Delegasi Google Contacts Kini Dapat Memperbarui Label Kontak, Bagaimana Caranya?

Sebelumnya, administrator hanya bisa mengelola label kontak melalui Gmail, meski sumber kontak berada di Google Contacts. Kini, setelah update terbaru Google Workspace, pengguna yang telah ditunjuk sebagai administrator dapat mengelola label kontak melalui Contacts. Lalu, apakah perubahan ini bisa langsung diterapkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut.

Peningkatan kapabilitas pengelolaan Contacts

Google baru saja memperbarui fungsionalitas pengelolaan label di Contacts. Setelah pembaruan ini, pengguna yang telah ditunjuk sebagai administrator dapat mengelola label kontak atas nama delegator mereka melalui contacts.google.com. Meskipun fungsi ini sebelumnya tersedia di Gmail, sekarang dapat dikelola langsung di sumbernya: Google Contacts. Pembaruan ini akan berjalan dalam dua fase, yakni:

Mulai bulan Mei 2023, delegator akan diminta untuk meninjau dan menyetujui kembali akses untuk delegasi yang sudah ada. Jika delegasi yang sudah ada tidak disetujui kembali sebelum Juli 2023, mereka akan kehilangan akses untuk mengelola kontak. Lihat di bawah untuk panduan lebih lanjut.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Di samping itu, administrator juga dapat melakukan penyesuaian ini untuk pengguna yang ada di dalam domain mereka menggunakan Admin SDK API untuk menghapus maupun menambahkan kembali hak istimewa delegasi kontak.

Mulai bulan Juli 2023, semua pengguna yang telah disetujui atau ditetapkan sebagai delegasi Contacts dapat memperbarui label serta mengelola kontak lainnya.

Baca juga: Kini Berbagi Tautan Profil Makin Mudah dengan Google Contacts

Pembaruan ini akan memberikan dukungan administratif bagi pengguna Google Workspace dalam mengelola kotak masuk Gmail, terutama bagi mereka yang menggunakan Workspace untuk keperluan bisnis atau pengelolaan jaringan skala besar. Dukungan ini termasuk memastikan bahwa kontak yang tersimpan diurutkan dan diberi label secara tepat.

Mulai menggunakan fitur

Untuk mulai menggunakan Admin SDK API saat menghapus atau menambahkan kembali hak istimewa delegasi kontak, Anda bisa mengunjungi dokumentasi untuk developer dari Google Workspace di sini. Google juga telah menyediakan halaman khusus seputar pendelegasian kontak pengguna di Pusat Bantuan mereka.

Baca juga: Cara Mengatur Visibilitas Warning Banner Gmail Email Melalui Kontrol Admin Baru

Bagi end-user yang menjadi delegator, mulai dari bulan Mei 2023, Anda akan melihat permintaan di Google Contacts untuk meninjau orang-orang yang saat ini memiliki hak istimewa delegasi Contacts untuk kontak yang Anda simpan.

Kemudian pada bulan Juli 2023 nanti, mereka dengan delegasi yang ditugaskan dan disetujui akan dapat memperbarui label dan mengelola kontak lain atas nama Anda. Bagi pihak yang ditunjuk menjadi delegasi, silakan kunjungi Pusat Bantuan Google Workspace untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memperbarui label dan mengelola kontak lain.

Ketersediaan

Photo Credit: jcomp (Freepik)

Peningkatan fungsionalitas administrator untuk aplikasi Contacts ini dirilis dalam peluncuran yang diperpanjang mulai dari tanggal 26 Mei 2023 (kemungkinan akan memakan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur). Tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace edisi apa pun.

Baca juga: Meningkatkan Pengalaman Mengelola Google Contacts dengan Sidebar Tambahan

Peningkatan fungsionalitas administrator Google Contacts ini akan memberikan dukungan administratif bagi pengguna Google Workspace dalam mengelola kotak masuk Gmail, terutama bagi mereka yang menggunakan Workspace untuk keperluan bisnis atau pengelolaan jaringan skala besar.

Untuk pemanfaatan Google Workspace dan berbagai aplikasi di dalamnya secara optimal, jangan lupa berlangganan sesuai kebutuhan lingkungan kerja Anda. EIKON Technology menyediakan Workspace for Business untuk keperluan bisnis dan Workspace for Education untuk institusi pendidikan. Kami menyediakan implementasi Workspace secara menyeluruh dan bergaransi resmi. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments