah dengan Fitur Baru Google Classroom

Seperti yang telah disebutkan, Google Classroom telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain yang ada dalam jaringan Google for Education. Nikmati kelas online berbasis cloud yang lebih optimal dan seamless dengan G Suite for Education. Dapatkan paket G Suite for Education yang terbaik untuk institusi pendidikan Anda hanya di EIKON Technology. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments