EIKON TECHNOLOGY BLOG

Sudah Tahu Apa Saja 5 Fitur Terbaru Gmail? Ini Tampilannya


 

Ada kabar gembira bagi pengguna G Suite dan Gmail khususnya. Google telah meluncurkan fitur terbaru pada Gmail pada pengumunan update tertanggal 25 April 2018 kemarin. Pembaruan ini adalah gebrakan terbesar dengan fitur-fitur yang diklaim meningkatkan keamanan pengguna.

Beberapa fitur terbaru Gmail meliputi peningkatan keamanan, tampilan yang lebih segar dan dinamis, tools yang dapat diakses dengan mudah, serta mode offline. Sebagai informasi bahwa Gmail tidak benar-benar memperbarui seluruh fungsi namun hanya melakukan penambahan fitur. Jadi, Anda tidak perlu khawatir fitur favorit Gmail Anda akan hilang.

Untuk memudahkan Anda memahami apa saja fitur-fitur terbaru Gmail, kami akan membahasnya pada uraian berikut.

5 PEMBARUAN FITUR GMAIL:

1. Gmail Confidential Mode atau mode rahasia

Pada mode rahasia ini, Gmail memberikan fitur terbarunya yaitu tanggal kadaluwarsa pesan. Sehingga, saat membuat pesan pada Gmail, Anda dapat mengatur waktu berapa lama pesan tersebut akan berada pada inbox penerima. Ketika Anda mengaktifkan fitur “mode rahasia” ini, pesan yang Anda kirimkan tidak akan dapat dilihat lagi oleh penerima selang beberapa waktu yang Anda tentukan dengan keterangan “email has expired”.

Demi memperkuat proteksi, Google menyediakan autentikasi tambahan via sms. Google akan mengirimkan passcode via sms kepada nomor penerima email. Keuntungan lain menggunakan tambahan autentikasi ini yaitu semisal email penerima telah dibajak, maka dia tidak memiliki ijin untuk membuka email yang Anda kirim. Hal ini karena hanya penerima email sebenarnya yang memperoleh sandi via sms untuk mengakses email tersebut.

Penerima email bahkan tidak diijinkan untuk mem-forward, menyalin, mengunduh bahkan mencetak pesan email yang Anda kirimkan. Opsi tersebut juga Anda dapatkan di fitur terbaru Gmail.

Gmail Confidential Mode mengatur waktu kadaluwarsa pesan email

2. peringantan keamanaan gmail

Google juga mendesain ulang informasi peringatan yang diberikan kepada para penggunanya saat ada email masuk yang terindikasi sebagai serangan cyber atau virus.  Anda mungkin akan mendapatkan sebuah email peringatan untuk menghapus email yang datang dari akun pengirim yang mencurigakan.

peringatan keamanan gmail

3. GMAIL ARTIFICIAL INTELiGGENCE

Pada peluncuran fitur-fitur terbaru Gmail membawa artificial intelligence -nya dengan smart replay, high priority notification, dan nudging.

Fitur Nudging

Anda pasti sudah terbiasa dengan inbox email penuh dengan pesan-pesan masuk, sehingga mungkin email yang penting akan terselip dan terlewatkan untuk Anda baca. Dengan fitur nudging, Gmail akan menyaring pesan-pesan penting yang mungkin terlewat Anda baca dan memunculkannya kembali pada inbox Anda. Gmail mengingatkan untuk menindaklanjuti dan menanggapi pesan, serta memastikan Anda tidak melewatkan pesan penting yang masuk pada inbox.

fitur nudging gmail

Smart Replay

Google juga menerapkan fitur smart replay pada Gmail dalam versi desktop seperti yang biasa Anda lihat pada Gmail berbasis aplikasi mobile. Fitur ini memudahkan Anda untuk mempersingkat waktu membalas email dengan cepat dengan mengklik respon jawaban yang disediakan seperti “I’m busy” atau “Got, it“.

High-Priority Notifications

Higt-priority notifications disini maksudnya adalah Gmail akan memberikan pemberitahuan pada bagian paling atas inbox Anda mengenai pesan-pesan penting. Notifikasi ini bekerja berdasarkan kebiasaan Anda membuka email di inbox Gmail. Yaitu seberapa besar frekuensi Anda dalam membuka pesan dari alamat email pengirim.

Ketika frekuensi Anda dalam membuka pesan dari sebuah pengirim email besar, maka Gmail akan membaca bahwa email yang diberikan adalah penting bagi Anda. Sehingga, Gmail akan memberikan pemberitahuan dengan saran untuk mengaktifkan email notifikasi dari pengirim tersebut.

Begitu juga sebaliknya, jika Anda sering melewati, tidak membuka, bahkan tidak membaca banyak dari email pengguna lain, maka Gmail akan menyarankan Anda untuk unsubscribe pengguna email tersebut.

4. tampilan antarmuka baru DAN Side Bar

Design User Interface Baru

Anda mungkin akan sangat menyukai kedua fitur baru Gmail ini yang juga saya berikan label favorit.

Pada Gmail versi sebelumnya Anda baru akan mendapatkan tools : archive, delete, mark as read saat memilih dan mencentang sebuah email. Namun, pada Gmail baru Anda dapat langsung melakukan tindakan pada semua tools tersebut dengan mengarahkan kursor Anda pada email yang ingin Anda pilih. Dengan segera ikon  archive, delete, mark as read dan penambahan fitur snooze akan muncul tepat di sebelah kanan preview email masuk Anda (tanpa perlu membuka email).

Fitur Snooze memungkinkan Anda menyembunyikan email Anda sementara waktu dan memunculkannya kembali pada inbox Anda dengan waktu yang telah Anda atur.

Sekarang Anda juga dapat melihat dan membuka lampiran yang disematkan pada inbox Anda tanpa perlu membuka email tersebut.

Fitur SideBar (Panel Samping)

Side Bar menawarkan Anda kemudahan mengakses aplikasi G Suite lain yang sering Anda gunakan pada halaman inbox Gmail seperti Google Keep, Google Tasks, dan Google Calendar. Anda dapat dengan cepat membuat atau mengedit agenda tugas Anda setiap hari pada panel di sebelah kanan inbox Gmail Anda.

Anda pun juga dapat mengakses Gmail Add-Ons dan aplikasi bisnis pihak ketiga lainnya pada panel ini. Sehingga Anda tidak perlu beralih antar tab untuk membuka aplikasi G Suite lain untuk bekerja. Sidebar ini juga akan muncul pada aplikasi G Suite lain seperti Kalender, Dokumen, Slide, dan Sheets.

5. MOde offline

Seperti yang telah kita aplikasikan saat bekerja, Gmail tidak akan bisa digunakan saat kita tidak terhubung dengan internet atau Wi-Fi. Namun dengan offline mode ini Anda dapat mencari, menulis, membalas, menghapus atau mengarsipkan email hingga 90 hari.

Karena fitur task ini terintegrasi dengan Gmail, maka Anda dapat memindahkan email Anda ke Google Task. Caranya dengan “drag and drop” yaitu menyeret dan menjatuhkan email Anda pada fitur task. Anda juga dapat membuat task baru dan subtasks dengan menambahkan notifikasi deadline tugas. Task list Anda juga akan ditampilkan pada Kalendar. Anda juga dapat mengakses task ini pada ponsel dengan mendownloadnya di Google Play Store ata iOS App Store.

Semua fitur baru Gmail ini akan diluncurkan secara bertahap kepada para penggunanya. Bagi pengguna G Suite Bisnis, Anda dapat mengaktifkan fitur terbaru dari Gmail ini dengan mendaftarkan diri di G Suite Early Adopter Program (EAP) pada admin konsol. Sedangkan bagi pengguna Gmail pribadi Anda dapat merasakan fitur terbaru dengan mengklik pengaturan di pojok kanan atas Gmail lalu pilih “Try The New Gmail”. Ikuti terus kabar terbaru tentang pembaruan fitur G Suite di blog Eikon Technology.

Sembari Anda mebayangkan manfaat fitur baru Gmail yang akan Anda dapatkan. Kami menginformasikan bahwa Anda dapat mendapatkan fitur yang lebih powerful dari Gmail yaitu memiliki email dengan domain perusahaan Anda dengan rangkaian aplikasi berbasis produktifitas yang ditawarkan oleh Google, yaitu G Suite.

Eikon Technology adalah Google Premier Partner Resmi di Indonesia. Kami menyediakan layanan G Suite dengan penambahan service lainnya yang akan meningkatkan produktifitas perusahaan Anda. Jika Anda tertarik, klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih detailnya.




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of