Meningkatkan Pengalaman Mengelola Google Contacts dengan Sidebar Tambahan

Sebelumnya, untuk menyunting Google Contacts, Anda harus mengunjungi contacts.google.com. Namun per 17 Februari 2023, telah tersedia fitur baru di sidebar Google Contacts yang akan memudahkan Anda menyunting dan menambahkan kontak baru. Bagaimana cara menampilkan fitur baru ini? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut!

Sidebar baru di Google Contacts

Photo Credit: Google Workspace Updates

Google Contacts merupakan sebuah aplikasi yang hadir untuk memudahkan Anda dalam mengatur, meninjau, hingga menggabungkan kontak. Melalui aplikasi ini Anda juga dapat menyusun mailing list (milis) pribadi, bahkan mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus dengan cepat tanpa memasukkan alamat mereka satu per satu. Contacts menyederhanakan pengalaman Anda dalam menyimpan semua informasi kontak di satu tempat dan menjangkau beberapa orang sekaligus.

Pada pertengahan Februari 2023 lalu, Google Contacts mengalami update. Dalam update tersebut, muncul sebuah sidebar tambahan yang akan memudahkan pengguna dalam menyunting dan menambahkan kontak. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Cara menampilkan sidebar baru Contacts

Sidebar baru Contacts ini akan muncul secara otomatis setelah update. Itu artinya, tidak diperlukan pengaturan tambahan dari administrator untuk bisa menggunakan fitur baru ini. End-user bisa langsung menggunakan fitur untuk menyunting atau menambahkan kontak.

Baca juga: Kini Berbagi Tautan Profil Makin Mudah Dengan Google Contacts

Cara menyunting kontak yang sudah ada

Setelah update, Anda bisa langsung menyunting kontak dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka panel samping di Google Workspace dan buka aplikasi Contacts.
  2. Klik kontak yang ingin Anda ubah.
  3. Klik ikon Edit di bagian kanan atas.
  4. Ubah informasi kontak dan kemudian klik Save setelah selesai menyunting.

Cara menambahkan kontak baru

Photo Credit: Freepik

  1. Buka aplikasi Contacts melalui bilah App vertikal yang ada di bagian kanan halaman Workspace Anda.
  2. Klik Create Contacts. Sedikit catatan: Opsi ini hanya akan tersedia dalam mode Contacts, bukan di mode In this thread saat membuka tampilan detail kontak melalui Gmail.
  3. Masukkan nama kontak dan tambahkan informasi kontak apa pun.
  4. Klik Save.

Baca juga: Contact Center Terintegrasi Penuh di Chrome OS

Cara menambahkan kontak baru dari pencarian

  1. Buka aplikasi Contacts dari bilah App vertikal yang ada di sebelah kanan Workspace Anda.
  2. Klik ikon Search di kanan atas.
  3. Masukkan nama kontak.
  4. Jika tidak ada kontak, klik tombol Create Contacts untuk membuat kontak secara otomatis dengan nama yang Anda masukkan.
  5. Ketikkan informasi tambahan ke kontak.
  6. Klik Save untuk menyimpan kontak baru.

Ketersediaan fitur

Seperti yang sudah disebutkan, fitur baru Contacts ini dirilis pada tanggal 17 Februari 2023 lalu. Perilisan dilakukan dalam format extended rollout, baik untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal (kemungkinan membutuhkan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur).

Sidebar tambahan Contacts ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang masih menggunakan G Suite Basic atau G Suite Business (pendahulu Workspace). Selain itu, sidebar juga tersedia bagi pengguna dengan Google Account pribadi.

Baca juga: Tips Meningkatkan Fokus Saat Kerja Hybrid dengan Google Workspace

Melalui Google Contacts, Anda dapat mengelola kontak dengan mudah dan mengambil tindakan lanjutan, seperti membuat milis, tanpa proses yang rumit. Untuk mengoptimalkan fungsi Contacts, gunakan rangkaian produktivitas Google Workspace yang telah dirancang khusus untuk kebutuhan kerja. Workspace telah tersedia di EIKON Technology dengan penerapan sesuai kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments