Buat Dokumen dan Balas Email Kini Jadi Makin Cepat dengan Dukungan Duet AI for Google Workspace

Google Workspace baru saja memperkenalkan fitur penulisan yang didukung oleh artificial intelligence (AI). Fitur ini hadir untuk membantu Anda menyempurnakan pekerjaan dengan cepat, maupun memulai pekerjaan baru di Google Docs dan Gmail menggunakan teknologi Duet AI for Google Workspace. Bagaimana cara kerjanya? Mari simak ulasannya berikut!

Fitur penulisan canggih dengan dukungan Duet AI for Google Workspace

Fitur penulisan baru untuk Google Docs dan Gmail ini telah didukung oleh teknologi kecerdasan buatan milik Google yakni Duet AI for Google Workspace. Di web maupun seluler, Anda dapat membuat draf dan membalas pesan di Gmail. Setelah mengeklik tombol Help me write, Anda bisa memilih opsi berikut:

  • Write your draft: Menggunakan kata-kata Anda sendiri untuk mendeskripsikan draf yang ingin dibuat. Fitur ini akan mempelajari konteks dari pesan sebelumnya untuk menyusun draf balasan yang relevan dengan keseluruhan percakapan.
  • Formalize your draft: Mengubah nada tulisan Anda agar terdengar lebih formal.
  • Elaborate on your draft: Menambahkan detail lebih lanjut ke email Anda untuk mengembangkan draf.
  • Shorten your draft: Mengurangi panjang draf email Anda.
  • I’m feeling Lucky: Menghadirkan variasi nada dan gaya tulisan yang menyenangkan untuk email Anda. 

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur Help me write di Gmail akan menghemat waktu dengan menghilangkan alur kerja yang kerap membuat Anda merasa buntu, seperti menentukan kalimat pertama atau memberikan nada dan gaya tulisan yang tepat untuk tiap email yang dikirimkan dalam berbagai kesempatan.

Baca juga: Meningkatkan Konsistensi Data Gmail di Security Investigation Tool dan BigQuery

Sama seperti Gmail, penggunaan fitur Help me write di Google Docs pun sama mudahnya. Anda cukup mengetikkan beberapa kata kunci untuk mendeskripsikan topik yang ingin dituliskan, AI kemudian akan menyusun draf secara otomatis. Fitur ini juga hadir dengan saran sesuai kebutuhan, sekaligus menyempurnakan konten yang dihasilkan lebih lanjut menggunakan opsi berikut:

  • Tone: Mengubah nada tulisan menjadi lebih santai atau formal. 
  • Summarize: Menghasilkan ringkasan untuk keseluruhan dokumen atau beberapa bagiannya saja. 
  • Bulletize: Menyusun dokumen Anda dalam poin-poin ringkas.
  • Elaborate: Menambahkan detail lebih lanjut untuk mengembangkan teks yang sudah dihasilkan. 
  • Shorten: Menjadikan dokumen Anda lebih ringkas dengan mengurangi panjangnya. 
  • Retry: Menyusun ulang draf yang sudah dihasilkan, tapi tetap berdasarkan deskripsi Anda. 
  • Custom: Pada opsi ini Anda dapat menyusun instruksi sendiri untuk menyempurnakan draf yang dihasilkan.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur Help me write ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda dalam menulis rancangan pertama dokumen. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus dalam menuangkan ide-ide ke dalam tulisan, tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kalimat pertama. 

Photo Credit: Google Workspace Updates

Selain itu Google juga menggabungkan Help me write ini dengan kapabilitas smart canvas melalui fitur smart chips, variables, dan building blocks. Kombinasi ini akan membantu saat Anda perlu menyertakan informasi seperti status atau menambahkan variabel untuk detail yang ingin disesuaikan, seperti nama rekan satu tim, jabatan, dan lainnya.

Dengan memberikan data terstruktur dan pintasan untuk mengambil tindakan saat membuat rencana atau pesan komprehensif, pembaruan ini akan membantu Anda beralih dari konsep hingga penyelesaian lebih cepat tanpa harus meninggalkan dokumen Anda.

Baca juga: ESignature untuk Google Docs dan Drive, Apa Keunggulannya

Mulai menggunakan fitur

Fitur Help me write akan AKTIF secara default, baik itu di Google Docs maupun Gmail (bekerja di versi web dan juga aplikasi seluler). End-user tidak memerlukan pengaturan tambahan dari administrator untuk mulai menggunakannya.

Ketersediaan

Fitur Help me write untuk Google Docs dan Gmail kini sudah tersedia bagi pelanggan yang sudah memiliki add-on Duet AI for Google Workspace Enterprise. Untuk mengajukan trial add-on Duet AI for Google Workspace Enterprise, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: Collapsible Heading, Fitur Baru Google Docs untuk Rapikan Tampilan Dokumen

Dengan dukungan Duet AI for Google Workspace, Anda dapat meringkas alur kerja. Pekerjaan pun jadi lebih cepat selesai, termasuk saat harus membalas email maupun merancang dokumen. Sederhanakan alur kerja Anda mulai dari sekarang dengan Google Workspace for Business yang tersedia di EIKON Technology. Kami menyediakan solusi resmi bergaransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments