Kini Berbagi Tautan Profil Makin Mudah dengan Google Contacts

 Di tahun 2021 lalu, Google memperkenalkan tampilan baru Google Contacts (contacts.google.com) yang memberikan banyak informasi tentang kolega dan pemangku kepentingan Anda. Per 30 Juni 2022, setiap kontak dengan email Workspace akan memiliki tautan profil baru yang mudah disalin, dibagikan, dan dikirim dalam lingkungan perusahaan. Tautan profil baru ini membantu semua orang di perusahaan Anda agar saling terhubung.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Cara bagikan tautan profil melalui Google Contacts

Untuk bisa membagikan tautan profil melalui Google Contacts, ada beberapa pengaturan dari administrator yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

Mengingat fitur ini hanya muncul untuk kontak dengan email yang terhubung ke profil Workspace mereka, akan sangat membantu jika data pengguna terisi penuh di seluruh aplikasi Google Workspace. Admin Workspace dapat mengisi data ini di beberapa lokasi:

  • Bagian “Users” di konsol Admin
  • Google Cloud Directory Sync
  • Admin SDK

Setelah semua profil dipastikan memiliki email, end user bisa langsung mulai menyalin dan membagikan tautan profil dengan dua cara, yaitu:

  1. Pada tampilan detail untuk kontak, pilih “menu 3-titik” dan klik tombol “Copy profile link“.
  2. Dalam tampilan daftar kontak (contacts.google.com), pilih ” menu 3-titik” untuk baris kontak dan klik tombol “Copy profile link“.

Anda juga dapat mengetikkan “contacts.google.com/emailaddress” ke bilah alamat browser web untuk mencari seseorang di dalam perusahaan. Contoh format email yang dapat dibaca meliputi: tom.holland@domain.com, tom.holland@domain, dan tom.holland.

Baca juga: Cara Mudah Cetak Task Lists Anda di Google Tasks

Cara memperbarui profil pengguna

Metode ini adalah cara paling sederhana untuk memperbarui beberapa profil pengguna. Jika Anda perlu memperbarui banyak profil, gunakan salah satu metode pembaruan massal yang dijelaskan di bagian berikut.

  1. Masuk ke konsol Google Admin.
  2. Dari Halaman beranda konsol Admin, buka Users.
  3. Dalam daftar Users, temukan pengguna. Jika kesulitan, buka Find a user account.
  4. Klik nama pengguna untuk membuka halaman akun mereka.
  5. Klik User information.
  6. Klik salah satu bagian berikut untuk mengedit informasi profil pengguna:
  • Contact information—Alamat email sekunder, nomor telepon, dan alamat fisik
  • Email aliases—Alamat email domain tambahan
  • Employee information—ID, jabatan, jenis karyawan, email manajer, departemen, pusat biaya, ID gedung, nama lantai, dan bagian lantai
  • Custom attribute fields—Jika Anda atau admin lain membuat atribut khusus untuk profil pengguna

Photo Credit: Google Workspace Admin Help

Tips: Setelah Anda menambahkan informasi ke bidang, bidang lain akan muncul untuk memungkinkan Anda menambahkan entri lain. Untuk menentukan detail entri, seperti Rumah atau Kantor, klik menu di sebelah kanan. Untuk menghapus entri, klik Remove di sebelah kanan.

  1. Di kanan bawah, klik Save.
  2. Perlu diingat, perubahan detail kontak akan memerlukan waktu setidaknya 24 jam hingga muncul.

Baca juga: Meningkatkan Efisiensi Pengembangan Software dengan Google Workspace

Ketersediaan fitur

Fitur ini tersedia untuk semua pelanggan Google Workspace, serta pelanggan G Suite Basic dan juga G Suite Business lama. Namun tidak tersedia untuk pengguna dengan Google Accounts pribadi.

Peluncuran fitur dilakukan secara bertahap, baik untuk domain rilis cepat maupun rilis terjadwal (berpotensi lebih lama dari 15 hari untuk visibilitas fitur), dimulai dari tanggal 30 Juni 2022 dan diharapkan selesai pada tanggal 18 Juli 2022. Oleh karena sifat peluncuran yang bertahap, end user mungkin bisa menyalin tautan profil melalui bilah alamat browser sebelum tombol “Copy profile link” muncul dan dapat digunakan.

Baca juga: Tandai Tugas Penting dengan Simbol Bintang di Google Tasks

Fitur baru dari Google Contacts ini memungkinkan Anda untuk membagikan tautan profil lebih cepat dan efisien. Tidak perlu lagi melakukan salin tautan secara manual.

Ingin bekerja lebih efisien dan kolaboratif? Google Workspace adalah solusi terbaik untuk Anda. Kini paket berlangganan Workspace untuk perusahaan (Business), maupun untuk instansi pendidikan (Education) telah tersedia di EIKON Technology. Kami juga menyediakan layanan konsultasi untuk memastikan Anda memilih edisi Google Workspace yang paling tepat. Untuk terhubung langsung dengan tim EIKON Technology, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments