Meningkatkan Konsistensi Data Gmail di Security Investigation Tool dan BigQuery

 Pada bulan Agustus 2022 lalu, Google mengumumkan pemindahan log Gmail yang ada di BigQuery ke logs and reports Workspace di BigQuery. Pemindahan ini kemudian menciptakan satu ruang untuk mengakses semua peristiwa audit Google Workspace Anda. Baru-baru ini, Google meningkatkan ruang tersebut untuk menghadirkan konsistensi pelaporan. Untuk detail selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini!

Konsistensi data Gmail di Security Investigation Tool dan BigQuery

Photo Credit: Freepik

Setelah pemindahan log Gmail di BigQuery ke logs and reports Workspace, kali ini Google menyempurnakan pengalaman tersebut. Kini Anda akan melihat semua peristiwa log Gmail dari Security Investigation Tool (SIT) di logs and reports Google Workspace BigQuery.

Ini mencakup jenis perangkat dan tindakan setelah pengiriman (misalnya buka, hapus, tautan yang diklik, dan unduhan lampiran). Perubahan ini akan memberi administrator gambaran yang lebih lengkap mengenai seluruh aktivitas Gmail yang terjadi di domain mereka, sekaligus menghadirkan konsistensi di seluruh alat pelaporan (reporting tools).

Baca juga: Pengalaman Terpadu Log Gmail di BigQuery, Seperti Apa?

Peningkatan ini juga menghadirkan beberapa kolom tambahan untuk memudahkan Anda saat memantau log Gmail. Simak tabel di bawah ini untuk mengetahui kolom apa saja yang baru ditambahkan ke alat pelaporan:

Daftar kolom yang baru ditambahkanDeskripsi
event_info.mail_event_typeJenis peristiwa sesuai dengan atribut Event di Gmail log events in Security Investigation Tool.
event_info.client_context.client_typeJenis klien atau perangkat tempat tindakan terjadi, termasuk: WEB, IOS, ANDROID, IMAP, POP3, dan API.
event_info.client_context.session_context.delegate_user_emailAlamat email pengguna yang didelegasikan untuk melakukan tindakan atas nama pemilik akun.
message_info.attachment.file_nameNama lampiran file.
message_info.post_delivery_infoInformasi mengenai peristiwa pasca pengiriman.
message_info.post_delivery_info.action_typeJenis tindakan pasca pengiriman.
message_info.post_delivery_info.interactionInformasi mengenai interaksi pengguna dengan link pesan, item Drive, atau lampiran.
message_info.post_delivery_info.interaction.link_urlURLa yang berhubungan dengan interaksi, yang disetel hanya untuk interaksi klik tautan.
message_info.post_delivery_info.interaction.drive_idID unik item Drive yang berhubungan dengan interaksi, digunakan untuk mengakses item di Drive.
message_info.post_delivery_info.interaction.attachmentLampiran target interaksi, yang ditetapkan hanya untuk interaksi lampiran.
message_info.post_delivery_info.interaction.attachment.file_extension_typeEkstensi file (bukan tipe bagian MIME), tidak termasuk titik.
message_info.post_delivery_info.interaction.attachment.malware_familyJenis malware, jika malware terdeteksi saat penanganan pesan.
message_info.post_delivery_info.interaction.attachment.file_nameNama file lampiran.
message_info.post_delivery_info.interaction.attachment.sha256Hash SHA256 dari lampiran.

Untuk detail lebih lanjut mengenai tambahan kolom ini, Anda bisa mengakses halaman Pusat Bantuan Google Workspace di sini.

Baca juga: Client-Side Encryption untuk Gmail Kini Tersedia bagi Umum, Ini Kegunaannya

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

Fitur ini bisa langsung digunakan tanpa memerlukan pengaturan tambahan apa pun. Google telah menyediakan dokumentasi khusus mengenai logs and reports Workspace di BigQuery, skema untuk logs Gmail di BigQuery, serta log peristiwa Gmail yang bisa Anda pelajari lebih lanjut.

Penting untuk diingat, update terbaru ini masih mengikuti harga standar BigQuery, Informasi lebih lanjut mengenai biaya, silakan klik di sini!

Update terbaru untuk pengelolaan data Gmail ini telah tersedia, baik di domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal. Fitur tersedia untuk Google Workspace edisi Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, dan Education Standard. Namun tidak tersedia untuk edisi Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Frontline, Nonprofits, serta G Suite Basic dan G Suite Business.

Baca juga: Mengenal Fitur Log Analytics dari Cloud Logging yang Telah Didukung oleh BigQuery

Dengan hadirnya peningkatan fitur ini, diharapkan Anda dapat mengelola data Gmail lebih mudah dan cepat karena data akan jauh lebih konsisten dibanding sebelumnya. Update ini tersedia untuk Google Workspace for Education yang tersedia di EIKON Technology. Edisi Workspace yang satu ini dikhususkan untuk institusi pendidikan dan mendukung kegiatan belajar-mengajar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi Google Workspace, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments